Perkembangan Teknologi Parking Assist, Mulai dari Sensor Bunyi Hingga Parkir Assist Aktif

18/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Perkembangan Teknologi Parking Assist, Mulai dari Sensor Bunyi Hingga Parkir Assist Aktif
Setiap hari, teknologi pada industri otomotif semakin berkembang. Semua kemudahan diberikan untuk membuat pengemudian menjadi lebih menyenangkan dan mudah. Tak terkecuali teknologi parking assist.

Teknologi parking assist mengungkapkan bagaimana parkir bukan perkara yang mudah, terlebih bagi sebagian pengemudi yang masih belum bisa memposisikan kendaraan dengan baik dan benar. Bukan hanya bagi pengemudi pemula, kesalahan parkir seringkali ditemukan pada pengemudi yang memiliki mobil berukuran besar tapi diharuskan untuk parkir di tempat yang sempit.

Awalnya fitur pertama yang memang dikhususkan untuk membantu pengemudi parkir adalah sonar yang langsung berbunyi ketika mobil berada pada jarak tertentu dengan benda lain. Sistem ini memperingatkan pengemudi ketika memundurkan kendaraan dan hampir menabrak tembok atau benda lain di belakang.

1. Around View Monitor

Setelah itu, hadir fitur bantu Around View Monitor dengan park assist. Fitur ini sudah banyak ditemukan pada mobil modern, termasuk pada Nissan X-Trail maupun Mercedes E-Class yang dikeluarkan tahun lalu. Around View Monitor akan menampilkan informasi seakan mobil dilihat dari mata burung, atau dari atas.

Teknologi Around View Monitor yang digunakan pada Mitsubishi Pajero Sport

Sistem ini memproses sejumlah kamera yang ada pada sekeliling bodi dan memproyeksikan kondisi mobil jika dilihat dari atas melalui algoritma komputer. Dengan fitur ini, pengemudi bisa memperhatikan benda-benda di sekitar mobil yang luput dari pantauan mata pada spion.

Meskipun pengemudi bisa melihat keluar dengan sistem ini, tentu saja membutuhkan banyak latihan untuk bisa memposisikan kendaraan ketika akan diparkirkan. Karena itu, fitur ini bisa dibilang kurang direkomendasikan, kecuali Anda bisa mengatur jarak yang cukup dengan kendaraan lain ketika melihat kamera.

>>> Tips memundurkan mobil untuk parkir paralel bagi pengemudi baru

2. Intelligent Park Assist

Untuk tahapan yang lebih canggih, sistem Intelligent Park Assist sudah ditanamkan dalam beberapa kendaraan high-end terbaru, seperti pada Toyota Prius hingga Nissan X-Trail keluaran terbaru. Dengan sistem ini, Anda cukup menginjak pedal gas dan rem, maka kemudi akan bergerak sendiri mengikuti garis parkir pada monitor.

Sistem bantuan parkir aktif pada Mercedes-Benz

Untuk fitur parkir aktif yang telah dikembangkan, Anda hanya perlu menekan tombol, dan mobil akan mencari tempat yang cukup besar untuk parkir. Sistem akan memberitahu pengemudi ketika menemukan tempat tersebut, dan layar onboard akan membantu pengemudi pada langkah selanjutnya. Sistem ini sangat berguna ketika berada di tempat parkir yang hampir penuh.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

Yang perlu Anda lakukan adalah mengendalikan gas, rem, dan perpindahan gigi sementara mobil mengarahkan Anda ke tempat parkir yang telah ditentukan. Meskipun pada awalnya sensor ini masih belum, perkembangan membuat sensor parkir aktif melakukan pekerjaannya yang hampir sempurna dengan nol kerusakan pada mobil Anda dan mobil lain disekitar Anda.

Gambar yang menunjukan tombol teknologi parking assist pada mobil

Pengemudi tinggal menekan tombol unuk mengaktifkan parkir assist (foto: Kufatec England)

Beberapa model seperti Volvo XC90 atau Ford Escape terbaru sudah mendapatkan pembaharuan teknologi parking assist ini. Mobil tersebut menampilkan sistem parkir aktif yang dapat membantu pengemudinya untuk parkir tradisional hingga mengeluarkan diri dari tempat parkir paralel.

>>> Anda ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasinya lebih lanjut

3. Autonomous Parking

Teknologi parkir swakemudi pada Audi Q7

Untuk kedepannya, sudah banyak merek yang mengambangkan teknologi parking assist secara otomatis, atau dikenal dengan swakemudi. Pengemudi hanya tinggal mengendalikan mobil dari luar mobil dan mobil akan mencari tempat parkirnya sendiri. Teknologi ini sudah dikembangkan pada Audi Q7 awal tahun ini.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top