Review Bentley Bentayga V8 2018: SUV Ultra Mewah 'Rasional' Bagi Kaum Jet Set Indonesia

09/07/2018

Share this post:

Bentley Bentayga 2018

Editor rate:

Lihat promo

Menggunakan spesifikasi mesin V8, Bentley semakin mempertegas posisi model SUV ultra mewah yang tepat dimiliki kaum jet set dan sosialita Tanah Air.

Review Bentley Bentayga V8 2018: SUV Ultra Mewah 'Rasional' Bagi Kaum Jet Set Indonesia
Review Bentley Bentayga V8 2018: SUV Ultra Mewah 'Rasional' Bagi Kaum Jet Set Indonesia
0 Gambar

Pengantar Bentley Bentayga 2018

Mari kita simak spesifikasi Bentley Bentayga 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Kemewahan Paripurna

Lebih Pas untuk menaklukan jalanan urban perkotaan

Kombinasi Performa dan Efisiensi

Kenyamanan Setara Lini Sedan Bentley

Kekurangan

Sedikit kalah ‘Gengsi’ dibanding Bentley Bentayga W12

Bentley Bentayga V8 Bentley 2018 berwarna merah Jakarta City

Bentley Bentayga V8 2018 dirancang lebih mudah beradaptasi di tengah jalanan perkotaan

Review Bentley Bentayga V8 2018 – Menjadi pionir di ranah SUV ultra mewah, Bentley Bentayga, jelas menjadi pilihan pertama yang mungkin akan dipilih kaum sosialita Tanah Air yang menginginkan mobil SUV ultra mewah dari brand asal Inggris ini. Diperkenalkan pertama kali dalam versi tertinggi, Bentley Bentayga W12, menawarkan sensasi grand tourer dengan kemampuan melibas medan sulit khas SUV pada umumnya.

Namun seiring berjalannya waktu, aktifitas kaum sosialita dan jet set Indonesia yang mayoritas banyak menghabiskan kegiatannya di dalam kota, mengakibatkan kendaraan berukuran besar dengan kapabilitas tinggi dalam menaklukan jalanan urban, serta bisa memberikan performa dan kemewahan yang paripurna, menjadi krusial dalam hal penentuan sebuah kendaraan yang akan dimiliki.

Alhasil PT Wahana Auto Ekamarga, induk Bentley Jakarta, menelurkan Bentley Bentayga V8, portofolio terbaru Bentley untuk model Bentayga namun dengan mesin V8, yang diklaim bisa memadukan karakter sporty, kepraktisan tinggi, performa impresif, serta dikemas dengan level kemewahan terbaik Bentley.

Untuk memberikan pengenalan lebih baik terhadap sosok Bentley Bentayga V8, berikut cintamobil.com hadirkan review Bentley Bentayga V8 2018 yang membahas segala aspek menarik dari mobil SUV ultra mewah ini. Enjoy!

Eksterior Bentley Bentayga 2018

bentley bentayga v8 bentley jakarta front face

Bentley Bentayga V8 2018 dirancang lebih sporty ketimbang Bentayga W12

Desain Bentey Bentayga V8 merefleksikan sisi sporty dari keluarga Bentley Bentayga. Sekalipun lebih sporty dengan beberapa detil unik, namun eksterior Bentley Bentayga V8 tetap kental akan nuansa desain premium sekaligus ikonik khas Bentley. Sehingga cukup melihat dari kejauhan, mata awam sekalipun bisa langsung mengenali sosok SUV berpostur 5140 x 2224 x 1742 mm (p x l x t) ini merupakan salah satu karya otomotif dari pabrik Crewe, Inggris.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Tampak Depan

bentley bentayga v8 bentley jakarta front exterior

Fascia depan Bentley Bentayga V8 2018 memiliki ciri khas desain grille dan headlight khas lini Bentley saat ini.

Tampilan eksterior Bentley Bentayga V8 2018 mengisyaratkan ciri khas mobil Bentley. Dari mulai desain empat headlight LED berbentuk bundar, hingga matrix grille berukuran masif dengan baluran aksen warna hitam langsung membuat mata awam mengenali produk terbaru Bentley ini.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Tampak Samping

bentley bentayga v8 bentley jakarta side body

Sisi samping Bentley Bentayga V8 2018 terasa lebih kekar dan sporty

Garis powerline berpadukan lekukan bodi pada area pintu belakang hingga area pilar D mengisyaratkan sisi sporty sekaligus ketangguhan khas mobil SUV, sekaligus tetap dalam bahasa desain ikonik Bentley.

Untuk menunjang sisi style dari sisi samping eksterior Bentley Bentayga V8 2018, Bentley menghadirkan 11 pilihan velg berdesain ekslusif nan premium. Salah satunya adalah pilihan velg 22 inci 5-spoke berkelir black dengan polished finishing.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Tampak Belakang

bentley bentayga v8 bentley jakarta rear exterior

Untuk membedakan Bentley Bentayga V8 2018 dengan keluarga Bentayga lainnya melalui exhaust tailpipes

Ciri khas Bentley di buritan belakang sangat terasa melalui desain taillight yang ikonik membentuk aksen ‘B’. Lekuk bak ducktail pada area pintu bagasi juga terasa unik. Dan untuk membedakan Bentayga versi mesin V8 dan W12 terletak pada sisi exhaust, dimana versi mesin V8 menggunakan ‘twin-quad’ exhaust  tailpipes.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Bentley Bentayga 2018

Interior Bentley sejak satu abad dahulu sudah memiliki identitas kuat, yakni mewah dan handmade. Selain itu, konfigurasi mulai dari pemilihan material pada panel, aksen jahitan, serta warna dari material kulit yang digunakan juga tergolong kaya.

Soal kemewahan kabin Bentley sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat Bentley sangat selektif dalam hal pemilihan material hingga ke detil bentuk jahitan sekalipun. Untuk itulah, setiap konfigurasi interior Bentley yang dipesan oleh konsumen sudah bisa dipastikan proses pengerjaannya oleh tangan-tangan terampil di pabrik Crewe.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Dashboard

bentley bentayga v8 bentley jakarta interior

Interior Bentley Bentayga V8 2018 bisa di kustomisasi

Desain dashboard Bentley sangat familiar dengan lini model sedan Bentley, dan tentu saja tidak berbeda jauh dengan Bentley Bentayga W12. Namun karena ia merupakan versi mesin V8, Bentley memberikan sentuhan nuansa baru pada Bentley Bentayga V8 2018.

Hal ini terlihat dari opsi panel dengan high gloss crabon fibre, yang baru pertama kali Bentley gunakan setelah selama ini konsisten menggunakan matt carbon fibre untuk opsi tampilan kabin lebih sporty di model mobil Bentley baru lainnya.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Jok

bentley bentayga v8 bentley jakarta seat configuration

Jok belakang Bentley Bentayga V8 2018

Bentley Bentayga V8 2018 sejatinya memiliki beragam opsi konfigurasi jok, baik dari 4 penumpang, 5 penumpang, hingga 7 penumpang. Namun rasanya untuk segmen pasar Indonesia, terutama untuk pengguna Bentley Indonesia yang rata-rata merupakan kalangan jet set dan sosialita terkenal, maka bisa dipastikan opsi jok 4 penumpang lebih menjadi favorit untuk konsumen Tanah Air.

Di samping jok interior Bentley Bentayga V8 2018 memiliki beragam pilihan konfigurasi, untuk pertama kalinya jok Bentley Bentayga V8 2018 juga hadir dalam versi Cricket Ball Leather. Kalau ingin spesifikasi dan material jok yang jauh lebih ekslusif, maka konsumen Bentley bisa mencoba opsi paket Mulliner Driving Specification yang tersedia di Bentley Bentayga V8 2018.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Bentley Bentayga 2018

Keasyikan berkendara dengan Bentley Bentayga V8 2018 menjadi prioritas dari pabrikan otomoti asal Inggris ini. Mulai dari fitur infotainment dan handling adaptif melewati beragam medan jalanan tersedia di Bentley Bentayga V8 2018. Berikut cintamobil.com informasikan secara detail fitur-fitur tersebut.

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Fitur Infotainment

bentley bentayga v8 bentley jakarta

Sistem infotainment canggih Bentley Bentayga V8 2018

Bentley Bentayga V8 2018 memiliki sistem infotainment canggih yang terletak di area dashboard tengah. Menggunakan layar sentuh 8 inci, sistem infotainment ini dibekali storage data 60GB, sistem navigasi mutakhir, serta memiliki preset 30 bahasa yang bisa diganti sesuai keinginan.

Pilihan koneksi pada sistem infotainment ini terasa canggih karena dibekali bluetooth, wifi, serta Apple CarPlay. Serta terdapat opsi sound system yang diberikan oleh Bentley pada SUV ultra mewah ini, salah satunya adalah sound system Naim for Bentley Premium Audio dengan total output 1,950 watts. Wow!

  • Review Bentley Bentayga V8 2018: Fitur Handling

bentley bentayga v8 bentley jakarta driving

Pengendalian mobil lebih stabil berkat Bentley Dynamic Ride

Untuk Bentley Bentayga V8 2018, Bentley menggadopsi fitur Bentley Dynamic Ride yang merupakan sistem anti roll-bar secara elektris. Fungsi dari fitur ini membuat mobil lebih stabil saat mengeksekusi tikungan, tanpa harus mengurangi tingkat kenyamanan berkendara.

Sistem suspensi di SUV ultra mewah ini menggunakan suspensi udara dengan empat pilhan mode, yakni High 2, High 1, Normal, dan Low. Sedangkan pada sistem kemudi mengadopsi sistem Electronic Power Assisted Steering (EPAS), yang dirancang lebih luwes di jalanan urban, serta lebih sigap dan presisi saat mobil di bawa dalam kecepatan tinggi.

Agar pengendalian di kawasan urban maupun off-road lebih aman, Bentley menyertakan ragam fitur canggih di Bentayga versi mesin V8 ini. Beberapa di antaranya ialah Electronic Stability Control (ESC), multi-mode Traction Control (TCS), Hill Descent Control, Park Assist, Traffic Sign Recognition, Pedestrian Warning, City Safeguard and Reversing Traffic Warning, dan top-view camera view.

Bentley Bentayga V8 2018 Drive Dynamics Mode

Bentley Bentayga V8 2018 Drive Dynamics Mode

Satu lagi fitur berkendara pada Bentley Bentayga V8 2018 yang membuat ia sangat adaptif di segala kondisi medan jalan ialah Drive Dynamics Mode dengan opsi All-Terrain Specification. Terhitung ada 8 mode berkendara yang bisa di atur melalui kenop di konsol tengah, baik mode on-road (Comfort, Sport, Custom, Bentley) dan off-road (Snow & Grass, Dirt & Gravel, Mud & Trail, Sand Dunes) bisa dipilih oleh pengemudi sesuai medan jalanan yang dihadapi.

>>> Untuk cek harga mobil lainnya dalam kondisi bekas, silahkan klik sini

Operasi Bentley Bentayga 2018

Sistem jantung pacu Bentley Bentayga V8 menggunakan mesin 4.0 liter twin-turbo V8. Mesin ini di-setting untuk bisa emberikan performa lebih impresif, sekalgius efisiensi bahan bakar lebih tinggi berkat teknologi auto start-stop technology dan variable displacement, dimana 4 dari 8 silinder di mesin bisa secara otomatis non-aktif saat mobil tidak dalam kondisi mengebut.

Hasil tenaga yang dihasilkan Bentley Bentayga V8 2018 sangat mengejutkan untuk sekelas SUV ultra mewah. Bentley meng-klaim SUV andalan mereka ini bisa menghasilkan tenaga 542 hp dan torsi 770 Nm, dimana mobil ini bisa sprint dari 0-100 km/jam dalam waktu 4.5 detik, dan apabila pedal gas masih terinjak penuh, maka mobil SUV dari Bentley ini bisa terus berlari hingga 290 km/jam.

Ini baru dari aspek kecepatan, bagaimana dengan aspek efisiensi bahan bakar? Ya, mobil yang menggunakan sistem penggerak all wheel drive dengan transmisi 8 percepatan otomatis dari ZF ini diklaim oleh Bentley mampu menjelajah sejauh 100 km dengan mengkonsumsi hanya 11,4 liter bahan bakar, dengan kadar emisi karbon dioksida hanya 260g/km, dan total range berkendara hingga 746 km.

>>> Lihatlah spesifikasi mobil SUV lainnya dengan klik sini

Spesifikasi Bentley Bentayga 2018

Berikut spesifikasi Bentley Bentayga V8 2018 yang dihimpun oleh cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Bentley Bentayga V8 2018

P x L x T

4.605 x 2,095 x 1.202 mm

Jarak poros roda

2.995 mm

Berat

2.395 kg

Mesin Bentley Bentayga V8 2018

Jenis

4.0 liter 32 valve twin-turbocharged V8

Isi silinder

3.956 cc

Daya maksimum

542 hp @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

770 Nm @ 1.960-4.500 rpm

Rangka Bentley Bentayga V8 2018

Transmisi/Sistem Penggerak

8-percepatan otomatis ZF/Permanent All Wheel Drive

Suspensi depan

Four link double wishbones, Self-Leveling Air Suspension

Suspensi belakang

Trapezoidal multi-link, Self-Leveling Air Suspension

Rem depan

400mm ventilated iron (optional 440mm carbon-silicon-carbide)

Rem belakang

380mm ventilated iron (optional 370mm carbon-silicon-carbide)

Ukuran Ban

- Optional 20 inci = 275/50R20

- Standar 21 inci = 285/45 R21, 285/45 ZR21

- Optional 22 inci = 285/40ZR22

Daftar Harga Bentley Bentayga 2018

Bicara soal harga Bentley Bentayga V8 2018, Bentley Jakarta selaku authorized dealer Bentley di Indonesia mematok harga untuk SUV ultra mewah ini Rp7.999 miliar off the road. Harga tersebut terpaut Rp 1 miliar dengan versi tertinggi dimana Bentley Bentayga W12 dilepas di harga Rp8.999 miliar off-the road.

Dengan harga tersebut, konsumen yang berminat membeli Bentley Bentayga V8 mendapatkan beragam konfigurasi mulai dari ekterior, interior, warna jok, hingga material panel di dalam kabin. Mau lebih bebas lagi? Masih ada opsi Mulliner Driving Specification yang bisa digunakan, dengan catatan harga akan melonjak tinggi plus waktu inden untuk sampai ke Indonesia akan lebih lama dari seharusnya.

>>> Mari cek harga mobil baru lainnya di sini

Kesimpulan Bentley Bentayga 2018

Bicara ranah SUV ultra mewah, untuk pasar otomotif Indonesia, rasanya cukup unik. Alasannya sederhana, karena kebanyakan para kaum sosialita dan jet set Tanah Air memilih mobil berdasarkan preferensi brand dan model tersebut,  baru bicara soal fitur dan kemampuan mobil yang akan menjadi koleksi di garasinya.

Bentley Bentayga V8 2018 jelas di atas kertas secara fitur dan kemampuan menaklukan jalanan urban maupun sesekali diajak off-road tergolong top notch. Secara branding positioning Bentley di Indonesia pun cukup kuat, dimana mayoritas pengguna mobil Bentley adalah para personal yang sukses di bidangnya masing-masing.

Meski begitu, ada satu faktor yang bisa jadi mengganjal langkah Bentley Bentayga V8 2018, yakni faktor gengsi! Mayoritas kalangan sosialita dan jet set di Indonesia bisa dipastikan selalu mencari dan membeli produk yang memiliki nilai gengsi tertinggi, bahkan kalau bisa se-ekslusif mungkin. Maka dari itu, perbedaan Bentley Bentayga V8 2018, yang hanya terpaut 1 miliar dengan versi tertinggi Bentayga W12, membuat SUV ultra mewah ini menjadi pilihan cukup ‘nanggung’.

Sederhananya, jika Anda adalah miliarder yang sangat rasional dalam memilih produk kendaraan berdasarkan performa, kenyamanan, dan kemewahan, maka Bentley Bentayga V8 2018 merupakan pilihan SUV ultra mewah paling rasional dan terbaik untuk Anda.

Namun jika Anda lebih peduli terhadap memiliki suatu produk dengan spesifikasi tertinggi, plus tak ingin kalah gengsi di inner circle lifestyle kaum jet set Tanah Air, maka lebih baik tutup mata dengan mobil ini dan langsung saja memilih Bentley Bentayga W12 yang menjadi top of line dari Bentley Bentayga.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat daftar mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top