Mendeteksi Masalah Komponen Kaki-Kaki yang Rusak

17/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mendeteksi Masalah Komponen Kaki-Kaki yang Rusak
Memeriksa komponen kaki-kaki yang rusak sangat mudah, Anda cukup mendengarkan suara-suara yang timbul pada bagian bawah saat berkendara.

Berkendara dengan suara-suara atau bunyi-bunyi aneh pada kaki-kaki hingga ban kendaraan sangat mengganggu. Suara tersebut biasa terjadi karena masalah komponen serta usia pakai dari komponen penunjang bawah kendaraan, seperti ball joint, tie rod, as roda, laher maupun boot yang sudah waktunya diganti. Untuk mendeteksi komponen kaki-kaki yang rusak, Anda bisa mengetahuinya dengan prosedur pengecekan sebagai berikut,

1. Ball joint

Ball joint merupakan salah satu penopang yang bertugas untuk memberikan kenyamanan bagi Anda ketika mengemudi. Komponen yang berada pada sistem suspensi atau kaki-kaki kendaraan berfungsi sebagai sumbu roda ketika roda berbelok ke kanan atau ke kiri.

Gambar yang menunjukan bagian ball joint pada kaki-kaki mobil

Sama seperti sendi, ball joint berfungsi sebagai sumbu roda (foto: YouTube)

Pemeriksaan terhadap kesalahan ball joint bisa diperhatikan ketika adanya bunyi “gludug-gludug” yang terdengar ketika kendaraan melintasi jalan yang rusak atau tidak rata. Kerusakan komponen ini akan mengganggu pengendaraan dan handling Anda selama mengemudi.

>>> Intip cara mudah memeriksa suspensi kendaraan Anda

2. Tie Rod

Komponen yang terdiri dari long tie rod dan tie rod end bertugas untuk mengikat roda agar bisa berbelok ke kiri maupun ke kanan. Ketika komponen ini rusak atau mengalami gangguan sehingga tidak bisa memegang roda secara sempurna, akibatnya membuat arah roda berubah. Efek yang ditimbulkan yaitu mobil akan berasa seperti melayang, meskipun ketika Anda berkendara di jalanan yang mulus sekalipun.

Gambar yang menunjukan bagian suspensi dan kaki-kaki pada mobil

Penjelasan komponen-komponen kaki-kaki mobil (foto: Science Publishing Group)

Namun, bisa jadi hanya salah satu atau sebelah komponen yang rusak. Akibat yang ditimbulkan yaitu arah mobil yang tidak menentu. Tak hanya itu, ketika kendaraan melintas melewati lubang, pergerakan setir akan terasa liar. Perhatikan masalah setir yang Anda alami, dan segera ganti ketika menemukan adanya masalah komponen tie rod yang rusak.

>>> Informasi dan tips perawatan mobil terlengkap hanya di sini

3. As roda

Bagi pengemudi yang memiliki mobil dengan usia yang sudah tua, as roda menjadi salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan. Masalahnya karena komponen ini memikul pekerjaan yang cukup berat, yaitu menahan semua berat pada mobil. Maka tak jarang as roda bisa patah ketika mobil kelebihan muatan.

Gambar yang menunjukan perbandingan as roda yang bersih dan sudah aus

Perbedaan as roda yang baru (kiri) dengan yang sudah aus (kanan) (foto: Otomotif)

Jika terjadi kerusakan pada as roda, maka akan terdengar suara “tek-tek-tek” ketika Anda berkendara. Untuk mendeteksinya, jika as roda bagian kanan rusak, akan terdengar bunyi tersebut ketika mobil belok kiri, begitupun sebaliknya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Laher atau bearing

Laher/bearing adalah komponen yang berfungsi sebagai bantalan untuk membantu mengurangi gesekan komponen yang berputar pada poros/as. Mendeteksi kesalahan atau kerusakan pada laher roda cukup mudah, yaitu bisa dengan mendengarkan suara yang timbul ketika sedang berkendara. Jika terdengar suara dengung yang cukup keras pada kecepatan sedang, bisa dipastikan bahwa laher atau bearing sudah aus atau tidak bekerja dengan semestinya.

Gambar yang menunjukan bagian laher atau bearing pada bagian kaki-kaki mobil

Perhatikan bearing atau laher mobil yang rusak (foto: MelekOtomotif)

Ketika ada komponen kaki-kaki yang rusak, semuanya mempengaruhi kenyamanan Anda berkendara. Tapi cara untuk menjaganya sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan perawatan berkala, tidak ugal-ugalan ketika berkendara, dan tidak memberikan muatan yang terlalu berat pada kendaraan.

>>> Dapatkan tips dan trik otomotif terpercaya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ingin Selamat, Jangan Abaikan Kondisi Kaki-kaki Mobil

17/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Kondisi kaki-kaki mobil memiliki peranan penting dalam menunjang keselamatan berkendara menggunakan mobil.

Lihat juga

Ini Cara Mudah Untuk Mendeteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil Bekas

16/01/2019

Jual beli

3 menit

Kaki-kaki sebenarnya adalah part yang tidak perlu biaya mahal untuk memperbaikinya, karena dengan budget sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta kaki-kaki mobil sudah bisa baik kembali. Berikut ini cara mudah untuk mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil bekas

Lihat juga

Terdengar Suara pada Kaki-Kaki Mobil? Coba Cek 6 Komponen Ini

16/10/2020

Perawatan dan service

2 menit

Kaki-kaki mobil tak jarang menimbulkan masalah yang cukup berat. Ketika menemukan ada suara pada kaki-kaki mobil, Anda bisa mengecek 6 komponen di bawah ini.

Lihat juga

Cara Mengecek Kaki-Kaki Mobil Eks Taksi

12/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Sebelum Anda tertarik meminang mobil bekas taksi, sebaiknya Anda cek kaki-kaki mobil terlebih dahulu, sebab perbaikannya membutuhkan biaya yang cukup besar

Lihat juga
 
back to top