Cara Mudah Periksa Kondisi Suspensi

20/07/2017
Fungsi Shockbreaker mobil adalah menahan guncangan/ kejutan/ hentakan saat mobil melewati jalan yang tidak rata misalnya jalan berbatu, jalan berlubang, gundukan jalan dan lain-lain. Sedangkan karet- karet memegang peran membantu kompen - komponen beroperasi dengan tetap. Jadi pemilik mobil harus sering memeriksa kondisi keduanya untuk menjaga keamanan selama pemakaian mobil sendiri.

Suspensi memainkan peran penting bagi kenyamanan dan pengendalian mobil. Suspensi menjadi salah satu sistem yang harus diperhatikan kondisinya sesudah perjalanan jauh. Terutama bagi mobil yang berjalan dengan beban penuh/berat dan melewati banyak jalan yang tidak rata. Pada dasarnya ada 2 komponen yang harus dicek, yaitu sokbreker dan karet-karet.

 

1. Sokbreker

 
Jika ayunannya lebih dari 1 kali, maka sokbreker sudah lemah dan sebaiknya diganti
Shockbreaker adalah sistem peredam getaran/ kejutan yang ada pada kendaraan
 

Saat mobil melewati gundukan, sokbreker yang pe­redamannya masih baik hanya membutuhkan 1 kali ayunan. Jika ayunannya lebih dari 1 kali, maka sokbreker sudah lemah dan sebaiknya diganti. Hal yang lain ialah bila bocor. Tampak dari rembesan oli yang menjalar di bodi sokbreker. Jika ada rembesan maka artinya sokbreker telah rusak dan harus diganti.

>>> Klik di sini untuk mengupdate pengalaman perawatan dan service yang lain!

 

2. Karet-karet

 
Bagian Karet top mounting dan Bushing arm moibl

Komponen karet top mounting dan bushing arm
 

Karet top mounting: Komponen ini terletak di bagian atas sokbreker. Ia menjadi penampang yang mengunci sokbreker dengan bodi. Pada beberapa mobil, bagian ini terlihat jelas karena ditempatkan di tempat terbuka seperti engine bay.

 

Cara mengecek kondisi karet top mounting tidak sulit. Hal ini dapat terlihat pada waktu mobil melewati markah jalan. Mobil akan tetap melaju lurus jika kondisi karet masih bagus. Jika mobil sampai berpindah jalur, maka berarti karet sudah rusak atau bahkan pecah.

 

Bushing arm: Deteksi pertama terhadap kondisi karet bushing arm adalah suara. Bila mobil sedang mengayun dan timbul suara menderit maka artinya karet bushing sudah getas atau pecah.

 

Untuk memastikan, dongkrak mobil, copot roda lalu perhatikan karet bushing. Jika ada retakan atau bahkan pecah sama sekali maka cara terbaik adalah menggantinya.



>>> Klik di sini untuk mengupdate pengalaman yang lain!

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0