Volkswagen Scirocco 2018, Generasi Terakhir Dari Volkswagen Scirocco

02/05/2018

Share this post:

Volkswagen Scirocco 2018

Editor rate:

Lihat promo

Volkswwagen Scirocco merupakan sebuah mobil sport hatchback yang diproduksi oleh perusahaan asal Jerman, Volkswagen. Mobil yang memiliki desain cukup sporty ini rupanya sudah memasuki babak akhir di tahun 2018 karena VW memutuskan untuk menghentikan produksi mobil berkapsitas 2+2 ini. Seperti apa kelebihan dari generasi ketiga sekaligus versi terakhir dari VW Scirocco yang diluncurkan pada tahun 2018 ini? Berikut ini adalah review Volkswagen Scirocco 2018 yang diperkenalkan di April 2018.

Volkswagen  Scirocco 2018, Generasi Terakhir Dari Volkswagen Scirocco
Volkswagen  Scirocco 2018, Generasi Terakhir Dari Volkswagen Scirocco
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Scirocco 2018

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Scirocco 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan sangat sporty dengan kualitas build yang baik

Fitur keselamatan dan keamanan sudah lengkap

Mesin mobil sangat mumpuni

Kekurangan

Tidak terlalu banyak perbedaan dibandingkan dengan versi sebelumnya

Varian model terakhir sehingga tidak akan menemukan pembaruan di masa mendatang

Gambar mobil VW Scirocco 2018 berwarna hotam dilihat dari sisi depan

Tampilan baru Volkswagen Scirocco 2018

Review Volkswagen Scirocco 2018 - Volkswagen Scirocco merupakan mobil yang sudah memilki sejarah panjang didalam sejarah perusahaan mobil Volkswagen. Scirocco generasi pertama hadir di tahun 1974 dengan desain yang cukup sporty di masa itu. Produksi generasi pertama berhenti di tahun 1981 ketika Volkswagen memproduksi Scirocco genrasi kedua hingga tahun 1992. Sempat vakum selama 16 tahun, Scirocco kembali hadir di tahun 2008 dengan generasi ketiga yang lebih modern dan sporty. Tetapi, lagi-lagi nasib kurang baik dialami oleh Scirocco karena di tahun 2018 ini Volkswagen memutskan untuk menghentikan mobil yang memiliki wheelbase yang sama dengan Volkswagen Golf ini. Dengan sedikit peningkatan di bagian eksterior, Volkswagen Scirocco 2018 menjadi Scirocco versi terakhir yangdiproduksi oleh Volkswagen. Ada apa lagi dari mobil mewah ini? Simaklah review Volkswagen Scirocco 2018 di bawah ini.

Eksterior Volkswagen Scirocco 2018

  • Desain Sporty dan Mewah

Menilik kepada bentuknya, Volkswagen Scirocco 2018 memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan desain sebelumnya. Masih mengandalkan desain hatchback sporty yang ewah, Scirocco memiliki tampilan yang cukup sangar untuk sebuah mobil hatchback. Dengan dimensi yang tidak terlalu besar dan ground clearance yang sangat rendah menjadikan mobil ini bisa bermanuver dengan mudah di jalanan yang cukup sempit.

  • Desain bagian depan

Gambar mobil VW Scirocco 2018 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Bagian depan terlihat cukup mewah

Desain bagian depan mobil ini cukup sangar dengan menggunakan proyektor headlamp yang tajam serta grill yang sangat minim. Desainnya sangat berkelas tanpa menggunakan teralu banyak bahan chrome tetapi kita bisa merasakan bahwa mobil ini cukup mewah.

  • Desain bagian samping

VW Scirocco 2018 berwarna merah ilihat dari sisi samping

Bagian samping terlihat maskulin

Di Bagian samping, tampilan Scirocco sangat menawan dengan lekkan body yang tegas dan tampil sangat maskulin walaupun ukurannya tidak begitu besar. Penggunaan velg berukuran 18 inci menjadikan mobil ini nampak sangat siap untuk dibawa dengan kecepatan tinggi.

  • Desain Bagian belakang

Mobil VW Scirocco 2018 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Volkswagen Scirocco 2018

Tampilan bagian belakang mobil ini sangat sederhana dan hanya mengandalkan bentuk rear spoiler yang sangat minim untuk mendukung sis sportynya. Tidak banyak penggunaan chrome atau aksen yang berlebihan, sederhana tapi berkelas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Volkswagen Scirocco 2018

  • Ruang Compact Yang Mewah

Berbicara mengenai bagian interior, mobil ini tidak memiliki ruang yang cukup lapang. Kapasitas penumpang di mobil ini memang tidak terlalu besar karena dirancang hanya untuk menampung 2+2. Kursi dibaris kedua tidak terlalu luas dan lebih cocok untuk digunakan oleh anak-anak atau orang dewasa yang tidak terlalu tinggi.

Dari segi penggunaan desain dan interior bagian dalam, mobil ini memang cukup mewah dan compact. Dengan berbagai fitur canggih dan juga kualitas build yang detail akan membuat Anda cukup puas dengan bagian interior mobil ini.   

  • Desain bagian dashboard

Bagian dashoard mobil VW Scirocco 2018 dengan banyak fitur canggih di dalamnya

Bagian dashboard memakai material berkualitas tinggi

Dashboard mobil ini memiliki kualitas build yang cukup baik dengan penggunaan material dengan kualitas tinggi. Walaupun tidak berbalut full kulit atau sft tocuh, penggunaan bahan plastik di mobil ini tidak nampak seperti di mobil-mobil pabrikan Asia.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil VW Scirocco 2018

Setir dilapisi dengan kulit

Untuk bagian setir sudah dilapisi oleh kulit dengan jahitan asli dan memiliki pengaturan audio steering switch.   

  • Desain kursi

Gambar kursi mobil VW Scirocco 2018 dengan jok berwarna abu-abu

Kursi memberikan rasa nyaman

Untuk bagian kursi sudah cukup nyaman walaupun masih menggunakan bahan dari fabric untuk versi 1.4 L. Di kursi bagian belakang sudah menggunakan kursi dengan desain racing walaupun ruang dibelakangnya tidak terlalu luas.

  • Ruang bagasi

​Bagian bagasi mobil ini tdaik terlalu besar, tetapi bisa ditambah dengan meipat kursi di baris kedua.

>>> Mugkin Anda ingin baca:

Fitur Volkswagen Scirocco 2018

Dari sisi fitur  Volkswagen Scirocco 2018 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Dari segi keselamtan, mobil ini sudah memiliki berbagai fitur keselamatan standar ala mobil Eropa. Fitur safety airbag, sistem pengeraman ABS + EBD, Stabillity Control, Side beam impact sudah ada untuk memberikan keselamatan terbaik bagi penumpangnya. Fitur pengaman standar mobil seperti immbiliser dan juga alarm juga sudah ada di mobil ini.  

  • Fitur hiburan

Untuk fitur hiburan, mobil ini menggunakan headunit 2din yang sudah canggih dan mampu terhubung dengan smartphone penggunanya.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Volkswagen lainnya

Operasi Volkswagen Scirocco 2018

Gambar bagian mesin mobil Volkswagen Scirocco 2018

Mesin 1.4 TSI

Untuk versi mobil 1.4L, Volkswagen Scirocco menggunakan mesin 1.4 TSI dengan kapasitas mesin sebesar 1.400 cc. Mesin ini mampu menghasillkan tenaga maksimal hingga 160 hp dengan torsi maksimal 240 Nm. Tenaga tersebut bisa diblang cukup besar untuk sebauh mobil bertipa hatchback dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk bagian suspensi, mobil ini menggunakan Double Wishbone dan Multi link. Sedangkan untuk velgnya menggunakan ring berukuran 18 inci.

>>> Lihatlah semua mobil dijual dengan harga terbaik serta banyak promosi menarik dengan klik sini

Spesifikasi Volkswagen Scirocco 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Volkswagen Scirocco 2018.

Mesin

Jenis Mesin

1.4 TSI 4 silinder

Kapasitas mesin

1390 cc

Tenaga

160 hp

Torsi

240 Nm

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Girboks

7-Speed

Jenis penggerak

2WD

Jenis Transmisi

Otomatis

Jumlah Silinder

4

Katup per Silinder

4

Sistem Suplai Bahan Bakar

Direct Injection

Dimensi

Kapasitas Tempat Duduk

4 Kursi

Panjang

4248 mm

Lebar

1820 mm

Tinggi

1394 mm

Jarak Sumbu Roda

2578 mm

Jumlah Pintu

3

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Velg Alloy

18 Inch

Ukuran Ban

235/40 R18

Jenis Ban

Radial

Ukuran Velg

R18

Daftar Harga Volkswagen Scirocco 2018

Berikut ini adalah daftar harga Volkswwagen Scirocco 2018 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Varian

Harga

Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Rp590 Juta

Volkswagen Scirocco R

Rp880 Juta

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

Kesimpulan Volkswagen Scirocco 2018

Volkswagen Scirocco merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin melaju di jalanan dengan sangat lincah dengan performa mesin yang cukup mumpuni. Desain dan dimensi mobil ini memang dirancang sangat baik untuk jalanan perkotaan yang tidak terlalu luas. Tetapi, karena  Volkswagen memutuskan untuk menghentikan produksi mobil ini, ada kemungkinan mobil ini bisa hanya menjadi sebuah mobil koleksi saja. Karena di masa mendatang ada kemungkinan adanya kesulitan untuk mendapatkan after sales service dari mobil ini. Bila Anda tidak memiliki budget yang sesuai untuk mobil ini, ada masih banyak pilihan mobil lainnya yang lebih murah tetapi secara kenyamanan masih setara dengan Volkswagen Scirocco. Tetapi, bila melihat performa, mobil ini tentunya berada jauh dibandingkan dengan mobil hatchback dari Jepang atau Korea.

Ryan Sugandy
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

Review lain

Review Volkswagen Polo VRS 2018, Varian Hatchback Terbaru yang Diperkenalkan Di Ajang IIMS 2018

25/04/2018

Editor rate:

Parade Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menjadi ajang unjuk gigi bagi banyak perusahaan otomotif. Tak terlewatkan, PT. Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek Volkswagen Indonesia, meluncurkan produk Hatchback terbarunya yang dinamai Volkswagen Polo VRS. Seperti apa tampilannya? Berapa harga Volkswagen Polo VRS? Simaklah review Volkswagen Polo VRS 2018 di bawah ini.

Lihat juga

Review Hyundai i20 2016: Coba Dobrak Tren Hatchback Dengan Desain Jerman

19/12/2018

Editor rate:

Masih ingat di benak kami, ketika Hyundai i20 2016 diluncurkan sebagai model Line-Up Hatchback terbaru di pasar Indonesia. Memang, jika dilihat dari dimensi dan rangka bodinya, i20 dipersiapkan untuk menantang Honda Jazz, Toyota Yaris maupun Mazda2. Apakah keunggulan dari model ini? Mari kita simak review Hyundai i20 2016.

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat

Rp. 499.000.000

13/02/2020

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor akhirnya memperbaharui tampilan mobil New Honda Civic Hatchback RS, tentu ini langkah tepat mengingat ia telah beredar sejak 2017.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2015: Hatchback Paling Sporty Di Kelasnya

10/01/2019

Editor rate:

Dari lini Hatchback, Daihatsu memiliki dua model Line-Up yakni Ayla yang dibanderol mulai Rp. 90 jutaan dan Sirion dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Jika Anda menginginkan performa dan fitur mumpuni lebih daripada Ayla, Sirion bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Ada beberapa keunggulan menarik yang ditawarkan oleh mobil satu ini. Kira-kira apa ya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Daihatsu Sirion 2015.

Lihat juga

Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

28/06/2018

Editor rate:

Fiat 500 sebenarnya memiliki jejak sejarah emas, tonggak dari peralihan berakhirnya perang dunia menuju era baru. Bisa dibilang, model pertamanya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasca perang dunia. Hingga 2014, rekam perjalanannya terhitung genap 60 tahun yang sekaligus membuktikan ekstensi dan perubahannya dari zaman Post-War hingga era digital.

Lihat juga
back to top