Ternyata Ini Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Ideal 

30/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Ukuran tekanan ban mobil sangat memengaruhi kenyamanan pengendara. Bagaimana cara mengetahui berapa tekanan angin ban mobil yang pas bagi setiap mobil?

Ukuran tekanan ban mobil adalah salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Performa mobil juga menjadi berkurang apabila tekanan angin pada ban tidak pas. Kondisi seperti ini sangat berisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Tekanan angin yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan ban bocor ketika melewati jalan berbatu.  Sementara, tekanan yang terlalu tinggi berpotensi terjadi hydroplaning, yaitu kondisi di mana ban kehilangan traksi ketika melewati genangan air dalam kecepatan tinggi sehingga mobil sulit dikendalikan. Sayangnya, masih banyak pengendara yang abai memperhatikan tekanan angin ban mobil.

ukuran tekanan ban mobil

Kapan waktu terbaik mengganti ban mobil?

Lalu, bagaimana mengukur tekanan angin pada ban mobil yang pas? Perlu diketahui bahwa setiap mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda sehingga setiap mobil memiliki tekanan ban ideal yang berbeda pula. Lalu, bagaimana cara membaca ukuran ban mobil agar bisa disesuaikan dengan tekanannya? Berikut ini adalah penjelasan terkait beberapa hal untuk mengetahui ukuran tekanan ban mobil dari Cintamobil.com

Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

Setiap mobil memiliki kebutuhan tekanan angin pada ban yang sangat bervariasi. Sebenarnya, berapa tekanan ban mobil disesuaikan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah berat kendaraan. Setiap mobil memiliki berat yang berbeda tergantung model dan jenisnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh bahan dasar kerangka mobil. Pengaruh lain disebabkan oleh berapa banyak jumlah penumpang yang dapat diangkut. 

ukuran tekanan ban mobil

Cara mengetahui isi tekanan ban mobil

1. Tekanan Ban Mobil Ring 14

Ukuran standar ban mobil MPV atau LCGC adalah menggunakan ring 14. Jika mobil digunakan pada jalanan yang beraspal halus dan jumlah penumpang maksimal 7 orang, ukuran tekanan ban yang disarankan adalah 31 Psi hingga maksimal 35 Psi. Ukuran ini akan terlihat pada tabel tekanan angin ban yang ada pada pilar pintu pengemudi. 

2. Tekanan Ban Mobil Ring 16

Bagi Anda yang menggunakan mobil dengan profil keempat ban adalah 195/65 R15 atau 205/60 R16, tekanan angin ban yang dianjurkan adalah 33 Psi atau 2,3 bar. Ketika Anda sedang membawa banyak muatan hingga lima penumpang di mobil dan barang di bagasi, gunakan tekanan angin pada dua ban depan sebesar 35 Psi dan belakang 36 Psi.

3. Tekanan Angin Ban Mobil Ring 17

Berapa tekanan angin ban mobil yang ideal untuk mobil ring 17? Biasanya mobil variasi menggunakan pelek ukuran 17 inci dengan profil ban 45 atau 40. Tekanan angin yang digunakan harus lebih keras lagi yaitu minimal 35 Psi dan maksimal 40 Psi untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara. 

Batas maksimum tabel tekanan angin ban mobil tersebut sebaiknya tidak dilewati agar tidak terjadi hal buruk pada ban mobil Anda. Umumnya, saat keluar dari pabrik, pihak pabrik telah mengatur besaran tekanan angin pada ban mobil. Selanjutnya pemilik kendaraan diharapkan bisa mengikuti besaran tekanan pada saat pengisian angin selanjutnya. 

>>> Ini Daftar Tekanan Ban Mobil Ring 15 Sampai Ring 18

Tekanan Angin Ban Mobil Pick Up Berbeda dengan Mobil Pribadi

mobil pick up Suzuki Carry terbaru di Indonesia
Mobil pick up seringkali bermuatan yang lebih berat dibandingkan mobil penumpang

Untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil secara pasti, Anda bisa melihat Informasi Tekanan Ban atau Tire-Loading Information yang biasanya terdapat pada frame pilar pintu pengemudi. Di sana terdapat stiker kotak yang bertuliskan informasi mengenai tabel tekanan angin ban mobil yang ideal untuk mobil tersebut. Informasi mengenai tekanan ban tersebut adalah sesuai dengan standar pabrik. Anda perlu mengetahui terlebih dulu cara membaca ukuran ban mobil yang terdapat pada permukaan samping ban. 

Berikut ini adalah informasi lebih detail tentang ukuran tekanan angin ban mobil standar pabrikan. Untuk mobil MPV sekitar 30 Psi hingga 35 Psi. Tekanan ban pada mobil city car adalah 29 Psi hingga 32 Psi. Untuk mobil sedan adalah 28 Psi hingga 31 Psi, sementara untuk mobil SUV adalah 35 Psi hingga 40 Psi. Mengingat walaupun satu jenis MPV, setiap mobil memiliki ukuran pelek yang berbeda-beda, berikut ini adalah daftar tekanan ban yang sesuai dengan ukuran pelek mobil.

Ukuran tekanan ban untuk kendaraan niaga seperti pick up atau angkot tentu saja berbeda dengan mobil biasa. Ban mobil niaga sudah dipersiapkan untuk mengangkut banyak muatan, baik barang maupun penumpang. Tidak hanya itu, ban mobil niaga memiliki load index yang lebih besar pula.

Untuk mobil sekelas pick up Mitsubishi L300 memiliki rekomendasi tekanan angin pada ban sebesar 43 Psi untuk ban depan dan 54 Psi untuk ban belakang dengan kekuatan beban maksimal 1.090 kg.

>>> Ini Ukuran Tekanan Ban Innova untuk Harian

Pentingnya Mengecek Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Secara Berkala

ukuran tekanan ban mobil

Pastikan untuk mengatur tekanan ban yang sesuai dengan mobil Anda

Setelah mengetahui berapa tekanan angin ban mobil yang ideal, agar performa ban tetap terjaga dengan baik, pengecekan tekanan angin pada ban mobil harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ukuran tekanan angin ban mobil dapat Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan alat khusus tanpa harus ke bengkel resmi.

Kapan sebaiknya pengecekan tekanan angin dilakukan? Waktu yang tepat dan bisa dijadikan  pilihan untuk mengecek tekanan angin ban mobil adalah minimal satu kali dalam satu bulan. Terutama untuk mobil yang sering digunakan setiap harinya. Hal ini karena setiap kali digunakan, kemungkinan ukuran tekanan ban mobil akan mengalami penurunan akibat kondisi cuaca maupun jalanan yang dilalui. 

Hal yang harus dipastikan ketika mengecek tekanan angin pada ban adalah kesesuaian jumlah tekanan dengan ukuran ban yang digunakan. Pastikan Anda selalu membaca daftar ukuran ban mobil untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai ukuran ban mobil Anda. Tekanan angin yang pas pada ban mobil akan membuat perjalanan penumpang semakin nyaman dan meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan. 

Mengetahui informasi mengenai ukuran tekanan ban mobil dapat menambah kenyamanan dan keamanan dana berkendara sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko kecelakaan. 

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik terkait cara merawat mobil serta cara mengemudi dengan aman di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal itu berapa ya?
Setiap mobil akan ada ukuran tekanan angin ban yang berbeda. Untuk ban mobil ring 14 adalah 31 Psi hingga maksimal 35 Psi, ban ring 16 adalah 35 Psi dan belakang 36 Psi dan ban ring 17 adalah 35 Psi dan maksimal 40 Psi.
Ukuran tekanan angin ban mobil MPV, SUV itu sama gak?
Ukuran tekanannya berbeda ya. Untuk mobil MPV sekitar 30 Psi hingga 35 Psi. Tekanan ban pada mobil city car adalah 29 Psi hingga 32 Psi. Untuk mobil sedan adalah 28 Psi hingga 31 Psi, sementara untuk mobil SUV adalah 35 Psi hingga 40 Psi.
Kapan sebaiknya pengecekan tekanan angin dilakukan?
Waktu yang tepat dan bisa dijadikan  pilihan untuk mengecek tekanan angin ban mobil adalah minimal satu kali dalam satu bulan.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top