Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

08/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Berikut ini tim Cintamobil.com akan membagikan tips modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masih aman untuk pemakaian sehari-hari serta tidak merubah suspensi standar dari mobil tersebut.

Memiliki mobil mungil seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla memang banyak keuntungannya. Kemudahan manuver di jalan dan saat akan berputar balik, atau mencari tempat parkir di lahan terbatas pun bukan perkara sulit.

Tapi bagi pemilik Agya-Ayla kadang ingin mobilnya tampil beda dengan pemilik lain. Karena itulah opsi modifikasi dijalani. Nah, cara paling mudah guna membuat Toyota Agya atau Daihatsu Ayla Anda tampil lebih keren adalah dengan modifikasi velg.

Kali ini tim Cintamobil.com akan memberikan referensi bagaimana cara modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masih cocok untuk dipakai sehari-hari. Dan menariknya, penggantian velg ini tidak diwajibkan mengganti pula bagian kaki-kaki mobil.

1. Naik Jadi Ring 15 atau 16

velg dan ban Toyota Agya

Perhatikan spesifikasi velg jika tak ingin velg keluar bodi

>>> Modifikasi Toyota Agya Daihatsu Ayla, Cukup Rp5 Jutaan Tampil Elegan

Pada kondisi standar, Toyota Agya menggunakan velg ukuran 14 inci, sementara Daihatsu Ayla ada yang menggunakan velg ukuran 13 inci dan 14 inci. Maka untuk modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sebenarnya sudah cukup dengan mengganti velg ukuran dua inci di atasnya, yaitu 15 inci atau 16 inci.

"Pakai ring 15 cukup buat harian, masih bisa pakai suspensi standar," kata Gino dari Jayaban Autofasion Jakarta.

Ia menuturkan, velg ukuran sebesar itu variannya amatlah banyak. Bisa velg original produksi Jepang, atau pakai velg dari Taiwan dan Thailand. Opsi modifikasi velg dengan memakai dari velg OEM mobil lain pun tak jadi soal. Namun yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi velg yang akan Anda ganti. Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki PCD (Pitch Circle Diameter) 4 x 100 dengan lebar 5" dan offset (ET) 45.

"Kalau mau masih rata bodi pakai lebar 7 maksimal, offset jangan lebih dari 30. Kalau lebih dari itu nongol keluar bodi," timpal salah satu pengguna Toyota Ayla dari Agya Ayla Club Indonesia.

Ia sendiri mengaku menggunakan velg ring 16 dan mobilnya masih dipakai beraktifitas sehari-hari. "Cuma setir rada berat, selebihnya sama aja rasanya," kata dia di forum komunitas mobil LCGC tersebut.

2. Ukuran Ban

Toyota Agya modifikasi

Banyak pemilik Agya yang mengganti dengan velg ring 16

Setelah mengetahui ukuran modifikasi velg untuk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang pas untuk pemakaian sehari-hari, maka saatnya tentukan ukuran ban yang bakal membungkus velg tersebut. Kembali menurut Gino, ukuran ban yang masih aman tanpa merubah suspensi adalah 185/55/R15 untuk velg ukuran ring 15. Sementara jika memakai velg ring 16 maka ukuran 195/50/R16 dianggap masih aman.

Pilihan merek ban cukup banyak dipasar aftermarket. Yang terjangkau ada Achilles atau Goodyear dengan harga kisaran Rp 500 ribuan per ban. Sementara di atas itu ada GT Radial atau Dunlop yang harganya Rp 600 ribuan - Rp 700 ribuan. Sementara untuk Bridgestone harganya antara Rp 700 ribuan sampai Rp1 jutaan tergantung tipenya.

Agar lebih hemat, Anda bisa modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dengan membeli paket velg dan ban sekaligus. Karena sering kali di toko-toko ban diberi penawaran istimewa jika membeli secara paket pada saat yang sama.

Ingin membeli velg ring 15 baru untuk mobil Anda? Intip berbagai pilihannya di sini:

>>> Ada banyak tips dan trik menarik seputar mobil disini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa ukuran velg orisinil Toyota Agya?
Velg Toyota Agya asli menggunakan ring 14.
Bisakah mengganti velg Toyota Agya ring 17?
Anda bisa mengubah velg Toyota Agya hingga ring 17, tapi hal ini mempengaruhi efisiensi bahan bakar yang lebih boros.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top