Tips Merawat Rem ABS dan EBD, Jangan Sampai Absen

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Tips Merawat Rem ABS dan EBD, Jangan Sampai Absen
Walau teknologinya sudah modern, bukan berarti tidak butuh merawat rem ABS dan EBD. Justru sebaliknya, karena telah menggunakan sensor, maka rem jenis ini harus diperhatikan baik-baik agar selalu dalam kondisi prima.

Sistem pengereman mobil modern kini semakin kompleks. Teknologi perangkat penghenti laju kendaraan ini pun dari tahun ke tahun terus saja berkembang. Diantaranya keberadaan teknologi rem ABS dan EBD.

>>> Rem Mobil Berdecit? 2 Komponen Ini Penyebabnya

Apa sih sebenarnya teknologi rem ABS dan EBD? Karena sudah canggih, perlukah merawat rem ABS dan EBD ini secara rutin? Dan bagaimana cara merawat rem ABS dan EBD? Berikut ulasan selengkapnya.

1.Rem ABS

Keunggulan rem ABS

ABS membuat roda tidak mengunci ketika direm mendadak

>>> Promo mobil baru terbaik cek disini

ABS merupakan singkatan dari Anti lock Braking System. Yakni sebuah teknologi yang mampu mencegah roda terkunci saat dilakukan pengereman mendadak. Tujuannya agar pengemudi masih dapat mengarahkan laju roda sesuai kebutuhan untuk mengindari objek di depannya.

Saat sensor ABS mendeteksi adanya penguncian roda, maka sistem pada rem ini akan melepas piston rem sedikit dalam tempo sepersekian detik untuk kemudian piston diperintahkan menjepit kampas rem lagi. Hal itu berguna agar roda tetap berputar walau pengereman berlangsung. Akibatnya saat di rem roda akan terasa bergetar.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

2. Rem EBD

teknologi rem EBD

EBD biasanya disandingkan dengan ABS

Selain ABS, ada juga teknologi perengereman yang disebut Electronic Brake Distribution (EBD). Teknologi ini biasanya dipaketkan dengan ABS. Fungsi utamanya adalah mengatur teknan minyak rem sesuai kebutuhan kendaraan, seperti bergantung pada beban, kecepatan, serta kondisi jalan.

Bersama dengan ABS, EBD akan mengatur tekanan minyak rem ke setiap roda sehingga roda tetap tidak kehilangan daya cengkram namun tetap masih dapat terkontrol lajunya.

>>> Tips merawat kendaraan Anda cek disini

3. Merawat Rem ABS dan EBD

Minyak rem mobil

Selalu perhatikan kondisi minyak rem

Sistem pengereman ABS dan EBD menggunakan sensor yang terletak pada beberapa bagian, satu diantaranya pada kaliper rem. Untuk merawatnya, semprotkan cairan pembersih khusus kaliper rem. Lakukan perawatan setidaknya dalam dua bulan sekali.

Perhatikan juga kondisi minyak rem. Jangan sampai minyak rem kurang atau bahkan habis. Perhatikan warna dari minyak rem tersbeut, jika sudah cokelat pekat, maka sebaiknya minyak rem diganti. Merawat rem ABS dan EBD lainnya adalah jangan terlalu sering mengocok pedal rem ketika mobil berhenti. Hal ini bisa menyebabkan sensor ABS cepat rusak.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top