Tips Mencuci Ruang Mesin, Hati-hati Agar Tidak Terjadi Arus Pendek

Share this post:
Tips Mencuci Ruang Mesin, Hati-hati Agar Tidak Terjadi Arus Pendek
Soal estetika, mesin memang tidak terlalu menonjol ketimbang eksterior mobil. Namun ruang mesin pun memerlukan pembersihan agar sedap dipandang dan memudahkan pemeriksaan.

Perkembangan teknologi mesin membuat sistem kelistrikan di ruang mesin semakin rumit. Itu sebabnya ritual mencuci ruang mesin modern tidak sebatas mesin-mesin lawas. Salah langkah, bukan tidak mungkin aktivitas mencuci ruang mesin bisa membuat hubungan arus pendek mudah terjadi. Agar tidak salah langkah, ada beberapa langkah prefentif kala mencuci ruang mesin modern.

>>> Baca juga: Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar

Langkah pertama ialah pastikan mesin dalam kondisi dingin dan sebaiknya mencuci ruang mesin dilakukan saat pagi hari. Tutup komponen elektronik seperti sensor, ECU, alternator, lubang intake dan soket dengan plastik yang menghadap ke atas. Gunakan slang air tanpa tekanan, basahkan mesin agar debu ringan dapat segera luntur.

Jangan gunakan air bertekanan tinggi

Hindari penggunaan semprotan air bertekanan tinggi karena bisa merusak komponen mesin

Setelah itu mencuci ruang mesin bisa dimulai pada bagian atas terlebih dahulu menggunakan kuas cat dan larutan sampo mobil atau sabun. Kerjakan bagian demi bagian dan langsung bilas dengan air. Untuk bagian tersembunyi, manfaatkan kuas lukis ukuran kecil. Batang yang panjang memungkinkan untuk digunakan mencuci ruang mesin pada sudut-sudut yang sulit dijangkau.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

Hindari menggunakan minyak untuk membersihkan mesin. Selain dapat memperpendek usia karet-karet dan plastik, lapisan coating dan sil pada soket bisa rusak. Manfaatkan engine degreaser untuk mencuci ruang mesin dan sikar gigi bila ada kotoran yang susah dibersihkan dengan sabun atau sampo.

Gunakan kuas untuk area sensitif dan sulit dijangkau

Gunakan kuas untuk area mesin yang sulit dijangkau dan aman untuk ruang mesin

Keringan dengan lap chamois untuk bagian-bagian dekat dengan area kelistrikan. Saat membersihkan alternator, jangan gunakan air yang mengalir. Manfaatkan sprayer agar jumlah air tidak terlalu banyak dan segera seka dengan lap chamois. Keringkan mesin dengan lap kering.

>>> Klik di sini untuk membaca Tips & Trik lain!

Setelah itu semprotkan mesin dengan engine dressing lalu usap dengan kuas agar merata. Tutup kap mesin agar debu tidak melekat dan biarkan sekitar 5 menit sebelum diseka dengan lap bersih. Pastikan engine dressing tidak tertinggal di mesin dan menjadi sarang debu.

Share this post:

Berita lain

Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Musim hujan menuntut pemilik mobil lebih ekstra dalam memperhatikan kebersihan eksterior mobil. Mencuci mobil sendiri bakal makin sering jika tak ingin selalu keluar duit buat datang ke car wash. Jika Anda suka menggunakan busa pembersih, sebaiknya Anda hindari penggunaan deterjen cuci piring untuk mencuci mobil. Berikut alasannya!

Lihat juga

Do’s and Don’ts : Mobil Terlihat Lebih Bersih, Inilah Tips Mencuci Mobil

Mencuci mobil terkadang dianggap pekerjaan yang mudah dan asal bersih. Padahal perlu rencana yang matang agar kotoran yang ada di mobil tidak ada yang tertinggal.

Lihat juga

Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Salah satu cara merawat cat mobil paling ampuh adalah mencuci mobil setelah hujan. Dengan begitu, cat mobil lebih terawat dan terhindar dari air hujan yang bersifat merusak cat.

Lihat juga

Mudik di Kampung Halaman, Cara Cepat Mencuci Mobil untuk Menghemat Waktu

Setiba di kampung halaman, kita pasti disibukkan dengan berkumpul dengan keluarga hingga bertandang ke rumah sanak famili, sampai akhirnya kendaraan menjadi terlupakan. Tapi jangan risau, bagi Anda yang sibuk, ada cara cepat mencuci mobil untuk Anda.

Lihat juga

Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?

Bagi sebagian daerah, air menjadi komoditas yang sulit didapatkan. Untuk membersihkan mobil yang notabene membutuhkan jumlah air yang banyak, mencuci mobil dengan sedikit air bahkan tanpa air bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Lihat juga
 
back to top