Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar

Share this post:
Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar
Proses mencuci kap mesin sebenarnya tidak sulit. Sebagai dasarnya adalah tidak mencuci di tempat yang terkena panas matahari langsung agar tidak langsung mengering sebelum sempat mengeringkannya dengan lap. Namun ada tips yang benar mencuci kap mesin.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siram kap mesin dengan air secara merata untuk membuat kotoran halus seperti debu  ikut terbawa turun. Jangan mencuci kap mesin ketika baru dimatikan mesin mobilnya karena mempunyai risiko yang sama seperti mencuci mesin dibawah terik sinar matahari.

>>> Mungkin Anda tertarik, Apa yang Harus diketahui tentang Suhu Mesin Mobil?

Jangan mencuci kap mesin dibawah terik sinar matahari

Jangan mencuci kap mesin dibawah sinar terik matahari dan dalam kondisi mesin panas karena membuat air cepat kering

Sambil menyiram, seka dengan lap chamois dengan gerakan searah dari belakang ke depan untuk mempermudah proses pembersihan. Jika ada kotoran menempel, cobalah untuk menghilangkannya dengan menekan agak kuat pada bagian yang ternoda. Segera keringkan dengan lap chamois tetapi perlu diingat lap tersebut hanya untuk mengangkat air, bukan sepenuhnya mengeringkan.

Tigas berikutnya bisa dilanjutkan oleh kain microfiber sampai dipastikan kap mesin kering total dan tidak ada bercak air. Sebagai pelindung kap mesin, gunakan wax yang tidak mengandung silikon. Cukup oleskan wax secara merata di seluruh permukaan kap mesin dan seka menggunakan kain microfiber.

>>> Semua informasi tentang tips perawatan mobil bisa Anda dapatkan disini

Segera keringkan air bilas agar tidak menjadi noda atau water spot

Usai mencuci mobil, segera keringkan air dengan kain lap microfiber agar tidak membekas

Ketika Anda menyeka wax dengan kain microfiber gunakan gerakan bolak-balik. Proses waxing sederhana ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Selain itu wax juga mampu menghilangkan water spot ringan pada kap mesin yang selama ini menempel baik bekas air hujan atau air cucian mobil. Jika ada noda membandel, bisa gunakan cairan pembersih seperti Adhesive and Tar Removal. Oleskan cairan pembersih itu menggunakan kuas dan seka dengan lap untuk mengangkat noda. Gunakan kain microfiber untuk memastikan noda sudang terangkat.

>>> Mungkin Anda tertarik, Apa yang Harus diketahui tentang Suhu Mesin Mobil?

Share this post:

Berita lain

Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya

Mobil dengan fitur - fitur canggih membutuhkan perawatan yang hati - hati, khususnya cara mencucinya. Jadi apakah cuci dapat dicuci berbasis robot?

Lihat juga

Teknik Mencuci Mobil: Mencuci Mobil dari Atas atau dari Bawah?

Perlu diingat, meskipun mencuci merupakan kegiatan reguler, masih banyak pengemudi yang salah dalam mempraktekkan teknik mencuci mobil, mencuci mobil dari atas atau dari bawah.

Lihat juga

Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Salah satu cara merawat cat mobil paling ampuh adalah mencuci mobil setelah hujan. Dengan begitu, cat mobil lebih terawat dan terhindar dari air hujan yang bersifat merusak cat.

Lihat juga

Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Bagian kolong mungkin jarang diperhatikan oleh pemilik mobil. Meski tidak terlalu terlihat, tapi bagian bawah ini tempat kotoran menumpuk. Dan inilah tips mencuci kolong mobil, apa yang harus diperhatikan?

Lihat juga

Tips Mencuci Ruang Mesin, Hati-hati Agar Tidak Terjadi Arus Pendek

Soal estetika, mesin memang tidak terlalu menonjol ketimbang eksterior mobil. Namun ruang mesin pun memerlukan pembersihan agar sedap dipandang dan memudahkan pemeriksaan.

Lihat juga