Pas Buat Ngabuburit, Begini Cara Mencuci Mobil dengan Benar

19/04/2021

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Mencuci mobil merupakan hal yang agak melelahkan bagi sebagian orang, tapi ini bisa jadi salah satu kegiatan ngabuburit yang berguna.

Menunggu jam buka puasa alias ngabuburit menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan saat ngabuburit, salah satunya adalah dengan cuci mobil proper di rumah. 

Mencuci mobil dengan baik dan benar bisa Anda lakukan di rumah kalau kamu memang niat melakukannya. Ada 6 tips yang bisa Anda lakukan untuk cuci mobil proper di rumah, simak ulasan berikut.

1. Jangan mencuci di bawah matahari langsung

Hindari Mencuci Mobil di Bawah Matahari Langsung

Cuci mobil di bawah matahari langsung perlu dihindari

Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung adalah hal yang seharusnya tidak dilakukan. Selain mengundang kerak dan jamur, cuci mobil di bawah sinar matahari juga bisa membuat Anda lebih mudah cepat lelah dan haus ketika dilakukan pada saat puasa.

>>> Inilah Tempat Cuci Mobil Terbesar di Dunia

2. Jangan asal pakai sabun cuci

Biasanya banyak orang yang menggunakan sabun sembarangan yang bukan diperuntukan untuk pencucian. Sabun pencuci tangan, cairan pembersih kaca, bahkan sabun pencuci piring juga dipakai untuk cuci mobil. Padahal sabun tersebut mempunyai formula yang berbeda dengan sabun untuk mencuci, jadi bukan tidak mungkin jika Anda menggunakan sabun sembarangan maka bisa merusak cat pada mobil Anda.

3. Pakai 2 buah ember

Mencuci Mobil dengan Ember

Cuci mobil proper bisa menggunakan dua ember 

Tips satu ini juga sangat penting pada saat Anda mencuci mobil, karena 2 ember digunakan untuk hal yang berbeda. Ember pertama digunakan untuk air yang sudah tercampur sampo dan ember satu lagi digunakan untuk diisi dengan air bersih. Dengan begitu, kotoran tidak akan ikut tercampur. Atau yang lebih bagus lagi, jika Anda sudah membersihkan mobil dengan menggunakan sampo, ada baiknya body mobil langsung disemprot dengan air bersih melalui selang.

4. Gerakan air dari selang dari atas ke bawah

Mencuci Mobil Dibutuhkan Selang

Gunakan selang dari atas ke bawah ketika mencuci mobil Anda 

Cara cuci mobil dengan benar adalah dengan melakukan penyiraman air menggunakan selang dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan sebaliknya atau juga gerakan memutar. Karena dengan gerakan air dari atas ke bawah akan membawa kotoran yang ada pada mobil akan ikut turun ke bawah, namun sebaliknya jika gerakan dilakukan dengan cara memutar, hal itu akan membuat kotoran lebih tersebar luas ke bagian mobil yang lain.

5. Perhatikan kaca jendela

Sebaiknya Anda juga perhatikan bagian kaca jendela sebelum menurunkan kaca. Jangan sampai Anda menurunkan kaca jendela mobil Anda sebelum kering, karena jika kaca jendela masih basah akan ada banyak tetesan air dari kaca jendela yang turun ke body mobil dan akan meninggalkan flek pada mobil Anda.

Itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan cuci? mobil di rumah pada saat menunggu jam buka puasa atau lebih sering disebut dengan ngabuburit. Daripada hanya berdiam diri di rumah, jika ada waktu senggang dan mobil terlihat agak kotor, mencuci mobil bisa jadi hal yang berguna dilakukan pada saat ngabuburit. Selamat mencoba!

>>> Teliti Saat Memilih Tempat Cucian Mobil Otomatis

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top