Teliti Saat Memilih Tempat Cucian Mobil Otomatis

15/08/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Teliti Saat Memilih Tempat Cucian Mobil Otomatis
Saat memilih tempat cuci mobil otomatis, maka ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terutama kelebihan dan kekurangnnya.

Mencuci mobil adalah satu dari beberapa bentuk perawatan kendaraan yang bisa dilakukan di rumah. Tetapi adakalanya Anda memiliki halangan untuk rutin mencuci mobil. Bisa karena tak punya waktu luang yang cukup, atau sedang malas direpotkan jika harus mencuci mobil sendiri di rumah. Solusinya tentu membawa kendaraan Anda tersebut ke tempat-tempat pencucian mobil (car wash).

Tapi Anda perlu memahami juga, ternyata ada dua jenis car wash yang saat ini cukup banyak berdiri di sekitar lokasi Anda. Ada tepat pencucian mobil otomatis dan ada yang manual. Keduanya punya perbedaan dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Lalu dari kedua tempat cuci mobil tersebut, maka yang terbaik? Apakah cucian mobil otomatis atau yang manual? Simak ulasan lengkapnya dari Cintamobil.com berikut ini ya!

>>> Tidak Hanya Isi Bahan Bakar, SPBU Pertamina Retail Kini Punya Layanan Cuci Mobil

Kelebihan Tempat Cuci Mobil Otomatis

Tempat cuci mobil otomatis

Cuci mobil otomatis pengerjaannya relatif lebih cepat

Sesuai namanya, cucian mobil otomatis merupakan tempat cuci mobil yang menggunakan alat-alat yang pengoperasiannya dilakukan secara otomatis. Biasanya saat ada konsumen yang mau mencuci mobil datang, maka akan diminta masuk sebuah ruangan. Ruangan inilah akan terjadi proses membersihkan bagian eksterior kendaraan menggunakan alat cuci mobil otomatis.

Alat mencuci mobil otomatis itu ada yang bertugas menyemprotkan air bertekanan tinggi, menyemprotkan sabun, menggosok permukaan cat dan kaca mobil, serta alat untuk menyemprot bagian kolong mobil. Proses pencucian pun berlangsung cukup singkat dan Anda tak perlu keluar dari mobil. Karena seringkali bagian lantai dari mesin pencucian itu dilengkapi rel yang bisa bergerak untuk memajukan mobil demi urutan proses pencucian dari mesin tersebut.

Setelah kerja alat pencuci mobil otomatis selesai, maka mobil kosumen akan dipersilahkan keluar dari ruangan mesin pencuci tersebut untuk selanjutnya dilap dan dikeringkan secara manual. Tentunya dengan teknik ini, proses cucian mobil otomatis bisa lebih singkat dibanding cuci mobil tanpa bantuan alat cuci otomatis. Cocoklah buat Anda yang waktu luangnya amat terbatas.

>>> Mengenal Perbedaan Antara Premium Car Wash dengan Cuci Mobil Biasa

Kekurangan Memakai Mesin Cuci Mobil Otomatis

Alat cuci mobil otomatis

Alat pada mesin cuci mobil otomatis sering membuat cat tergores

Meskipun prosesnya lebih cepat dan tanpa harus keluar dari mobil, proses cucian mobil otomatis ternyata juga memiliki risiko. Paling sering adalah munculnya keluhan dari para pelanggan akibat cat mobil yang tergores saat proses pencucian.

Hal ini sering kali akibat alat cuci mobil otomatis yang masih menggunakan sikat berbahan dasar plastik. Karena sikat berputar sangat cepat dan sifat plastik yang lama kelamaan akan mengeras, maka dapat melukai lapsian cat mobil. Selain itu, tempat cuci mobil otomatis yang tidak pernah merawat mesin cuci mobil otomatis mereka juga bisa berisiko merusak permukaan cat mobil.

Selain itu, kekurangan tempat cuci mobil otomatis adalah terkadang pengerjaannya tidak detil. Bukan tak mungkin kotoran yang menyelinap di sela-sela mobil tak bisa hilang. Karena pada dasarnya, mesin cuci otomatis untuk mobil hanya menyentuh area permukaan yang luas saja. Meski begitu, kekurangan ini sering diminimalisir oleh pihak jasa pencucian mobil dengan menempatkan petugas tambahan untuk membersihkan bagian-bagian mobil yang tak tersentuh mesin pencuci mobil otomatis.

Jadi sebaiknya bijaklah dalam memilih tempat cuci mobil otomatis terdekat ya. Perhatikan reputasi dan kualitas kerjaan dari tempat tersebut. Apalagi cucian mobil otomatis biasanya mematik harga yang lebih mahal dibanding cuci mobil manual.

>>> Cintamobil TV: Ini Cara Cuci Mobil Tanpa Air

Kelebihan Tempat Cuci Mobil Manual

Mencuci roda mobil

Cuci mobil secara manual lebih detil

Berbeda dengan tepat cucian mobil otomatis, di pencucian manual maka semua proses pembersihan mobil dilakukan oleh tim teknisi dari car wash tersebut. Mulai dari bagian atap, kap mesin, bodi, hingga ke velg dan kolong mobil semuanya dikerjakan manual. Biasanya untuk satu mobil dikerjakan 2-3 orang teknisi. Namun ketika konsumen yang datang lebih banyak, tak jarang satu mobil dikerjakan oleh satu orang teknisi saja.

Karena dikerjakan secara manual, maka proses pencucian bisa lebih detil. Ini tentu berakibat pada hasil cuci mobil yang juga lebih maksimal daripada mengandalkan mesin cuci mobil otomatis. Bahkan untuk beberapa bagian mobil yang ingin Anda cuci lebih bersih, juga bisa dilakukan request, misalnya membersihkan ruang mesin atau ban cadangan.

Kekurangan Tempat Cuci Mobil Manual

Mencuci mobil di car wash

Butuh waktu pencucian lebih lama

Walau hasilnya sering lebih bersih daripada tempat cuci mobil otomatis, namun jika mobil dicuci dengan cara manual acapkali waktu yang dibutuhkan lebih lama. Tak heran, sering Anda menjumpai tempat cuci mobil manual antrean konsumennya lebih panjang daripada cucian mobil otomatis terdekat.

Kondisi ini pastinya membutuhkan waktu khusus saat Anda harus mencuci mobil di car wash tersebut walaupun jasa cuci mobil secara manual ini relatif lebih murah daripada yang pakai mesin otomatis. Tapi tentu tak akan cocok jika Anda hanya memiliki waktu yang amat terbatas namun tetap ingin merawat kendaraan secara rutin.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Perhatikan Kadar PH Sabun Saat Cuci Mobil

Kualitas cat mobil langsung dipengaruhi oleh PH sabun cuci mobil. Jika Anda menginginkan kualitas cat mobil tetap terjaga dalam jangka waktu lama, maka memilih sabun untuk mencuci mobil tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih sabun yang cocok tergantung pada warna mobil menurut ahlinya.

Lihat juga

Habis Hujan-hujanan, Mobil Jangan Cuma Dilap tapi Wajib Dicuci

Intensitas turunnya hujan semakin tinggi belakangan ini. Air hujan itu menimbulkan dampak besar terhadap beberapa komponen mobil dan bahkan bisa menrusak cat dan performa mobil. Apalagi, jika mobil sering terjebak banjir atau genangan air.

Lihat juga

Hati-Hati, Cuci Mobil Di Car Wash Bisa Bikin Kamu Kecewa

26/05/2018

Perawatan dan service

3 menit

Punya mobil bersih dan kinclong, iku kan yang kamu mau. Teorinya mudah, rajin membersihkan mobil baik di bagian dalam maupun luar. Bila perlu cuci mobil tiap kali kotor tanpa ditunda-tunda. Kenyataannya gimana, sering tak sempat kan cuci mobil sendiri. Kadang tak ada waktu, kadang juga karena malas, kamu lebih suka membawa mobil ke car wash. Tinggal duduk manis sambil main gadget mobil kamu selesai dicuci dan kinclong tanpa perlu capek dan berbasah-basah.

Lihat juga

Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?

Bagi sebagian daerah, air menjadi komoditas yang sulit didapatkan. Untuk membersihkan mobil yang notabene membutuhkan jumlah air yang banyak, mencuci mobil dengan sedikit air bahkan tanpa air bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Lihat juga

Kalau Mobil Anda ‘Terlalu Canggih’, Hati - Hati Saat Mencucinya

Mobil dengan fitur - fitur canggih membutuhkan perawatan yang hati - hati, khususnya cara mencucinya. Jadi apakah cuci dapat dicuci berbasis robot?

Lihat juga
 
back to top