Tahukah Anda Dimana Titik Tumpu Dongkrak Pada Mobil?

Share this post:
Tahukah Anda Dimana Titik Tumpu Dongkrak Pada Mobil?
Peristiwa tidak terduga seperti ban kempis tentu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bila Anda ingin menggantinya dengan ban serep, maka harus mengangkat mobil dengan dongkrak. Tapi tahukah Anda dimana titik tumpu dongkrak pada mobil?

Mengalami ban kempis bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Baik itu karena usia ban yang sudah aus atau terkena paku dan benda tajam yang merobek ban. Ketika hal ini terjadi, solusi paling cepat adalah menggantinya dengan ban serep. Namun ketika mengganti ban serep mobil akan perlu di dongkrak untuk melepasnya dan menggantinya. Ketika proses inilah Anda harus mengetahui letak titik tumpu dongkrak agar tidak ada komponen atau bagian bodi yang rusak.

>>> Baca juga: Cara Mudah Ganti Ban Serep Double Cabin Toyota

Menggunakan dongkrak tidaklah sulit, tetapi jika salah menggunakannya bisa berbahaya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena setiap pabrikan sudah merancang mobil agar proses mendongkrak bisa dilakukan lebih mudah. Biasanya ketika membeli mobil baru mendapat dongkrak ketupat yang lebih ringkas, murah dan mudah digunakan. Lokasi dongkrak umumnya dibawah jok ata ruang bagasi dekat ban cadangan. Sebelum memakai dongkrak, ada baiknya mempelajari cara kerjanya seperti mengencangkan atau mengendurkan ulir pada dongkrak.

Pastikan titik tumpu dongkrak tidak merusak bagian sasis

Meletakkan titik tumpu dongkrak yang salah bisa merusak sasis atau komponen lainnyayang berada di kolong mobil

Selain mengetahui fungsi dan cara kerja dongkrak, hal lain yang juga harus Anda ketahui adalah titik tumpu dongkrak.  Masih cukup banyak pemilik atau pengemudi mobil yang mendongkrak mobil sembarangan, akibatnya bagian bodi atau sasis menjadi rusak karena tidak kuat menahan beban. Pada mobil-mobil modern, titik tumpu dongkrak sudah ditentukan saat berada di jalur produksi. Desainnya pun disesuaikan dengan kepala dongkrak agar tidak bergeser posisinya ketika didongkrak.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

Untuk mobil sedan, titik tumpu dongkrak ada di bagian depan berada di sasis atau tepatnya belakang roda. Sedangkan bagian belakang, titik tumpu dongkrak berada di sasis depan roda belakang. Sedangkan tipe mobil ladder frame, titik tumpu dongkraknya ada di ‘tulang’ yang paling keras. Kepala dongkrak bisa Anda letakkan di bagian sasis kolong pintu samping. Untuk bagian depan, Anda bisa manfaatkan bagian arm, sementara belakang rumah axle belakang jadi bagian aman untuk dongkrak.

Dongkrak ketupat menjadi standar pabrikan

Umumnya mobil baru yang dibeli sudah dilengkapi dongkrak ketupat sebagai standarnya

Tidak hanya ladder frame, jenis bodi monocoque juga tersedian titik tumpu dongkrak. Biasanya terletak diantara kolong bagian dalam pintu samping. Namun tidak disarankan untuk mendongkrak pada bagian arm. Perlu diingat bahwa sifat dongkrak hanya untuk menaikkan saja, sehingga jangan terlalu lama. Bila Anda membutuhkan waktu lebih lama bisa menggunakan Jack Stand untuk mengganti dongkrak.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:
 
back to top