Ingat! Supaya Tak Cepat Karatan Sebaiknya Sering Cuci Mobil

30/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ingat! Supaya Tak Cepat Karatan Sebaiknya Sering Cuci Mobil
Cuci mobil secara sering merupakan salah satu langkah untuk mencegah karatan terjadi. Setidaknya cuci mobil setiap 2 minggu sekali untuk mencegah karatan.

Mobil merupakan salah satu investasi yang membuat Anda harus merogoh kocek agar kondisinya tetap prima. Mulai dari mengganti oli, merotasi ban, hingga pedal rem sekalipun wajib dijaga kondisinya agara tetap baik dan bisa bernilai saat akan dijual nantinya. 

Tapi ada juga cara investasi sederhana yang kerap diabaikan oleh para pengendara yakni dengan mencucinya secara rajin. 

Mencuci mobil memang bukan merupakan pekerjaan mudah. Bila Anda memiliki waktu luang, ada baiknya untuk mencucinya sendiri. Tapi jika malas, bisa dengan membawanya ke tempat pencucian mobil. 

Mencuci mobil

Sering cuci mobil juga bisa membuat tampilannya kinclong

>>> Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin

Cuci Mobil 2 Minggu Sekali

Tanpa disadari kotoran kerap menumpuk di bagian luar mobil apabila tak segera dibersihkan. Saat berkendara, banyak debu-debu menempel, kotoran hewan, dan juga material di jalanan yang kasat mata menempel pada mobil. 

Untuk itu, diperlukan pencucian mobil secara rutin. Mengutip How Stuff Works, Kamis (30//7/2020), banyak ahli di industri otomotif merekomendasikan untuk mencuci mobil setiap 2 minggu sekali. 

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang mengandung banyak garam seperti dekat wilayah pantai disarankan untuk sering mencuci mobil. Mengapa demikian? Kandungan garam amatlah korosif dan dan bisa lebih cepat menimbulkan karat pada mobil. Dengan sering mencuci mobil, maka Anda dapat menghindari potensi mobil berkarat.

Mencuci mobil

Sering cuci mobil bisa mencegah karatan 

Sementara bagi mereka yang tinggal di daerah pedalaman dan di wilayah sekitarnya terdapat banyak pohon maka berpotensi akan adanya kotoran burung ataupun sampah pepohonan.

Kotoran burung misalnya mengandung asam yang sangat tinggi dan dapat merusak cat mobil Anda. Demikian pula dengan hewan mati ataupun getah pohon yang sama korosifnya terhadap cat ketika kelamaan menempel di bodi mobil. Untuk itu disarankan bagi Anda juga untuk sering cuci mobil

>>> Black Star Car Wash, Tempat Cuci Mobil Layaknya Klub Malam di Rusia

Jangan Lupa Bersihkan Interior

Namun bila mobil tak dikendarai setiap hari, jarak waktu pencucian bisa lebih lama lagi. Supaya cat mobil awet, selain sering cuci mobil Anda juga bisa melakukan waxing dan detailing. Tujuannya, membuat mobil tetap kinclong laiknya baru keluar dari show room. 

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk turut membersihkan bagian interiornya. Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan bagian dalam mobil agar kotoran yang menyelip disela-sela jok bisa ikut terangkat. 

Sesudahnya, Anda bisa mengelap bagian jok dan juga dasbor untuk memaksimalkan pembersihan mobil. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

08/10/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mencuci mobil dengan Sunlight, nyatanya banyak dipertanyakan oleh Netizen, apakah aman atau tidak? Mencari hal tersebut, Cintamobil.com merasa tergerak untuk menjawabnya.

Lihat juga

Perhatikan 4 Kesalahan Mencuci Mobil Sendiri Saat Di Rumah Saja

02/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Mencuci mobil sendiri saat di rumah aja bisa menjadi aktivitas mengasyikkan. Tapi ingat, ada beberapa kesalahan mencuci mobil sendiri yang harus Anda hindari.

Lihat juga

Amankah Mencuci Mobil dengan Air Hujan?

30/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Musim hujan masih berlangsung di negeri kita tercinta, artinya masih banyak mobil kotor karena kehujanan. Anyway amankah mencuci mobil dengan air hujan?

Lihat juga

Begini Cara Cuci Mobil untuk Menghilangkan Virus Corona

29/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Cuci mobil untuk menghilangkan virus corona sebaiknya dilakukan setelah Anda berpergian dengan menggunakan mobil tersebut. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil di mas apandemi Covid-19 seperti sekarang ini?

Lihat juga

Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Cuci Mobil yang Betul

30/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mencuci mobil menjadi salah satu kegiatan merawat mobil yang jamak dilakukan saat ngabuburit #DiRumahAja, ternyata begini cara mencuci mobil yang betul

Lihat juga
 
back to top