Plafon Mobil Model Sofa, Pilihan Modifikasi Simpel dan Mudah

30/03/2021

Perawatan dan service

2 menit

Seiring berkembangnya tren modifikasi mobil, tipe-tipe plafon mobil juga kian beragam. Yang cukup banyak diminati adalah plafon mobil model sofa.

Bagi pemilik mobil pribadi, memodifikasi merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan kecintaannya pada mobil. Nah, bagi Anda yang tertarik memodifikasi bagian interior mobil salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah penambahan plafon mobil model sofa

Sering kali pemilik mobil memang lebih fokus pada bagian luar mobil seperti body dan lainnya, ketimbang sisi dalam atau interior, termasuk plafon mobil. Seiring berkembangnya tren modifikasi mobil, tipe-tipe plafon mobil juga makin beragam. Yang cukup banyak diminati adalah plafon mobil model sofa. Selain itu, modifikasi bagian plafon mobil juga terbilang cukup mudah dan tidak terlalu banyak memakan biaya.

Plafon Mobil Variasi

Berbicara mengenai modifikasi plafon mobil, banyak sekali variasi bagian atas kabin mobil ini yang bisa dijadikan pilihan. Seperti yang disinggung sebelumnya, salah satu pilihan modifikasi plafon mobil adalah penambahan plafon mobil model sofa. Selain plafon model sofa, ada beberapa jenis modifikasi lain seperti menambahkan lampu LED, roof console box, sunroof, atau memberikan warna atau motif-motif tematik.

Gambar menunjukkan Plafon Mobil Model Sofa
Anda bisa mendapatkan berbagai referensi plafon mobil 

Plafon Mobil Xenia Lama 

Modifikasi di bagian plafon mobil lumrah dilakukan untuk jenis mobil apa pun. Tak terkecuali Daihatsu Xenia. Sebagai mobil yang cukup digemari di Indonesia, modifikasi pada unit seperti Xenia tidak terlalu sulit dilakukan.

Untuk tipe mobil seperti Xenia, pilihan yang mudah memang menggunakan plafon mobil sofa. Namun kembali pada selera dan kemampuan finansial yang Anda miliki. Selain plafon mobil sofa, ada beberapa pilihan modifikasi plafon mobil yang bisa Anda pilih pada tulisan sebelumnya. Sedangkan dari sisi harga tergantung dengan kualitas dan kondisi bahan yang dipilih.

>>> Rekomendasi Model Plafon Mobil & Cara Merawatnya

Harga Bungkus Plafon Mobil

Melanjutkan poin sebelumnya, jasa modifikasi plafon mobil memiliki harga yang variatif tergantung jenis dan kualitas yang digunakan. Sebagai contoh, untuk harga bungkus plafon mobil Avanza model sofa bisa mencapai Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000.

Jika menggunakan jenis kulit asli tentu lebih mahal, namun jika terkendala masalah dana, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan jenis kulit sintetis. Terkadang, bengkel juga menyediakan jasa modifikasi paket sekaligus pemasangan bungkus pada door trim, jok, ataupun dashboard. Tentu untuk yang satu ini Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Gambar menunjukkan Plafon mobil sofa

Ini contoh plafon mobil dengan modifikasi terbaru

Harga Plafon Mobil Avanza sebagai Acuan

Selain Daihatsu Xenia, tipe mobil lain yang cukup digemari adalah Toyota Avanza. Untuk harga modifikasi plafon mobil Avanza secara standar, tidak ada banyak perbedaan dengan Xenia. Selain desain interiornya yang mirip, modifikasi pada mobil seperti Xenia dan Avanza juga cenderung serupa. Seperti tambahan plafon gantung atau bungkus atau plafon sofa. Tak perlu khawatir karena ada banyak cara membuat plafon mobil yang bisa Anda jadikan inspirasi melalui referensi atau situs-situs mobil di Internet. 

Untuk mobil jenis Toyota Avanza, biaya penggantian plafon mobil berkisar Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 tergantung jenis bungkus plafonnya. Untuk plafon sofa mobil apabila terbuat dari kulit asli akan memakan biaya yang lebih mahal. Pemasangan plafon mobil sendiri tidak perlu memakan waktu yang lama, hanya berkisar 4-5 jam saja. 

Cara Membuat Plafon Mobil Sendiri

Apabila Anda tertarik untuk memodifikasi plafon mobil sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama tentu saja bujet atau biaya. Semisal untuk harga plafon mobil model sofa setidaknya bisa menghabiskan biaya minimal antara Rp 1.000.000 - Rp.2.000.000. Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan ialah konsekuensi dari modifikasi yang sudah Anda lakukan. Antara lain Anda harus lebih memperhatikan lagi kondisi atau kebersihan plafon mobil. Karena ketika Anda mengganti plafon mobil dengan plafon berbahan kulit atau sofa, tentu perawatan yang dibutuhkan berbeda dengan plafon mobil bawaan.

Contoh Plafon Mobil Modifikasi

Ada banyak jenis modifikasi plafon mobil yang bisa dijadikan pilihan. Yang pertama, seperti yang sudah sering disinggung sebelumnya, yakni menambahkan plafon mobil model sofa. Selain itu ada beberapa jenis modifikasi yang bisa Anda pilih. Apa sajakah?

Gambar menunjukkan plafon mobil

Membersihkan plafon mobil itu penting untuk kesegaran interior mobil

1. Menambahkan lampu LED

Yang pertama ialah menambahkan lampu LED di plafon mobil. Menambahkan lampu LED di bagian atas kabin ini, membuat tampilan interior mobil menjadi lebih stylist. Tentunya dengan catatan lampu LED yang dipilih tidak menggunakan warna cahaya yang terlalu tajam. Sebagai pendamping lampu LED, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan kreasi media akrilik. Secara umum, interior mobil sedari awal memang sudah memiliki lampu tambahan di bagian plafon kendaraan. Namun, adanya tambahan lampu LED membuat mobil Anda hadir dengan tampilan yang berbeda.

2. Roof console box

Selanjutnya, yang cukup sederhana adalah menambahkan roof console box. Pada bagian plafon mobil, Anda bisa menambahkan roof console box untuk menaruh barang-barang tertentu agar tidak memenuhi bagian dashboard mobil, seperti kotak tisu atau barang lainnya. 

3. Motif dan tema yang menarik

Untuk pilihan yang terakhir ini menyesuaikan dengan selera Anda sebagai pemilik. Seperti bagian eksterior, sisi interior ini bisa disesuaikan dengan karakter modifikasi yang diusung. Contohnya, bila Anda mengusung tema style ala-ala street racing Jepang, Anda bisa memodifikasi sentuhan motif-motif ala Jepang di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi plafon mobil dengan motif atau tema yang bernuansa dengan tokoh idola, band favorit, maupun klub sepak bola pujaan. 

Harga Plafon Mobil Xenia dan Referensinya

Gambar menunjukkan sebuah mobil Xenia

Mobil Xenia juga memiliki berbagai referensi untuk modifikasi

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, keduanya sama-sama merupakan jenis mobil yang digemari di Indonesia. Seperti Avanza, modifikasi plafon mobil pada Xenia juga tidak jauh berbeda. Dari sisi desain maupun harga keduanya hampir sama.

Untuk plafon mobil model sofa pada Xenia juga berkisar di angka Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 dan tentu saja tetap tergantung dengan jenis bungkus plafon yang Anda pilih, apakah kulit sintetis atau kulit asli.

Anda bisa mendapatkan berbagai referensi modifikasi plafon untuk menyegarkan tampilan interior mobil Anda. Tapi sekali lagi, pastikan untuk memperhitungkan budget yang dimiliki serta kesesuaiannya dengan tema keseluruhan mobil Anda.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana cara mengganti plafon mobil?
Untuk ganti plafon mobil lebih baik itu Anda datang ke bengkel untuk mechanic membantu Anda.
Warna plafon mobil itu ada apa saja?
Warna plafon mobil ini bervariasi, warna umum itulah hitam, merah, abu-abu, dll
Material model plafon mobil itu apa saja?
Anda bisa menemukan banyak material yang biasa digunakan pada plafon mobil atau interior lainnya. Namun, bahan pelapis interior bisa terbuat dari fabric, kulit sintetis, leather, dan suede.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top