Penelitian: Dibandingkan Saat Uji Coba, Mobil Habiskan Banyak Bahan Bakar di Jalan

Share this post:
Penelitian: Dibandingkan Saat Uji Coba, Mobil Habiskan Banyak Bahan Bakar di Jalan
Ketika sebuah perusahaan mengklaim uji coba bahan bakar dilakukan untuk mendapatkan efisiensi kendaraan, sebuah penelitian dari Australia menyebutkan pengujian bahan bakar tidak selamanya sesuai dengan kondisi berkendara di dunia nyata.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Otomotif Australia (AAA) menunjukan bahwa kendaraan paling efisien saat ini, termasuk hibrida, tak sehijau yang diklaim oleh pabrikan. Organisasi tersebut menguji 30 mobil dari semua ukuran dan jenis bahan bakar dalam kondisi dunia nyata, dan menemukan bahwa rata-rata 23% lebih banyak bahan bakar digunakan dibandingkan tes yang dilakukan di laboratorium.

pengujian mobil berwarna abu-abu

Pengujian disebut tidak sesuai dengan pengujian di kondisi berkendara sebenarnya

Dari sisi emisi, 11 dari 12 kendaraan diesel yang diuji gagal memenuhi peraturan, dengan satu kendaraan tidak mencapai sasaran dengan faktor tujuh dari sepuluh. Tidak disebutkan emisi dari bensin maupun kendaraan hibrida, juga tidak ada penelitian yang menyebutkan model atau produsen tertentu dengan nama tersendiri.

>>> 7 Kesalahpahaman Tentang Cara Menghemat Bahan Bakar

Argumen AAA menjelaskan bahwa produsen mobil membuat mobil hanya untuk memenuhi persyaratan laboratorium, yang bukan merupakan representasi yang tepat tentang kinerja kendaraan yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Organisasi tersebut menggunakan data yang dikumpulkan untuk mendorong pengujian dunia nyata di Australia sebagai bagian dari proses sertifikasi untuk kendaraan baru.

mobil berwarna hitam berkendara di salju

Produsen disebut harus memikirkan berbagai kondisi berkendara

>>> Review terbaru mobil bisa Anda dapatkan di sini

"Mobil-mobil populer di pasar Australia menggunakan hingga 59 persen lebih banyak bahan bakar daripada yang diiklankan dan mengeluarkan lebih dari tujuh kali batas hukum dari beberapa emisi berbahaya," kata Chief Executive AAA Michael Bradley. "Menjadi jelas bahwa ketika standar emisi semakin ketat, kesenjangan antara hasil laboratorium dan hasil dunia nyata semakin lebar, yang berarti konsumen dan lingkungan semakin ditipu.”

Pengujian dunia nyata dari AAA terdiri dari pengendaraan di sirkuit selama 90 menit, mencakup penggunaan di perkotaan, pedesaan, dan jalan raya. AAA mengatakan metode ini dapat diandalkan dengan varian rata-rata hanya tiga persen antara hasil tes pada kendaraan yang sama. Organisasi tersebut percaya biaya pengujian hanya $ 3 (Rp 42.000) per mobil.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

beberapa kendaraan di jalan raya

Efisiensi kendaraan ketika di jalan raya bisa berbeda dengan pengujian

Penelitian AAA disebut terinspirasi dari skandal emisi diesel besar-besaran yang dilakukan Volkswagen. Sementara emisi bisa dilihat dari pengendaraan jarak dekat, peringkat jarak tempuh bahan bakar masih menjadi subjek yang sulit di hampir setiap bagian dunia. Berbagai variasi suhu, kondisi berkendara, kualitas bahan bakar, gaya mengemudi, perawatan kendaraan, bahkan udara di ban memiliki efek luas dalam penghematan bahan bakar.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Perbedaan Tarif Bahan Bakar Minyak di Beberapa Negara Asia

17/01/2019

Pasar mobil

Pemerintah Indonesia akhirnya menurunkan tarif bahan bakar minyak Pertamax cs. Lalu, bagaimana perbedaan tarif bahan bakar kendaraan pada beberapa kota di Asia?

Lihat juga

Berapa Banyak Bahan Bakar yang Bisa Disimpan dengan Sistem Start Stop?

11/09/2018

Pengemudian

Disebut sebagai pembuangan dan memperburuk kinerja mesin, ternyata sistem start stop pada mobil memiliki peran penting untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi buangan mobil. Bagaimana caranya?

Lihat juga

Efektifkah Mencampur BBM untuk Mendapatkan Efisiensi Bahan Bakar?

Mencampur BBM biasanya dilakukan untuk mengejar nilai oktan. Namun, benarkah praktek ini sehat bagi mobil?

Lihat juga

Tips Mudik: Tips Menghemat Bahan Bakar dari Toyota

Toyota memberikan tips menghemat bahan bakar bagi kendaraan. Terlebih bagi Anda yang ingin mudik bersama keluarga, efisiensi bahan bakar memang menjadi salah satu masalah utama untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan selama perjalanan.

Lihat juga

Audi dan Hyundai Umumkan Kerjasama Pengembangan Teknologi Sel Bahan Bakar

23/06/2018

Pasar mobil

Audi AG dan Hyundai Motor Group mendorong kerjasama untuk pengembangan teknologi sel bahan bakar. Kedua perusahaan tersebut sepakat dalam perjanjian berbagi info tentang komponen-komponen produksi non-komptetitif.

Lihat juga