7 Kesalahpahaman Tentang Cara Menghemat Bahan Bakar

24/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
7 Kesalahpahaman Tentang Cara Menghemat Bahan Bakar
Hampir semua pemilik mobil suka kalau mobilnya irit. Beragam trik diterapkan untuk tujuan 'istimewa' tersebut. Tapi, tidak semua cara membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Alih-alih menghemat bahan bakar, trik yang dilakukan malah berujung pemborosan.

Foto indikator BBM pada mobil

Semua pabrikan berlomba menciptakan mobil paling hemat BBM

Mobil-mobil keluaran baru saat ini berlomba untuk menjadi siapa yang paling irit dan paling rendah biaya kebutuhan pengisian bahan bakarnya untuk menarik konsumen. Selain menggunakan mobil dengan sistem yang lebih hemat bahan bakar, Anda mungkin juga melakukan berbagai macam usaha yang katanya bisa menghemat bahan bakar lebih banyak meski tidak terlalu signifikan.

Tapi tahukah Anda kalau tidak semua tips hemat bahan bakar yang Anda dengar sepenuhnya benar? Berikut adalah salah paham dalam cara menghemat bahan bakar yang sebaiknya Anda tahu.

1. Mematikan mesin saat lampu merah

Tetap menyalakan mesin meski dalam keadaan istirahat memang memakan bensin namun jika di setiap lampu merah atau ketika macet Anda harus mematikan dan menyalakan mesin berulang-ulang maka yang bisa jadi korban adalah starter mobil Anda. Mengorbankan bensin tetap terpakai saat berada di lampu merah atau saat macet lebih baik dibandingkan mengorbankan starter Anda yang kalau rusak tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak.

2. Memanaskan mobil terlalu lama

Memanaskan mobil selama 15 menit tentunya juga menggunakan bahan bakar di mana sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan waktu selama itu untuk menyiapkan mobil. Mobil keluaran baru atau mobil dengan teknologi modern saat ini sudah bisa langsung digunakan beberapa detik setelah dinyalakan, asalkan tidak dibebani dengan AC atau komponen elektronik lain yang masih menyala atau tidak dimatikan sebelum mematikan mesin ketika terakhir digunakan. Dengan begitu Anda bisa menghemat bahan bakar dengan tidak membiarkan mobil menyala tanpa langsung digunakan di pagi hari.

3. Menggunakan bahan bakar kualitas premium

Ada yang bilang menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi atau bahan bakar berkualitas premium bisa membuat mesin Anda lebih efisien bahan bakarnya. Hal ini tidak selalu benar karena masing-masing mobil punya ketentuannya sendiri. Konsultasikan kepada layanan konsumen manufaktur mobil Anda, jenis bahan bakar apa yang paling pas dengan mobil yang Anda miliki. Menggunakan bahan bakar kualitas premium tidak selalu bisa meningkatkan kualitas performa mobil, bisa jadi Anda justru hanya membuang biaya yang tidak perlu untuk beli bahan bakar yang lebih mahal.

>>> Ada Banyak Faktor, Inilah 5 Hal Membuat Mobil Hemat Bahan Bakar

Foto mobil sedang mengisi bahan bakar

Pilih BBM yang sesuai dengan kompresi mesin

4. Putaran RPM mobil yang terlalu rendah

Memaju kendaraan dengan kecepatan yang tinggi memang bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Tapi jika terlalu rendah, penggunaan bahan bakar yang tidak perlu juga bisa terjadi. Pasalnya, mobil akan kehilangan torsinya dan membuat Anda harus menekan gas agar mobil mau bergerak. Pada momen inilah penggunaan bahan bakar justru jadi lebih banyak ketimbang Anda mempertahankan kecepatan yang moderat secara konstan.

5. Tekanan ban dibuat maksimal

Tekanan ban yang dimaksimalkan memang bisa membuat mesin jadi lebih enteng untuk dijalankan sehingga bahan bakar pun jadi lebih hemat penggunaannya. Tapi, tekanan ban yang melebihi standar yang direkomendasikan punya resiko tersendiri seperti misalnya pecah karena pemuaian, ban yang lebih mudah rata terutama di bagian tengah, dan cengkraman rem yang akan berkurang.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

6. Kecepatan tinggi yang instan

Menekan pedal gas dalam-dalam untuk menambah kecepatan mobil secara drastis akan membuat mobil menggunakan bahan bakar berlebihan yang sebenarnya tidak perlu. Jika Anda ingin menaikkan kecepatan, naikkan secara bertahap agar mesin bisa bekerja dengan lebih efisien.

7. Menggunakan alat penghemat BBM

Tidak ada penelitian akademis yang bisa membuktikan klaim berbagai macam alat penghemat bahan bakar yang beredar saat ini di pasaran. Bahkan beberapa macam dari alat tersebut bahkan bisa beresiko merusak mobil seperti misalnya menaruh cairan pada tangki BBM atau menempatkan perangkat elektronik pada mesin, dan sebagainya.

>>> Efektifkah Mencampur BBM untuk Mendapatkan Efisiensi Bahan Bakar?

Foto alat Penghemat BBM yang dijual di pasaran

Salah satu penghemat BBM yang dijual di pasaran

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bahan Bakar Premium Sudah Tidak Direkomendasikan Sejak 2003

14/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Mesin kendaraan pakai Bahan Bakar Premium tidak direkomendasikan sejak tahun 2003 silam. Tetapi kok masih ada aja masyarakat yang menggunakannya?

Lihat juga

Porsche Tengah Mencari Mitra untuk Kembangkan Bahan Bakar Sintetis

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Porsche meyakini bahwa kendaraan hibrida dan listrik tidaklah cukup. Oleh sebab itu pihaknya tengah mencari mitra untuk kembangkan bahan bakar sintetis.

Lihat juga

Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

10/08/2020

Pengemudian

4 menit

Pertamax dan Pertalite merupakan salah satu dari jenis BBM yang dijual oleh Pertamina. Tapi apakah Anda sudah mengetahui perbedaan Pertamax dan Pertalite?

Lihat juga

Cara menggunakan AC untuk Menghemat Bahan Bakar

20/11/2017

Perawatan dan service

8 menit

Menurut teman, manakah yang akan menghemat bahan bakar? Menggunakan AC atau membuka jendela? Banyak perdebatan yang terjadi dengan menggunakan AC mobil dan membuka jendela untuk mengurangi pemakaian bahan bakar. Salah satunya dilakukan oleh Shell FuelSave Fact or Fiction Report, sebuah penelitian tentang kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

Lihat juga
 
back to top