Modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec, Mengenang Masa Kecil

18/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec, Mengenang Masa Kecil
Modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec milik pria asal Australia ini cukup menarik. Karena semuanya menggunakan part Jepang dimana ia dahulu semasa kecil begitu mengaguminya.

James McCue masih ingat betul bagaimana 20 tahun lalu ia mengagumi mobil-mobil modifikasi dari Jepang. Karenanya, ketika kini ia sudah memiliki tabungan sendiri, sebuah persembahan modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec pun dia bangun dengan amat sempurna.

>>> Paket Modifikasi Toyota C-HR dari Artisan Spirits, Bikin Makin Ganteng

"Saya hanya ingin membuat sebuah mobil demo yang sangat kental modifikasi Jepang era 1990-an. Itulah mengapa semua yang ada di mobil ini menggunakan merek-merek Jepang juga," kata James.

1. Mesin Buat Trek dan Harian

Nissan GT-R R34 Engine

Banyak part tuner Jepang di ruang mesin

Fokus modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec lansiran 1999 ini memang berfokus pada sektor mesin. McCue ingin sekali membuat mobil yang bertenaga besar. Karenanya, mesin dari mobil yang ia beli enam tahun lalu itu pun mendapat modifikasi yang cukup berat.

>>> Ingin beli mobil baru Nissan lainnya? Cek promonya disini

Hal pertama yang ia lakukan pada mesin RB26DETT ini adalah memasang dua buah turbo. Hasilnya tentu sungguh mencengangkan. Saat melakukan track day di Sirkuit Philip Island, ia berhasil mendahului lawan-lawannya di trek lurus. "Namun ketika masuk di tikungan, muncul turbo lag. Saya pun tidak mampu menguasainya lagi," kata James.

Nissan GT-R R34 Turbo

Part HKS mendominasi

Untuk itulah, ia melakukan perombakan pada mesin standar di mobil ini. Pertama melakukan refresh blok mesin. Kemudian melakukan polish porting kepala silinder. Lalu memasang HKS Step Zero 2.8L stroker. Beberapa barang berlabel HKS juga cukup banyak terpasang di mesin. Seperti untuk valvesprings, cam gear, sampai gasket.

>>> Pilihan mobil bekas Nissan paling lengkap ada disini

Kemudian part racing lainnya yang terpasang antara lain Naprec oversized valve, Tomei camshaft, Koyo radiator, serta ARC intercooler. Sampai pada bagian belakang terpasang pipa knalpot Tomei yang diteruskan dengan Kakimoto Racing Exhaust.

2. Suspensi Full JDM

Nissan GT-R R34 Side

Suspensi dibuat lebih kokoh

Selain barang-barang di ruang mesin yang penuh dengan merek tuner-tuner Jepang, sistem kaki-kaki pada modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec ini juga masih didominasi brand Jepang. Diantaranya GReddy coilover, Cusco front Suspension, Nismo suspension, serta penggunaan pelek Volks Ray CE28.

Nissan GT-R R34 End

Dipakai untuk track day dan harian

Menanggapi hasil modifikasi Nissan Skyline GT-R R34 V-Spec berkelir biru itu, James merasa puas. "Sekarang mobil ini sangat fantastis. Responnya sangat cepat, dan memiliki tenaga super besar. Saya pun bisa mengendarainya kemana saja kapan saja," tutup James.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top