Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya
Jika mobil sulit distarter, selain kondisi kelistrikan pada aki yang lemah, bisa juga akibat dinamo starter yang rusak. Berikut ini beberapa tanda jika mesin mobil sulit menyala akibat kerusakan dinamo starter.

Sangat menjengkelkan jika ketika kita akan mulai beraktifitas di pagi hari, tiba-tiba jadi terhambat akibat mobil sulit distarter. Padahal kondisi aki mobil masih prima, atau bahkan baru saja diganti. Lantas apa penyebabnya?

>>> Mobil Bergetar Hebat? Mungkin Tanda Engine Mounting Rusak

Starter pada mobil memang memiliki peranan penting. Karena komponen ini berfungsi untuk menggerakkan dinamo mobil sehingga mesin mobil bisa bekerja seutuhnya. Tentunya starter bekerja dengan membutuhkan sumber listrik dari aki. Namun mobil sulit distarter bukan akibat hanya aki yang soak.

Periksa Dinamo Starter

contoh dinamo starter mobil

Selain aki, dinamo rusak juga jadi penyebab mobil sulit distarter

Jika mesin mobil sulit bekerja akibat starter tidak berfungsi, mungkin akibat kerusakan pada dinamo starter. Ciri utamanya adalah mesin tetap tidak mau menyala walau sudah distarter lebih dari 3 kali.

>>> Temukan mobil impian Anda disini

Kalau sudah seperti ini, sebaiknya hentikan memaksa starter mobil, karena nantinya akan membuat dinamo panas. Jika dinamo panas maka akan membakar komponen lainnya pada mesin. Sebaiknya beri jeda beberapa menit ketika mesin tidak bisa menyala jika sudah distarter tiga kali.

Kalau pada percobaan keempat mesin tak kunjung hidup, maka sebaiknya konsultasikan dengan bengkel resmi langganan Anda. Ada baiknya Anda mengganti dinamo starter yang rusak dengan dinamo baru.

Kondisi dinamo starter yang rusak bisa juga ditandai dengan munculnya suara-suara aneh, seperti "tek...tek...tek..." saat mesin distarter. Bunyi itu muncul akibat carbon brush pada bagian dinamo starter sudah habis. Jadi jika mobil sulit distarter dan muncul suara aneh saat di starter, bisa dibilang saatnya Anda melakukan servis atau penggantian dinamo starter.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

5 Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Perjalanan Mudik Lebaran

14/05/2019

Perawatan dan service

5 menit

Beberapa komponen mobil yang bisa rusak setelah perjalanan mudik Lebaran. Ini bisa karena waktu tempuh perjalanan yang terlalu lama, atau medan jalan yang dilalui sangat berat.

Lihat juga

Waduh, Tiba-tiba Mobil Goyang di Jalan

Masalah mobil goyang saat Anda sedang berkendara bisa dipicu oleh banyak sebab. Namun jika hal ini didiamkan, tentu akan membuat perjalanan jadi tidak nyaman bagi seluruh penumpang.

Lihat juga

Ada Risiko Buruk, Jangan Sering Menambahkan Oli Mesin Mobil

Ketika oli mesin mobil berkurang, Anda akan berinisiatif menambahnya dengan oli baru. Padahal dengan menambah oli baru artinya akan tercampur dengan yang lama. Ada risiko buruk jangka panjang bila terlalu sering menambahkan oli baru ke mesin.

Lihat juga

Review Peugeot 3008 2018: Penjaga Eksistensi Panji-Panji Singa Prancis

16/05/2018

Editor rate:

Absen selama 3 tahun lamanya, di bulan Maret 2018, PT. Astra International Peugeot Indonesia menghadirkan generasi terbaru dari Peugeot 3008. Bertameng lebih dari 35 penghargaan Internasional, mampukah Peugeot 3008 menelurkan prestasinya di Indonesia? Berikut ini review Peugeot 3008 2018.

Lihat juga

Daftar Harga Toyota C-HR & Promo terbaru November 2020

01/11/2020

Toyota

Pada tanggal 24 April 2019, PT. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan varian baru bagi C-HR dengan mesin hibrida. Toyota C-HR Hybrid 2019 sudah siap dinikmati oleh masyarakat Tanah Air, merasakan sensasi mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Berapa daftar harga Toyota C-HR terbaru?

Lihat juga
 
back to top