Mobil Bergetar Hebat? Mungkin Tanda Engine Mounting Rusak

16/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mobil Bergetar Hebat? Mungkin Tanda Engine Mounting Rusak
Satu tanda engine mounting rusak yang mudah dirasakan adalah Anda merasakan getaran cukup hebat saat mobil melaju atau ketika mesin sedang idle. Jika sudah seperti ini, maka penanggulangannya adalah mengganti komponen yang rusak tersebut.

Setiap mobil pasti memiliki mesin, dan saat mesin mobil tersebut bekerja, tentunya akan menghasilkan getaran. Namun sebagai pemilik mobil, getaran pada mesin yang bekerja itu ternyata tidak sampai dirasakan ke kabin mobil. Mengapa?

>>> Waduh, Kok Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Tengah Jalan?

Ternyata satu diantaranya akibat keberadaan engine mounting. Komponen inilah yang bertugas meredam getaran mesin sehingga tidak sampai dirasakan oleh pengemudi dan penumpang di kabin mobil. Namun tanda engine mounting rusak juga mudah untuk dikenali.

Fungsi Engine Mounting

Contoh engine mounting mobil

Engine mounting menghubungkan antara mesin dan sasis

Engine mounting merupakan komponen kendaraan yang bertugas untuk menjaga keseimbangan mesin mobil, atau bisa dikatakan sebagai pegangan mesin ke sasis. Sehingga ketika mesin bekerja dan menghasilkan getaran, bodi mobil harus tetap tenang tidak bergetar. Engine mounting inilah yang meredam getaran tersebut.

>>> Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?

Komponen ini berbahan dasar karet fleksibel namun memiliki kekuatan yang kokoh. Seperti halnya komponen lain dari sebuah kendaraan, engine mounting juga memiliki usia pakai. Dan jika sudah waktunya, komponen ini akan rusak serta harus diganti.

Tanda Engine Mounting Rusak

engine mounting juga memiliki usia pakai

Bunyi dan getaran tak wajar dari mesin pertanda engine mounting rusak

Ada beberapa ciri atau tanda-tanda jika engine mounting minta diganti. Pertama, saat mesin di starter biasanya akan terdengar bunyi "gludug-gludug". Hal itu dikarenakan karet engine mounting rusak atau sobek.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

Kemudian ketika mesin mobil sudah bekerja atau saat mesin idle, maka mesin akan terasa bergetar lebih hebat dari biasanya. Bahkan untuk mobil berpenggerak roda belakang, maka getaran mesin terasa lebih keras.

Begitupun saat melepas kopling, setelah memasukkan gigi persneling, mesin akan mengayun dan terdengar bunyi "dug-dug". Bahkan ketika melewati jalan kasar, akan terjadi ayunan pada mesin hingga terdengar bunyi dari engine mounting yang rusak.

Saat lepas gas pun juga akan terdengar suara "gludug gludug" dari ruang mesin. Hal tersebut tergantung dari seberapa parah tingkat kerusakannya. Jika tanda engine mounting rusak ini sudah Anda rasakan, maka sebaiknya lakukan servis di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda untuk dilakukan penggantian part yang rusak tersebut.

>>> Kumpulan tips & trik bermobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Transmisi Mobil

Transmisi di mobil ada dua, yakni manual dan otomatis. Fungsinya adalah meneruskan tenaga dari mesin menuju roda. Kedua transmisi ini bukan tanpa masalah. Umumnya masalah disebabkan oleh umur pemakaian dan kesalahan orang. Jadi pemilik mobil harus paham tentang perawatan dasar yang bisa dilakukan untuk menjaga gearbox berjalan dengan lancar. Berikut ini John Ibbotson, chief mechanic dari Consumer Report memberikan beberapa hal yang perlu teman ketahui tentang cara perawatan transmisi mobil.

Lihat juga

Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti

Melihat kartu servis atau kartu penggantian oli, melihat tanda pengganti oli di bagian dasbor, merasakan kondisi mesin dan melihat kondisi oli mobil melalui deep stick adalah cara termudah untuk tahu kapan kita harus mengganti oli mobil.

Lihat juga

6 Ciri-Ciri Turun Mesin Umum Yang Anda Perlu Diketahui

18/02/2018

Perawatan dan service

3 menit

Kondisi turun mesin atau yang lebih dikenal sebagai overhaul merupakan salah satu masalah serius yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda. Jika sampai menunjukan ciri-ciri mobil turun mesin, maka mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk memperbaiknya.

Lihat juga

Harga Datsun Go Cross 2017: Mobil Go Paling Tertinggi

23/10/2017

Editor rate:

Kembali hadir di pasaran otomotif Indonesia dengan mobil LCGC, Datsun rupanya sudah menyiapkan mobil jagoannya untuk segmen yang lebih tinggi, Datsun Go Cross. Bagaimana bentukan dan juga fitur yang ditawarkan oleh varian tertinggi dari Datsun Go ini? Silahkan membaca tulisan review Datsun Go Cross 2017 ini.

Lihat juga

Harga Suzuki Karimun 2021 : Harga mobil Karimun OTR & Promosi

01/01/2021

Suzuki

Mesin yang irit, ruang kabin yang lega dan harga terjangkau sudah menjadi bagian Suzuki Karimun Wagon R. Inilah daftar harga Suzuki Karimun Wagon R bulan ini.

Lihat juga
 
back to top