Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?

Share this post:
Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?
Hampir setiap pemilik mobil di Indonesia memiliki kebiasaan yang sama, yaitu memanaskan mesin mobil di pagi hari atau sebelum digunakan. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut, hanya saja seiring dengan kemajuan teknologi dalam mesin mobil ternyata membuat keharusan memanaskan mobil tersebut menjadi semakin berkurang. Jadi apakah memanaskan kendaraan masih perlu?

Saat ini banyak orang yang salah dalam memanaskan mobil di pagi hari. Sebenarnya tujuan memanaskan mesin di pagi hari adalah  membuat mesin bekerja pada suhu kerja 80-90 derajat  agar oli pelumas bersirkulasi dengan merata sebelum kendaraan digunakan. Namun banyak orang yang belum mengerti kepentingan dari perilaku itu.  Sekarang ini, dengan perubahan teknologi, kendaraan yang diluncurkan ke pasar saat ini sudah menggunakan teknologi fuel injection jadi  apakah memanaskan kendaraan masih perlu?

Ấp berwarna putih tebal keluar dari knalpot mobil

Memanaskan Mesin Pada Mobil, Perlu Atau Tidak?

Engineering Explained bahwa pemanasan mobil selama 15-30 detik perlu dilakukan jika suhu di luar ruangan dingin. Memanaskan mobil membuat fluid dari mesin bisa mengalir dengan lancar.
>>> Klik sini untuk membaca beberapa tips dan trik merawat mobil berguna lainnya

 

Namun jika memanaskan mobil di pagi hari sudah menjadi kebiasaan, ingatlah jangan terlalu lama, cukup 1 menit saja. Karena jika terlalu lama akan menimbulkan dampak negatif. Meskipun dalam kondisi stasioner mesin tetap mengkonsumsi bahan bakar dan membuang gas-gas yang berbahaya seperti HC, Nox,Co2.

Demikian penjelasan tentang perlunya memanasan mesin pada kendaraan. Semoga bermanfaat.
>>> Untuk tips dan trik pemakaian mobil maupun pengalaman lainnya, klik sini

Share this post:
 
back to top