Mobil Mewah Isi BBM 'Murah', Ini yang Terjadi

05/08/2022

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mobil Mewah Isi BBM 'Murah', Ini yang Terjadi
Harga BBM lagi tinggi-tingginya, di salah satu SPBU swasta contohnya, BBM Oktan 98 tembus Rp 20 ribu! Lantas bagaimana jika mobil mewah minum BBM lebih murah?

Harga BBM kini sedang tinggi-tingginya. Di salah satu Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) swasta contohnya, BBM dengan angka oktan 98 tembus Rp 20 ribu! Lantas bagaimana jika mobil mewah 'dipaksa' minum BBM murah yang harganya lebih terjangkau?

Kenapa Tes Ini Kami Lakukan?

Sebagai pemilik mobil mewah yang finansialnya kuat, hampir dipastikan tidak ada masalah bagi Anda untuk mengisi mobil Anda dengan jenis BBM terbaik. Namun, hal tersebut akan menjadi masalah bila Anda melakukan plesiran ke luar kota dengan mobil kesayangan.

BMW baru isi Pertamax

Mobil mewah isi BBM murah?

Sebab, tidak semua daerah di Indonesia Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU)-nya sudah siap menyediakan BBM dengan oktan tinggi. Semisal Pertamax Turbo yang nilai oktannya 98, maupun SPBU Swasta semisal BP, SHELL, MOBIL1 dan sebagainya yang penyebarannya belum merata.

Mesin B46 BMW 320i

Bagaimana performanya saat diisi BBM murah?

Hal ini Cintamobil.com alami saat kami mengajak BMW 320i Dynamic plesiran ke luar kota. Beberapa kali kami harus deg-degan karena sulit sekali menemukan SPBU yang menjual BBM sesuai rekomendasi mobil mewah ini, padahal indikator BBM sudah menyala di panel instrumen.

>>> 10 Mobil Rakitan 2012 Boleh Minum Pertalite & Solar Busuk, Rekomendasi Cintamobil

BMW Seri 3 G20 Jadi 'Kelinci' Percobaan

Maka sekalian saja kami tes. Bagaimana jika sedan kompak asal Bavaria, Jerman yang juga rival dari Mercedes-Benz C-Class ini kami isi dengan BBM Murah dengan harga yang lebih ramah kantong, yakni Pertamax dengan nilai oktan 92.

BMW 320i Dynamic G20

BMW Seri-3 G20 kami jadikan kelinci percobaan saat tes BBM murah

Tentunya kami tidak asal dalam melakukan tes ini. Tadinya kami ingin cek via buku manual, berapa oktan minimal yang dibutuhkan oleh mobil ini agar bisa berjalan. Sayangnya kami tak menemukan buku manual di dalam mobil ini.

Octane Sign BMW G20 320i

Di tutup tangki bensinnya menunjukkan ia bisa minum BBM Oktan 91

Lalu kami teringat saat membuka tutup bensin mobil ini. Di sana tertera angka oktan yang direkomendasikan untuk BMW seri-3 ini, yaitu Research Octane Number (RON) 95. Tetapi di situ juga tertulis minimal RON 91, yes berarti mobil ini masih bisa nenggak Pertamax. Langsung kami isi BBM RON 92 ke tangki yang telah nyaris kosong tersebut ke mobil ini. Baca juga Mobil BMW 3 Series bekas

>>> Mepet Harga Pertamax Turbo, Harga BBM Shell Turun Per Hari Ini

Metode Pengetesan

Dalam melakukan pengetesan, kami lakukan secara normal. Artinya menggunakan kecepatan rata-rata baku, yakni 22 km/jam untuk dalam kota dan 90 km/jam untuk rute tol. sesuai standar Cintamobil.com melakukan pengujian konsumsi BBM. Demikian juga tes akselerasi kami pakai alat berbasis GPS.

Tim Cintamobil.com tes BMW Seri 3 G20

Tes pun dilakukan setelah isi BBM Murah ke dalam tangkinya

Mungkin Anda bertanya mengapa kecepatan rata-rata yang kami gunakan adalah 22 km/jam dan 90 km/jam. Angka tersebut kami ambil karena sepanjang kami melakukan pengujian mobil baru, rata-rata mobil berjalan di dalam kota yang penuh kepadatan lalu lintas maupun tol, itu averge speed-nya ada di angka tersebut.

Bagaimana Hasilnya?

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Menggunakan Pertamax di rute dalam kota maupun tol ia mampu sedikit lebih irit dari Pertamax Turbo. Hasil yang beda tipis ini kami perkirakan karena kondisi lalu lintas dan juga kelembaban dan suhu udara yang berbeda.

BMW 320i warna merah

Hasilnya cukup mengejutkan

Konsumsi BBM BMW Seri-3 ini juga enggak mengecewakan. Hasil tes kami di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam angkanya tembus 10,1 km/l (Pertamax) dan 9,9 km/l (Pertamax Turbo). Sementara di tol dengan average speed 90 km/jam hasilnya 22,3 km/l (Pertamax) dan 21,3 km/l (Pertamax Turbo).

Active Kidney Grille BMW Seri 3

Saat pakai BBM Murah Active Kidney Grille ini lebih sering membuka...

Meski mesin berkode B48 dengan kapasitas 1,998 cc 4-silinder segaris bertenaga 184 HP dan torsi 300 NM ini mampu menunjukkan supremasi optimumnya saat pakai Pertamax Turbo. Berakselerasi dari 0-100 km/jam ada di angka 8,1 detik (Pertamax), dan 7,5 detik (Pertamax Turbo). Tapi meski hasilnya baik, kami tetap merekomendasikan Anda untuk pakai BBM yang sesuai dengan kebutuhan dan rekomendasi mobil yang Anda gunakan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top