Sembarangan Memilih Sarung Mobil Bisa Bikin Bodinya Lecet

03/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Sembarangan Memilih Sarung Mobil Bisa Bikin Bodinya Lecet
Sarung mobil berfungsi untuk melindungi cat dari paparan langsung sinar matahari dan hal lainnya. Tapi saat memilih tak bisa sembarangan agar tak mudah lecet.

Memarkir mobil di luar rumah tak bisa sembarangan. Ada baiknya untuk melindunginya secara ekstra agar tak lecet dan kondisinya tetap mulus. Salah satu caranya adalah menggunakan car cover atau sarung mobil. 

Sarung mobil sendiri memiliki beberapa tipe. Untuk itu, Anda harus memilih yang pas supaya kondisi catnya bisa tetap kinclong. Salah memilih sarung mobil bisa-bisa membuat cat mobil tergores lho!

>>> Meski Sederhana, Sarung Mobil Memberi Manfaat Cukup Besar

Tipe Sarung Mobil

Mengutip Motor Biscuit, Senin (3/8/2020), setidaknya ada dua tipe sarung mobil, yakni untuk penggunaan indoor dan juga outdoor. Sarung mobil dengan peruntukan indoor biasanya terbuat dari material yang lebih ringan dan ukurannya pas menyesuaikan bodi mobil seperti satin ataupun polypropylene. 

Fungsi utamanya adalah melindungi mobil dari debu dan kotoran lainnya di garasi mobil. Namun perlu dicatat, tak biasanya sarung mobil peruntukan indoor tak punya proteksi lebih terhadap sinar matahari langsung. 

Memilih sarung mobil

Pilih yang pas agar mobil Anda terlindung sepenuhnya

Di sisi lain, sarung mobil peruntukan luar ruangan bertujuan untuk melindungi kendaraan Anda yang terparkir di luar. Biasanya sarung mobil tipe ini lebih tahan akan pancaran sinar matahari dan juga hujan. Versi mahalnya bahkan terdapat lapisan bulu sehingga lebih lembut dan tak merusak cat mobil. Namun ada juga ditemukan sarung mobil yang justru tak resisten terhadap air maupun panas. 

>>> Pengaruh Buruk Sinar Matahari UV pada Pengemudi dan Cara Mencegahnya

Pilih yang Pas dengan Ukuran Bodi Mobil

Meski fungsi utama sarung mobil adalah untuk melindungi kendaraan, tapi tak sedikit pula yang justru merusak cat mobil Anda. 

Satu hal yang pasti adalah memilih sarung mobil paling tepat dan pas, sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Sarung mobil indoor biasanya lebih pas di bodi mobil, sementara versi outdoor cenderung lebih longgar karena material yang digunakan. 

Memilih sarung mobil

Bisa juga digunakan di dalam ruangan

Alasan lain mengapa harus memilih sarung mobil berukuran pas adalah apabila secara tak sengaja tertiup angin, ada potensi material di sarung mobil menggores cat. Atau bila penutup terlalu longgar, mungkin saja terbang terbawa angin sehingga mobil Anda sama sekali tak terlindungi. 

Saat mobil terparkir di luar ruangan, hujan mungkin saja turun dan terjebak di balik sarung mobil. Walhasil bisa membahayakan cat. Untuk itu, carilah sarung mobil yang masih bisa bernafas. Penting juga diperhatikan saat memilih sarung mobil tahan air. Memang air tak akan tembus ke cat, tapi air justru terjebak dan juga berisiko merusak cat. 

Maka dari itu, lakukan riset sebelum membeli sarung mobil. Pastikan juga ukurannya pas dan pilih sesuai penempatan parkirnya. 

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

01/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Pilihan bahan sarung jok mobil yang banyak digunakan oleh pemilik kendaraan adalah bahan kulit asli dan bahan kulit sintetis. Apa saja perbedaan kedua bahan ini?

Lihat juga

Ingin Ganti Gaya? Bisa Dengan Mengganti Sarung Jok Mobil Toyota Rush Anda

21/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Toyota Rush selalu menjadi pilihan kendaraan dengan kenyamanan di segala kondisi jalan. Untuk memberikan warna baru dalam kabin Anda, Anda bisa mengganti sarung jok Toyota Rush Anda dengan warna baru dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong.

Lihat juga

Tips Memilih Sarung Mobil Biar Terproteksi Sempurna

24/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Walau kesannya sepele, namun memilih sarung mobil tidak bisa sembarangan. Hal ini agar sarung mobil dapat melindungi kendaraan Anda dengan sempurna baik saat hujan maupun panas. Yuk pilih-pilih sarung mobil yang baik!

Lihat juga

Meski Sederhana, Sarung Mobil Memberi Manfaat Cukup Besar

Sarung mobil bukan sesuatu yang istimewa bagi banyak orang. Barangnya mudah didapat di toko perlengkapan mobil, harganya juga cukup terjangkau. Tapi tahu tidak kalau piranti satu ini ternyata memberi manfaat besar dalam melindungi mobil dari berbagai hal tak menyenangkan.

Lihat juga

Tips Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

28/07/2020

Pengemudian

5 menit

Berikut ini tips Cintamobil.com menganai cara mengatur barang bawaan di bagasi mobil khususnya jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan bersama keluarga.

Lihat juga
 
back to top