Meski Sederhana, Sarung Mobil Memberi Manfaat Cukup Besar

Share this post:
Meski Sederhana, Sarung Mobil Memberi Manfaat Cukup Besar
Sarung mobil bukan sesuatu yang istimewa bagi banyak orang. Barangnya mudah didapat di toko perlengkapan mobil, harganya juga cukup terjangkau. Tapi tahu tidak kalau piranti satu ini ternyata memberi manfaat besar dalam melindungi mobil dari berbagai hal tak menyenangkan.

Bagi banyak orang mobil adalah barang yang sangat bernilai. Tidak hanya harganya yang mahal yang tak semua orang bisa memiliki, mobil juga membantu meningkatkan status sosial. Dari sisi fungsional mobil juga banyak membantu mobilitas dan aktifitas sehari-hari. Wajar bila keberadaannya sangat diperhatikan. Mobil dirawat dengan sebaik mungkin agar selalu bersih, kinclong, tidak rusak dan dilindungi agar tidak hilang.

Foto mobil dilindungi menggunakan sarung mobil

Sarung mobil melindungi mobil dari berbagai kotoran

Salah satu cara yang sering dilakukan pemilik adalah melindungi menggunakan sarung mobil. Terlihat sederhana, namun cara ini sangat berguna. Sarung mobil bisa didapat di toko perlengkapan mobil atau dibeli lewat toko online dengan harga bervariasi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung bahan, model dan warnanya. Mengutip laman resmi Wuling Motors, berikut 3 manfaat sarung mobil.

1. Mencegah pencurian

Idealnya mobil paling aman adalah diparkir di garasi. Selain tidak mengganggu pengguna jalan lain mobil di garasi lebih terlindungi dari teriknya matahari atau kehujanan. Selain itu mobil juga lebih aman dari tindak kejahatan orang tak bertanggung jawab seperti pencurian dan sebagainya. Namun, yang namanya kejahatan tetap kejahatan. Seperti pencuri yang hendak melakukan pencurian tidak akan peduli mobil mau disimpan dimana. Asal ada kesempatan niat buruknya pasti dilakukan. Meski tidak sekuat gembok atau kunci setir, sarung mobil paling tidak bisa menyulitkan pencuri untuk mengintip bagian dalam mobil atau mencongkel pintu mobil.

>>> Jaga Mobil Anda dari Maling dengan 4 Sistem Keamanan Tambahan ini

2. Menghindari kotor dan lecet

Foto mobil VW diparkir diselimuti sarung mobil

Parkir berjamaah berpotensi membuat mobil lecet-lecet

Banyak hal bisa menyebabkan mobil menjadi kotor dan lecet seperti debu, dedaunan dan ranting pohon, kotoran hewan dan yang lain. Lecet juga mungkin terjadi seperti di parkiran umum yang disediakan bersama sekelompok warga dimana mobil diparkir berdekatan. Mobil mungkin saja lecet tergores kendaraan lain atau pintu mobil di samping kita yang terbuka. Tentu hal-hal tersebut tidak menyenangkan, apalagi mobil habis dicuci bersih dan masih kinclong dari lecet. Dengan menggunakan sarung mobil hal-hal tersebut bisa dihindari.

3. Menjaga kondisi cat mobil

Mobil terawat bisa dilihat dari catnya yang masih sempurna kiclong seperti saat dikirim dari dealer. Namun banyaknya hal yang terjadi saat dijalan raya maupun diparkir seperti kehujanan, kepanasan, kedinginan atau terkontaminasi berbagai kotoran membuat cat lama-kelamaan memudar. Solusi paling mudah dan sederhana mengantisipasi hal tersebut adalah membungkus menggunakan sarung mobil saat diparkir. Untuk hal ini tentu harus dipilih ukuran yang sesuai dan bahan yang berkualitas dan kedap air agar tidak ada cipratan yang menembus masuk menciptakan kelembaban.

>>> Simak 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar!

Foto Mobil kinclong tampak dari depan

Sarung mobil menjaga mobil tetap kinclong

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan, Hilangkan Dengan 4 Cara Ini

Salah satu faktor keselamatan berkendara adalah adanya area pandang atau visibilitas yang baik. Kaca mobil berembun di saat hujan bisa menjadi masalah sebab bisa membuat visibilitas pengemudi terganggu. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa ditangani dengan mudah asal Anda tahu caranya.

Lihat juga

Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Meski kelihatan mudah, mendongkrak mobil tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan dengan tepat agar memberikan hasil maksimal serta terhindar dari berbagai dampak buruk yang mungkin terjadi.

Lihat juga

Cara Mudah dan Cepat Menyingkirkan Jamur pada Kaca, Bodi, dan Jok Mobil

Masalah jamur pada mobil bukan hanya berkaitan dengan penampilan, tapi aspek lain yang dapat mempengaruhi keselamatan Anda. Misalnya, jamur pada kaca mobil dapat menimbulkan gangguan visibilitas ketika Anda mengemudi, lebih-lebih di malam hari. Karenanya, menyingkirkan jamur harus segera dilakukan sejak dini!

Lihat juga

8 Cara Terbaik Untuk Melindungi Mobil Dari Cuaca Panas

Musim panas sudah datang dan semua orang menglami kepanasan yang luar biasa. Bukan hanya manusia, ternyata mobil juga terpengaruh. Lalu, bagaimana melindungi mobil dari cuaca panas yang mencajadi musuh utama cat dan komponen mobil?

Lihat juga

Tips Melindungi Mobil dari Hujan agar Mobil bisa Awet dan Tahan Lama

Dengan musim hujan yang sekarang sedang terjadi di Indonesia, melindungi mobil dari hujan merupakan salah satu cara menjaga mobil agar awet dan tahan lama. Mempunyai garasi merupakan perlindungan yang paling efektif bagi mobil agar tidak terkena hujan. Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki garasi? Bagaimana cara menjaga mobil dari cuaca lembab dan hujan?

Lihat juga