Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh

16/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh
Berbeda dengan mobil dengan powertrain motor bakar konvensional, untuk simpan mobil hybrid dan elektrik ternyata Anda tidak boleh isi baterai sampai penuh...

Pada masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang ini, orang pada umumnya mematuhi aturan tersebut dengan cara #StayHome alias di rumah saja. Otomatis, pada masa ini pula mobil yang biasanya digunakan untuk wira-wiri harian hanya terparkir di garasi. Kami sudah menulis beberapa tips mengenai merawat mobil saat disimpan, namun ternyata untuk simpan mobil hybrid dan elektrik, tidak boleh dalam keadaan baterai terisi penuh.

Hybrid Dan Listrik Beda Perlakuan

Foto tampak samping Toyota Camry 2.5 Hybrid 2016

Menyimpan mobil hybrid berbeda dengan mobil konvensional

Hal ini kontras bila dibanding mobil bermesin motor bakar konvensional, yang disarankan agar volume BBM di tangki dalam posisi penuh. Sedangkan untuk mobil hybrid dan elektrik malah enggak boleh isi baterai sampai penuh. "Memang kalau mau lebih awet bisa dilakukan dengan memastikan saat level atau tanda Bar battery itu di separuh, saya contohkan kalau di Camry Hybrid di  empat bar warna hijau," buka Suparno seorang battery hybrid specialist kepada tim Cintamobil.com.

>>> Diawali Prius, Toyota Sudah Jual 15 Juta Mobil Hybrid di Dunia

Lakukan Tips Ini Agar Baterai Hybrid Mobil Anda Tetap Awet

Foto emblem Hybrid Synergy Drive

Sistem Hybrid Synergy Drive pintar

Lebih lanjut pria yang buka workshop di bilangan Kunciran Indah, Kecamatan. Pinang, Kota Tangerang ini juga menambahkan, "Cara mengisi atau charger baterainya itu dilakukan saat level masih dua bar warna ungu, lantas posisikan kendaran tetap hidup ready (stick transmisi pada posisi P), maka secara otomatis engine akan menyala dan battery hybrid akan terisi," lanjut pria yang bekerja di Auto2000 Cilandak ini.

Foto indikator baterai Toyota Camry 2.5 Hybrid 2016

Saat indikator baterai ada di posisi dua bar, mesin akan otomatis menyala

>>> Aki Mobil Hybrid Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil Hybrid Yang Benar

Ketika mesin dengan otomatis akan mengisi dan saat battery ada di level empat bar maka secara sistem engine akan otomatis dimatikan, "Nah kalau mesin sudah mati, baru deh mobil dimatikan dengan cara tekan tombol start stop button," tambah Suparno. Baterai hybrid yang diposisikan tidak penuh alias hanya setengah ini dimaksudkan agar usia sel baterai menjadi lebih awet jadi tidak menimbulkan masalah ketika simpan mobil hybrid dan elektrik.

Foto indikator Toyota Camry 2.5 Hybrid 2016

Ketika posisi baterai sudah di empat bar maka boleh matikan mesin

Sebenarnya secara sistem, dalam kondisi normal pun sebenarnya baterai tidak akan bisa full, atau pasti disisakan dua atau tiga bar pada indikator. "Baterai baru bisa benar-benar full sampai battery level di atas itu biasanya terjadi saat jalan menurun dan kosong contoh dari puncak ke bawah atau misal arah Bandung dan turunan itu baru bisa full," jelas pria berkacamata ini. Hal tersebut lantaran sistem memperhitungkan mobil melakukan regenerative braking.

Foto sistem keyless entry Toyota Camry 2.5 Hybrid 2016

Tekan tombol biru itu untuk mematikan powertrain mobil hybrid

Jadi itulah hal yang harus diperhatikan ketika Anda hendak simpan mobil hybrid dan elektrik di rumah Anda ketika menjalani masa PSBB. Pastikan mengikuti anjuran dari kami ini agar kondisi baterai di mobil hybrid atau bahkan mobil listrik Anda awet. Ingat, melakukan penggantian baterai pada mobil hybrid itu tidak mudah dan bakal menguras kantong Anda, misalnya untuk Toyota Camry Hybrid itu biaya penggantian baterai dapat mencapai Rp50 juta.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil kesayangan Anda ada disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Aki Mobil Hybrid Soak? Begini Cara Jumper Aki Mobil Hybrid Yang Benar

12/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

PSBB di beberapa kota besar bikin kegiatan sebagian orang menjadi di rumah saja, jika kebetulan aki soak, begini cara jumper aki mobil hybrid yang benar

Lihat juga

Solusi Ganti Baterai Mobil Hybrid yang Lebih Murah dari Bengkel Resmi

28/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Penggantian baterai mobil hybrid memang mahal, bahkan menyentuh angka hampir Rp50 juta. Berikut ini kami berikan solusi ganti baterai mobil hybrid yang lebih murah dari bengkel resmi

Lihat juga

Pabrik Baterai Toyota dan Panasonic Mulai Produksi 1 April 2020

05/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota dan Panasonic resmi menyepakati kerjasama mendirikan pabrik patungan khusus memproduksi baterai mobil listrik. Pabrik bakal beroperasi mulai 1 April 2020

Lihat juga

Pertama Kali di Dunia VW Ciptakan Robot Pengisi Baterai Mobil Listrik

30/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Era elektrifikasi makin mudah, Volkswagen tengah mengembangkan robot pengisi baterai mobil listrik yang bisa mengisi baterai tanpa campur tangan manusia.

Lihat juga

Penelitian: Kemampuan Baterai Mobil Listrik Menurun 2,3 Persen per Tahunnya

19/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan baterai mobil listrik memiliki kecenderungan menurun setiap tahunnya. Apa sajakah penyebabnya?

Lihat juga
 
back to top