Diawali Prius, Toyota Sudah Jual 15 Juta Mobil Hybrid di Dunia

04/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Diawali Prius, Toyota Sudah Jual 15 Juta Mobil Hybrid di Dunia
Sejak pertama kali memperkenalkan mobil Hybrid ke pada pertengahan 1990-an, Toyota sudah menjual mobil ramah lingkungan itu sebanyak 15 juta unit, dengan Eropa jadi pasar terbesar.

Sejak memperkenalkan Prius pada akhir dekade 90an, Toyota menjadi salah satu pabrikan paling besar untuk urusan elektrifikasi hybrid. Dan setelah lebih dari dua dekade mobil ramah lingkungan itu beredar di pasaran, sudah 15 juta unit mobil hybrid Toyota yang terjual.

>>> Toyota Prius PHEV resmi dijual di Indonesia

Empat generasi Toyota Prius, mobil hybrid pertama Toyot

Prius merupakan model hybrid pertama yang diperkenalkan Toyota

Dari angka tersebut, hampir seperlima (2,8 juta) unit terjual di Eropa, dengan Britania Raya menjadi pasar terbesar dengan penjualan mobil hybrid sebanyak 356.000 unit. Untuk saat ini, penjualan mobil hybrid Toyota di Inggris sudah mencapai 2/3 dari angka penjualan line-up Toyota keseluruhan di Inggris.

Bukan Prius, tapi Yaris jadi model paling laris

Prius boleh saja berbangga diri sebagai mobil hybrid Toyota, namun baru-baru ini Yaris menjadi model hybrid dengan penjualan terbanyak sepanjang musim dingin. Dan bukan tidak mungkin angkanya akan terus naik seiring dengan generasi terbaru yang diperkenalkan tahun lalu.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Hadir dengan teknologi hybrid electric system generasi keempat, Toyota mengklaim Yaris hybrid menawarkan kapabilitas nol-emisi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Tak heran Toyota sangat serius menggarap Yaris terbaru di pasar Eropa, bahkan sampai ada 3 model untuk dipasarkan di sana.

Toyota Yaris hybrid keluaran tahun 2020

Saat ini, Toyota Yaris jadi model hybrid paling laris di Inggris

“Di Eropa, Britania Raya menjadi salah satu pasar paling kuat untuk mobil hybrid Toyota dengan kumulatif penjualan 356.630 sampai akhir Maret 2020. Ini telah dicapai selama 20 tahun sejak debut Toyota Prius pada pergantian millenium.

“Dengan penjualan yang meningkat seiring dengan bertambahnya model baru dari Toyota, diimbangi dengan peningkatan performa dari teknology hybrid. Yang pada akhirnya menawarkan lebih banyak pilihan, emisi lebih rendah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.”

Siapkan 40 model elektrifikasi baru sampai 2025

Perjalanan mobil hybrid Toyota dimulai dari 25 tahun lalu, saat tim yang dipimpin Takeshi Uchiyamada ditugaskan untuk mendevelop mobil ramah lingkungan untuk abad ke-21. Hasilnya adalah Toyota Prius, yang debut tahun 1997, meski baru diperkenalkan di Eropa tiga tahun berselang.

>>> Selalu update kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

Lebih dari dua dekade berselang, Toyota setidaknya sudah menjual 15 juta mobil hybrid, dan secara estimasi telah mengurangi emisi CO2 sampai 120 juta ton jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini dapat tercapai karena saat ini sistem Hybrid andalan Toyota sudah mengadopsi teknologi generasi keempat.

Sistem hybrid terbaru yang dipakai di Toyota Yaris

Sampai saat ini, sudah ada empat generasi teknologi hybrid yang dibuat Toyota

Toyota mengatakan mobil hybrid merupakan bagian dari masa depan mobil, selain mode battery-electric vehiclesl (BEV), plug-in hybrid (PHEV), dan hydrogen fuel-cell vehicles (FCEV). Pabrikan Jepang itu berencana menawarkan 40 atau lebih model mobil elektrifikasi pada 2025, dengan setidaknya 10 mobil nol-emisi, baik itu BEV atau FCEV.

“Tentu saja, kami harus bekerja keras untuk meningkatkan performa baterai dan mengurangi biaya produksi BEV, yang sedang kami lakukan saat ini. Namun, kami juga harus memiliki rencana lain sebelum akhirnya masalah terkait produksi BEV dan FCEV teratasi. Sementara itu, kami akan melanjutkan fokus kami pada HEV.”

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Toyota Launching Tiga Mobil Listrik di Cina, Satu Masuk Indonesia?

03/05/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota tengah serius menggarap pangsa mobil listrik di Cina, pabrikan Jepang itu memperkenalkan tiga model sekaligus pekan ini, yakni Toyota CH-R EV, IZOA EV, dan Lexus UX300e.

Lihat juga

Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

03/05/2020

Mobil baru

8 menit

Di tengah pandemi Covid-19 yang mempengaruhi peluncuran mobil baru di Indonesia, Toyota menyiapkan beberapa line-up model yang siap dihadirkan di Indonesia. Lima di antaranya sangat kami tunggu, meski baru sebatas rumor.

Lihat juga

Setelah Yaris Cross, Toyota Siapkan SUV Berbasis Corolla

01/05/2020

Mobil baru

5 menit

Setelah peluncuran Yaris Cross beberapa hari lalu, muncul spyshot sebuah SUV Toyota yang sedang melakukan tes di Thailand. Kemungkinan, mobil tersebut berbasis Corolla.

Lihat juga

Toyota Patenkan Nama Urban Cruiser Untuk Rebadging Vitara Brezza

28/04/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota sudah menemukan nama untuk mobil hasil rebadging Suzuki Vitara Brezza facelift, pabrikan Jepang itu telah mematenkan nama Urban Cruiser untuk sang SUV kompak.

Lihat juga

Dapat Restu, Mobil Listrik Toyota Akan Diproduksi di Thailand

24/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Motor Corp telah memperoleh persetujuan resmi dari Dewan Investasi atas rencananya untuk memproduksi mobil listrik Toyota dan hibrida plug-in di Thailand.

Lihat juga
 
back to top