Lebih Baik Reparasi Pelek Atau Beli Baru?

Share this post:
Lebih Baik Reparasi Pelek Atau Beli Baru?
Ketika sedang melaju kencang dan melindas lubang, ada risiko pelek mobil menjadi rusak. Entah itu peyang, retak atau pun pecah. Lantas lebih baik reparasi pelek atau beli baru?

Peran pelek saat ini juga berfungsi untuk mempercantik tampilan mobil terlebih dengan pilihan di pasar aksesoris yang semakin beragam. Umumnya pemilik mobil tidak puas dengan tampilan atau ukuran pelek standar pabrik. Sehingga mereka berusaha mengganti dengan pelek yang berdiameter lebih besar. Penggunaan pelek besar ini tentu berdampak pada penggunaan ban yang dindingnya semakin tipis.

>>> Banyak pilihan untuk memilih ban berdasarkan tipe mobil

Ada konsekuensi dari pemakaian ban berdinding tipis. Seperti kemampuan peredaman ban menjadi lebih kecil. Sehingga saat melindas lubang atau gundukan, ban tidak banyak meredam dan langsung diteruskan ke pelek. Akibatnya ada kemungkinan pelek menjadi korban seperti baret, peyang, retak bahkan sampai pecah. Walaupun kerusakan pelek ini bisa juga terjadi pada pelek standar pabrikan jika menghantam lubang dengan sangat keras.

Pelek retak bisa diperbaiki

Pelek retak bisa diperbaiki pada bengkel spesialis reparasi pelek meskipun ada risiko

Ketika pelek rusak, ada dua pilihan yang bisa dilakukan yakni beli baru atau reparasi pelek. Tentunya biaya yang dikeluarkan berbeda antara keduanya. Bila kerusakan hanya sebatas baret atau hanya merusak tampilan saja, tidak jadi persoalan Anda melakukan reparasi pelek. Lain halnya jika pelek sampai peyang karena hal ini mempengaruhi keseimbangan rotasi pada ban. Bahkan jika pelek depan yang peyang bisa mempengaruhi pengendalian seperti setir yang bergetar ketika mobil berjalan. Risiko besar pun menanti jika pelek sampai retak atau pecah.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Memang reparasi pelek menjadi cukup banyak pilihan orang karena biaya yang lebih murah. Selain itu bila yang rusak hanya satu pelek, tidak ada penjual yang hanya menjual satuan. Namun secara umum bisa dikatakan segala kerusakan pelek dapat diperbaiki. Jika hanya baret cukup dengan mengampelas luka goresan dan bisa dihilangkan. Setelah itu lapisan tersebut dicat ulang atau polished sesuai finishing asli pelek.

Pelek yang bengkok karena benturan juga bisa diperbaiki

Benturan ketika melindas lubang dengan kecepatan tinggi bisa merusak pelek

Jika pelek mobil Anda penyok, gompal atau retak, bagian yang rusak bisa ditambah dengan bahan aluminium. Anda bisa mencari bengkel spesialis reparasi pelek yang bisa menambal dan menyatu dengan material asli pelek. Perlakuan berbeda justru bila kondisi pelek peyang atau berubah bentuk. Dibutuhkan mesin pres untuk mengembalikan pelek ke kondisi awal. Melalui alat pres tersebut pelek akan diperbaiki agar bentuknya kembali bulat. Seluruh bagian pada pelek seperti bibit pelek, badan hingga palang bisa diperbaiki dengan alat pres tersebut.

>>> Menggunakan Nitrogen untuk Ban, Apa Untungnya?

Kerusakan terberat adalah pelek sampai pecah. Bagian yang pecah tersebut harus disambung terlebih dahulu dengan las yang kemudian sisa las dibersihkan dengan gerinda. Setelah itu pelek disetel menggunakan mesin pres dan dilanjutkan tahap akhir baik cat atau poles. Biasanya ada beberapa bengkel reparasi pelek yang memberikan garansi selama beberapa bulan. Selesai diperbaiki, pelek juga harus di spooring dan balancing untuk mengembalikan titik keseimbangannya.

Bila sudah rusak parah maka lebih baik ganti baru

Bila kondisi pelek sudah rusak parah maka disarankan untuk mengganti dengan pelek baru

Untuk pelek krom juga ada penanganan berbeda. Jika kerusakan terjadi pada bagian yang berlapis krom, maka harus menggunakan alat untuk pelapisan krom. Biasanya setelah reparasi pelek selesai akan dikirim ke bengkel krom untuk dilapisi kembali. Perlu diperhatikan bahwa cara reparasi pelek ini tidak sepenuhnya aman. Bila pengelasan melingkar lebih dari 1/8 lingkaran badan pelek maka ada risiko besar pelek bisa pecah lebih parah.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:

Berita lain

Ingin Modifikasi Velg? Perhatikan Tips Mengganti Ukuran Ban

Semua komponen pada mobil mempunyai kemampuan maksimal dalam bekerja sesuai fungsinya. Jika dipaksa melampaui batas maka ada konsekuensi yang harus ditanggung. Termasuk ketika Anda memodifikasi velg dan mengganti ukuran ban.

Lihat juga

Tetap Terlihat Apik Saat Musim Hujan, Pelajari Tips Membersihkan Velg

Saat musim hujan, mobil akan lebih cepat kotor khususnya pada bagian velg. Agar mobil tetap terlihat apik, pelajari cara membersihkan velg yang tepat.

Lihat juga

Penggunaan AlloyGator Bisa Lindungi Bibir Velg Mobil Anda

Perkembangan velg di dunia otomotif memang sudah berkembang pesat. Selain menjadi bingkai dari ban untuk menggerakkan mobil, velg juga kini menjadi simbol gaya modifikasi seseorang. Tak ayal kini banyak ditemui velg-velg keluaran aftermarket maupun velg resmi OEM pabrikan yang tampilannya menarik dan membuat orang terpikat terhadap tampilan mobil tersebut.

Lihat juga