Banyak Pilihan, Perhatikan Cara Memilih Ban Berdasarkan Tipe Mobil

Share this post:
Banyak Pilihan, Perhatikan Cara Memilih Ban Berdasarkan Tipe Mobil
Ban merupakan salah satu aspek penunjang pengemudian yang paling besar. Untuk memilih ban yang pas dan sesuai dengan pengemudian, pengemudi harus mengetahui bagaimana memilih ban berdasarkan tipe mobil.

Sama seperti menyesuaikan ban untuk keadaan mengemudi, memilih ban berdasarkan tipe mobil merupakan cara terbaik untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara. Setelah menganalisis kondisi mengemudi Anda, Anda perlu mengidentifikasi jenis kendaraan untuk ban Anda.

Mobil Penumpang atau Minivan

Ban ini biasanya memiliki dinding samping yang lebih tinggi dan menekankan manfaat seperti daya tahan jangka panjang, kenyamanan dan keandalan dalam berbagai kondisi cuaca. Ban jenis ini biasanya dinilai dari keceatannya. Biasanya berkisar dari S (hingga 180 km/jam) sampai T (190 km/jam). Yang harus Anda lakukan adalah membandingkan peringkat kecepatan dengan kondisi mengemudi Anda.

Gambar yang menunjukan mobil minivan berwarna biru yang sedang parkir di jalan

Minivan membutuhkan ban yang cocok untuk penumpang

Ban untuk kendaraan penumpang adalah ban yang paling hemat biaya. Mereka memiliki semua atribut utama yang diinginkan oleh pengemudi: ban yang mulus, daya tahan yang lama, tingkat kebisingan yang rendah.

Namun jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih baik, tapi tidak mampu membeli ban untuk mobil sport, Anda bisa memilih ban touring. Ban ini menawarkan kinerja yang dikombinasikan dengan kualitas pengendaraan yang sangat baik. Ban jenis ini memiliki profil yang sedikit lebih rendah dan tapak yang lebih lebar yang membantu pengendara untuk menangani pengendaraan pada kecepatan yang lebih tinggi.

>>> Baca juga Tips memilih ban dan melihat spesifikasi ban

Mobil Sport / Mewah

Ban ini dirancang untuk memberikan penangan dan stabilitas yang menyakinkan pada kecepatan yang lebih tinggi untuk memaksimalkan kinerja mobil sport. Ban ini sering digunakan untuk meningkatkan tampilan hampir di semua kendaraan. Ban sport ini tersedia dalam profil yang lebih rendah, ukuran roda yang lebih besar, tapak yang lebih lebar dan dinding samping yang lebih keras untuk meningkatkan respon ketika menikung dan stabilitas.

Gambar yang menunjukan bagian ban dari mobil mewah berwarna kuning

Mobil sport memiliki ban yang berkualitas tapi dengan harga yang lumayan

Ban dalam kategori ini digolongkan memiliki performa dan kinerja tinggi. Jika dinilai dari kecepatannya, ban ini berkisar dari H (sampai 210 km/jam) hingga Z (hingga 240 km/jam). Tapi ingat, ban ultra berperforma tinggi ini harus dicocokkan dengan suspensi kendaraan berkinerja tinggi agar Anda bisa menikmati manfaat ban. Sayangnya, ban ini biasanya memiliki harga yang paling mahal dari semua ban.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

SUV atau Truk

Ban ini biasanya memiliki kapasitas beban yang lebih tinggi dari ban lain. Kapasitas beban dikendalikan oleh seberapa banyak udara dan tekanan ban. Ukuran ban yang dimulai dengan P (Penumpang) dimaksudkan untuk beroperasi pada tekanan dan beban rendah daripada ukuran LT (Light Truck atau Truk Ringan). P memiliki pengendaraan yang lebih baik tapi LT mampu mengangkut beban yang lebih besar.

Gambar yang menunjukan bagian ban paling besar dari mobil truk

Ban truk memiliki berat besar untuk menahan beban yang berat

Cara terbaik untuk memutuskan memilih ban SUV atau truk yang Anda butuhkan adalah mencari tahu dimana Anda berkendara: di jalan raya, daerah perkotaan dan off-road. Ban jalan raya memiliki lebih banyak desain tapak ban dan ban perkotaan memiliki desain tapak yang lebih agresif dan keras.

Untuk memilih ban berdasarkan tipe kendaraan, pastikan Anda memperhatikan indeks dan rating kecepatan yang diberikan oleh ban. Selain itu, untuk menambah referensi, memahami ukuran ban dan kondisi mengemudi yang spesifik juga patut diperhitungkan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top