Ubah Lampu Sigra Tipe D dan M Dari Halogen Jadi LED? Begini Caranya!

20/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Banyak pemilik ingin meningkatkan lampu Sigra mereka yang awalnya berteknologi halogen jadi LED. Bisa dilakukan di rumah, intip bagaimana cara penggantiannya.

Dengan harga Daihatsu Sigra yang terjangkau, tak bisa dipungkiri bahwa lampu Sigra tipe terendah yang masih menggunakan halogen merupakan salah satu kekurangan mobil ini. Sehingga banyak pengguna yang mengganti lampu halogen dengan lampu LED untuk mendapatkan cahaya yang lebih terang. Tertarik mengganti lampu depan Sigra dari halogen ke LED? Simaklah caranya di bawah ini.

Lampu Sigra tipe D dan M

Bersama dengan kembarannya, Toyota Calya, Daihatsu Sigra yang baru saja mendapatkan ubahan pada edisi facelift di tahun 2019 memang mendapatkan berbagai peningkatan. Ubahan desain pada bagian depan membuatnya terlihat lebih elegan, ditunjang berbagai fitur baru untuk menawarkan kenyamanan berkendara bersama MPV 7-seater Daihatsu ini.

Sayangnya hanya Sigra tipe X dan R sebagai varian tertinggi yang sudah mendapatkan lampu LED. Sedangkan untuk varian terendah, yaitu Daihatsu Sigra D 1.0 dan Daihatsu Sigra M 1.2 masih mengandalkan lampu halogen yang terkesan jadul dan tak ubahnya seperti Sigra edisi sebelum facelift.

bagian depan mobil baru Daihatsu Sigra facelift 2019
Tampilan depan Daihatsu Calya facelift yang mendapatkan banyak perubahan

Lampu halogen memang lebih murah dibandingkan lampu LED. Begitu pula dengan nyala lampu yang cukup baik untuk menembus kabut yang tebal. Bahkan lampu halogen juga tidak terlalu menyilaukan mata bagi pengendara yang berlawanan arah.

Tapi kekurangan lampu ini terdapat pada intensitas cahaya yang tinggi sehingga membuat rumah lampu mudah meleleh. Lampu halogen juga membutuhkan daya listrik yang besar. Sebuah lampu halogen membutuhkan daya dari hingga 100 watt.

Mengganti lampu Sigra menjadi LED

Banyak pengguna mengganti lampu depan Sigra dari halogen ke LED. Bukan hanya untuk mempercantik tampilan, tapi juga untuk meningkatkan cahaya dan efisiensi aki mobil. Tapi Anda juga bisa mengganti lampu depan mobil langsung di rumah tanpa harus ke bengkel. Tentunya siapkan beberapa alat penting, seperti obeng serta lampu LED mobil yang baru. Berikut ini adalah beberapa pengalaman perawatan mobil khususnya cara mengganti lampu mobil untuk Anda.

Dilansir dari akun YouTube Atep Basmallah, yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuka grille depan yang terhubung dengan bumper Sigra. Pasalnya lampu depan memiliki pengaturan khusus yang tidak bisa dibuka ketika bagian depan masih terpasang.

fascia depan Daihatsu Sigra yang sudah dibongkar
Bongkar fascia depan agar Anda bisa membuka lampu depan Sigra

Setelah fascia depan terbuka, sekarang Anda bisa membuka lampu depan, tapi jangan lupa untuk memastikan kabel terbuka dengan baik. Untuk lampu sein, Anda bisa memindahkan sein yang terdapat pada lampu lama ke lampu baru.

Buka soket lampu dan perhatikan kabel yang terdapat pada lampu baru. Ada tiga warna kabel yang perlu diperhatikan, yaitu putih, hijau, dan orange. Potong soket dan sambung kabel dari headlamp utama berdasarkan warnanya;

  • Kabel berwarna orange ke kabel berwarna merah,
  • Kabel berwarna putih ke kabel berwarna biru, dan
  • Kabel berwarna putih yang ada pada headlamp disambungkan ke kabel berwarna hitam.

Pasang semua kabel kembali pada soket. Dan setelah memasang kembali soket, Anda bisa memasang headlamp langsung pada mobil.

Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika headlamp sudah dipasang, maka lampu jarak tidak akan aktif lagi. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan dioda 2 ampere dan disambung ke min (-) jarak jauh, sedang untuk plus (+) disambungkan ke jarak dekat. Nantinya arus jarak dekat akan tersambung ke jarak jauh. Sehingga secara otomatis aliran untuk lampu jarak jauh bisa terpakai.

Setelah itu, Anda bisa memasang kembali lampu pada tempatnya semula. Jangan lupa untuk memastikan semua baut terpasang dan sistem kabel atau kelistrikan tidak terganggu. Setelah lampu Sigra terpasang, pasang kembali fascia depan untuk menyelesaikan penggantian ini.

kabel lampu Sigra yang ingin diganti dengan LED
Perhatikan kabel-kabel yang akan dipasang pada lampu baru

Untuk mencoba apakah lampu Sigra bisa berfungsi dengan baik, jangan lupa untuk menghidupkan lampu depan maupun lampu sein sebelum memasang kembali fascia depan mobil. Pasalnya jika terjadi kesalahan, Anda harus membongkar kembali grille yang tentunya menghabiskan waktu pemasangan.

Jangan ragu untuk memperhatikan semua kesalahan yang terjadi setelah pemasangan. Misalnya lampu yang tidak menyala dengan sempurna atau sistem kelistrikan lainnya yang terganggu. Jangan ragu untuk ke bengkel untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam penggantian ini.

Biaya penggantian lampu depan Sigra dari halogen ke LED biasanya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan, tergantung pilihan lampu yang Anda gunakan. Namun tidak menutup kemungkinan biayanya akan menjadi lebih tinggi jika Anda mengganti lamp uke bengkel aksesoris.

>>> Lampu LED Mobil Paling Terang, Berikut Rekomendasinya!

Harga lampu Sigra

Ada banyak pilihan yang tersedia bagi Anda yang ingin mengganti lampu Sigra. Selain di bengkel resmi, bengkel aksesoris juga menyediakan lampu depan, belakang, dan lampu foglamp Sigra. Bagi Anda yang ingin mengganti sendiri, beragam pilihan headlamp Sigra tersedia di marketplace online.

Harga lampu Sigra juga beragam, tergantung merek dan toko yang menjual. Dilansir dari berbagai marketplace, Anda bisa membeli lampu Sigra dengan banderol mulai dari Rp 500 ribuan hingga Rp 1,4 jutaan untuk dua lampu LED di kiri dan kanan.

lampu depan Sigra dengan teknologi HID
Lampu Sigra dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan

Tentunya harga lampu depan lebih tinggi dibandingkan dengan lampu kabut. Dari berbagai toko, harga lampu kabut Sigra bisa Anda dapatkan dengan banderol mulai dari Rp 180 ribuan hingga Rp 350 ribuan. Lampu ini dipasarkan lengkap dengan kabel dan segala kelengkapannya.

Untuk penggantian mandiri di rumah, Anda bisa memperhatikan berbagai video YouTube yang menawarkan cara praktis untuk mengganti lampu Sigra Anda. Namun sebisa mungkin perhatikan dengan teliti bagaimana penggantian lampu, terlebih dengan sistem perkabelan dan kelistrikan agar terhindari dari masalah setelah penggantian.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia semuanya ada di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga lampu depan Sigra?
Dilansir dari berbagai marketplace online, harga lampu Sigra berkisar dari Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.
Apakah Daihatsu Sigra sudah menggunakan lampu depan LED?
Dalam model facelift yang dipasarkan sejak 2019, hanya Daihatsu Sigra tipe X dan R yang menggunakan LED, sedangkan Sigra tipe M dan D masih menggunakan halogen.
Berapa harga Daihatsu Sigra terbaru?
Harga Daihatsu Sigra terbaru mulai dari Rp 120 jutaan untuk varian terendah, sedangkan Daihatsu Sigra tipe tertinggi dibanderol mulai dari Rp 163 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top