Lampu LED Mobil Paling Terang, Berikut Rekomendasinya!

31/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Ada banyak merek lampu LED mobil dijual di pasaran. Dan buat Anda yang tengah mencari lampu LED mobil paling terang, berikut petunjuk dan beberapa pilihannya!

Dari sisi penerangan lampu Light-Emitting Diode atau LED memang lebih baik dari bohlam halogen yang biasa dipakai sebelumnya. Dan kalau Anda tengah mencari lampu LED mobil paling terang, sedikit banyak Anda harus mengetahui spesifikasinya sehingga ada gambaran lampu yang paling dibutuhkan. Sebagaimana diketahui sistem lampu merupakan salah satu syarat teknis bagi mobil agar layak dioperasikan. Namun penggunaan lampu LED mobil yang saat ini kian ngetrend semakin menarik. Lampu ini ternyata tak sekadar memberi fungsi penerangan, tapi juga meningkatkan penampilan.

Pilihan Lampu LED mobil paling terang

Secara lampu LED memang memiliki kelebihan dibanding lampu halogen atau bohlam. Namun antara lampu LED yang satu dengan yang lainnya juga memiliki perbedaan. Ada yang terang biasa dan sangat terang. Perbedaan tingkat kecerahan ini dikarenakan perbedaan jumlah cahaya yang terpancar atau Lumen (Lm). Semakin besar nilai Lumen semakin terang sinar lampu LED. Lumen berbeda dengan Kelvin yang merupakan gambaran suhu warna dari sumber cahaya. Misalnya lampu dengan ukuran 3000 Kelvin (K) hingga 4000 K bercahaya kekuningan. Antara 4500 K hingga 5500 K berwarna putih. Mulai 6000 K dan seterusnya bercahaya putih kebiruan.

Berikut beberapa pilihan lampu LED mobil paling terang, sebagaimana direkomendasikan BestHeadlightBulbs.com

  • X-tremeUltinon LED 1000/1350 Lm

Foto lampu Philips X-TremeUltinon LED 6000 K

Lampu LED merek Philips, salah satu yang paling terkenal di dunia

X-tremeUltinon LED salah satu lampu LED mobil terbaik 2020. Lampu ini memiliki 2 fungsi yaitu sebagai lampu sorot atau slow bearn dan sebagai lampu tembak atau high beam yang keduanya sama-sama hemat daya. X-tremeUltinon LED 1000/1350 Lm memiliki LED Luxeon premium dengan 6000 Kelvin. Dengan berkas cahaya terang yang intens, lampu depan LED Philips X-tremeUltinon untuk mobil meningkatkan visibilitas Anda hingga 200%. Secara lampu ini memang lebih terang, lebih tajam, dan lebih putih. Namun demikian lampu ini hanya memiliki tingkat kecerahan (Lumen) 1000/1350 Lm. Jadi, bukan lampu LED mobil paling terang.

>>> 5 Lampu Variasi Mobil yang Sebaiknya Tidak Dipasang

  • SNGL Super Bright LED Headlight Conversion Kit 12,400 Lm

Foto menunjukkan lampu SNGL Headlight LED

Lampu LED SNGL punya daya tahan lama

Sesuai namanya lampu LED buatan SNGL (Guangzhou Shuoneng Electronic Technology Co., Ltd) ini bukan hanya terang, melainkan lampu LED mobil super terang. Lampu ini memiliki kecerahan hingga 12.400 Lm sehingga bisa sangat menyilaukan. Direkomendasikan hanya untuk lampu sorot adjustable. Soal ketahanan tidak perlu diragukan, lampu ini bisa bertahan hingga 50.000 jam berkat teknologi SNGL Intelligent Constant Cooling System. Teknologi Ini memungkinkan pendinginan LED secara konstan, memastikan kualitas dan warna cahaya tertinggi dan output kecerahan yang konsisten. Untuk suhu warnanya sendiri adalah 6000 Kelvin atau putih terang.

  • HIKARI Ultra LED Headlight Bulbs 12,000 Lm

Foto menunjukkan lampu HIKARI Ultra LED Headlight

Lampu LED HIKARI dibuat dengan teknologi tinggi

HIKARI LED semuanya dibuat dengan teknologi tinggi. Termasuk HIKARI Ultra LED Headlight Bulbs. Lampu ini terdiri dari dua buah bohlam LED dan menghasilkan kecerahan 12.000 Lm. HIKARI mengklaim lampu dengan kode warna lampu 6000 kelvin (putih terang) ini meningkatkan visibilitas 270% lebih terang dari bohlam biasa. Dengan watt yang kecil hanya 23 watt per lampu, HIKARI Ultra LED Headlight Bulbs bisa dipakai di semua kendaraan.

  • NINEO LED Headlight Bulbs 12,000 Lm

Foto menunjukkan lampu Nineo LED Headlight

Lampu LED Nineo bagi yang suka cahaya super terang

Dari ulasan di Amazon diketahui NINEO LED Headlight Bulbs 12,000 Lm merupakan salah satu lampu LED mobil super terang mencapai 12000 Lm. Lampu ini dibuat memanfaatkan Chip CREE yang disesuaikan dimana di setiap bohlam LED dapat menyala hingga 6000 lumens. Suhu warnanya masing-masing Chip adalah 6500 kelvin yang artinya sangat putih dengan pola sinar yang sempurna. Lampu ini 5 kali lebih terang dibanding halogen biasa. Adapun ketahanannya bisa mencapai 55.000 jam berkat desain kipas bantalan bola ganda tanpa penutup.

>>> Pahami Arti Beragam Lampu Indikator Mobil Diesel Modern

  • Glowteck LED Headlight Bulbs 12,000 Lm

Foto menunjukkan lampu Glowteck LED

Lampu LED Glowteck asli buatan Amerika Serikat

Lampu LED buatan Glowteck Amerika Serikat  ini salah satu yang terbaik. Glowteck LED Headlight Bulbs menghasilkan cahaya maksimum hingga 12.000 Lm berkat Chip LED CREE XHP50 terbaru. Lampu ini bisa bertahan hingga 50.000 jam dan kilaunya tetap bersih cerah. Adapun warna suhu cahayanya adalah 6500 Kelvin (putih sangat terang). Soal ketahanannya berkat fitur pembuangan panas maksimum, pendingin ganda AirFLUX, inti tembaga, heatsink termal tembaga, dan kipas pendingin berbantalan bola ganda.

  • JDM ASTAR T1 LED Headlight Bulbs 10,000 Lm

Foto menunjukkan JDM Astar LED

JDM ASTAR T1 LED Headlight Bulbs hanya butuh daya 40 watt

Yang terakhir daftar lampu LED mobil paling terang yaitu JDM ASTAR T1 LED Headlight Bulbs 10,000 Lm. Lampu ini diproduksi oleh JDM Astar California AS, memiliki tingkat kecerahan 10.000 Lm dan warna lampu 6.500 Kelvin. Lampu ini hanya membutuhkan daya 40 watt saja sehingga sangat ekonomis dalam penggunaan listrik kendaraan. Untuk ketahanan JDM ASTAR T1 LED Headlight Bulbs bertahan hingga 20,000 jam dan dapat digunakan sebagai lampu utama maupun foglamp.

>>> Serba-serbi Lampu LED Mobil, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan lampu LED

Seperti disebut di depan, ada sejumlah kelebihan lampu LED mobil sehingga kian banyak digunakan. Pertama dari sisi penampilan, mobil dengan lampu LED terlihat lebih kekinian dan modern. Kemudian dari konsumsi daya listrik juga hemat. Lebih hemat dari bohlam standar atau halogen hingga 50 persen. Dalam hal penerangan juga lebih terang sehingga membuat visibilitas pengemudi lebih baik.

Selain memiliki sejumlah kelebihan lampu LED juga punya kekurangan. Salah satunya yang sudah menjadi rahasia umum, lampu LED kurang bersahabat di saat hujan atau jalan berkabut. Cahayanya yang dominan warna putih kurang mampu menembus derasnya air hujan dan pekatnya kabut. Kemudian untuk penggantian jika terjadi kerusakan harus satu modul atau satu set.

So, buat Anda yang ingin mengganti lampu halogen mobil dengan lampu LED, atau lampu LED dengan yang lebih terang sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahlinya. Kunjungi bengkel spesialis lampu dan tanyakan kepada mereka lampu yang Anda inginkan. Tanyakan juga kelebihan dan kekurangan lampu tersebut, termasuk pengaruhnya terhadap kendaraan. Jangan sampai, pemasangan lampu yang tidak tepat menimbulkan dampak buruk yang sangat merugikan, seperti korsleting hingga terbakar.

Foto menunjukkan Mercedes Benz LED Headlight

Lampu LED punya kelebihan dan kekurangan

>>> Baca tips dan trik mobil lainnya di sini!

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang jadi ukuran tingkat kecerahan lampu LED mobil?
Tingkat kecerahan cahaya lampu LED diukur dengan besar kecilnya Lumen (Lm) alias banyak sedikitnya cahaya yang terpancar. Semakin besar angka Lumen cahayanya semakin terang.
Apa jenis lampu LED terbaik buat kendaraan?
Ada banyak lampu LED untuk kendaraan. Yang paling recommended adalah LED yang sama dengan bawaan kendaraan dari pabrik. Jika ingin mengganti, lampu LED H4 bisa jadi pilihan. Lampu ini punya banyak kelebihan seperti bisa 2 fungsi sekaligus (slow beam dan high beam), hanya butuh daya rendah, banyak dijual di pasaran, dan harganya lebih murah dari yang lain.
Sebutkan beberapa merek lampu LED yang terbaik?
Semua merek lampu LED memiliki kelebihan dan kekurangan alias tidak sempurna 100 persen. Anda bisa memilih salah satunya seperti merek Philips, Osram, Autovision, Hypersonic, Fortuna, HIKARI, JDM Astar, Glowteck, dan yang lain.
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top