Kurang Terang Saat Berkendara Malam Hari? Kenali Penyebab Lampu Berembun

06/01/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kurang Terang Saat Berkendara Malam Hari? Kenali Penyebab Lampu Berembun
Saat musim hujan atau selesai mencuci mobil, terkadang lampu mobil berembun dalam perjalanan. Hal ini tidak hanya bisa terjadi pada mobil bekas tapi juga mobil baru. Lantas apa penyebab lampu berembun?

Kondensasi atau pengembunan pada lampu utama umumnya terjadi karena perbedaan suhu udara luar mika lampu dengan bagian dalam. Embun bisa muncul di dalam mika lampu saat hujan atau mencuci mobil. Tetapi apakah wajar? Apa penyebab lampu berembun? Ternyata hadirnya embun ini tidak bisa dibiarkan karena bisa jadi karena sealant yang merekatkan mika dengan rumah lampu sudah getas karena usia pakai yang sudah lama. Sehingga air bisa masuk ke dalam rumah lampu.

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

Rumah lampu mempunyai sirkulasi udara

Ventilasi udara pada rumah lampu berfungsi melepaskan hawa panas dari lampu yang menyala

1. Kenapa lampu mobil berembun?

Selain itu masuknya air ke lampu bisa juga karena menerjang banjir dengan genangan air yang tinggi. Akibat memaksakan melintas genangan air yang tinggi air masuk ke dalam rumah lampu. Masuknya air banjir ini juga bisa jadi penyebab lampu berembun melalui celah ventilasi udara yang ada di balik lampu utama. Adapun sebenarnya fungsi ventilasi itu adalah untuk mengusir hawa panas lampu agar tidak merusak reflektor. Namun ketika melintasi banjir atau dicuci dengan air bertekanan tinggi, air masuk melalui celah ventilasi tersebut.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

Jangan pernah mencoba menutup lubang sirkulasi udara pada rumah lampu karena suhu panas dari lampu akan terjebak di dalam. Akibatnya mika atau reflektor pada lampu mobil akan rusak dan Anda akan mengeluarkan biaya lebih banyak. Belum lagi mika bisa jadi menguning akibat dari suhu panas yang tidak dikeluarkan melalui ventilasi udara tersebut. Penyebab lampu berembun lainnya juga bisa jadi akibat seal pada bohlam yang sudah getas. Dengan kondisi karet pada bohlam yang sudah usang atau sobek berpotensi air masuk ke dalam rumah lampu. Sifat air yang membuatnya bisa masuk melalui celah-celah sempit meski hanya sobek tipis.

Hati-hati ketika mencuci mobil di area lampu

Hindari mencuci bagian rumah lampu dengan air bertekanan tinggi karena bisa timbul kondensasi

2. Bagaimana cara mengatasi lampu mobi berembun?

Lalu bagaimana solusi untuk kaca berembun seperti ini? Jika embun sering terjadi bahkan air sampai masuk ke dalam lampu, maka rumah lampu harus dibongkar. Anda bisa mendatangi spesialis lampu untuk dibongkar, dibersihkan dan diperbaiki bila ada komponen yang rusak. Bila Anda belum sempat untuk memperbaikinya, tindakan pencegahan bisa dilakukan seperti menghindari penyemprotan air bertekanan di sekitar lampu utama. Selain itu jangan nekat menerjang banjir atau genangan air, terlebih untuk mobil berjenis sedan yang mempunyai posisi lampu lebih rendah.

 
back to top