Kenali & Pahami Fitur Sistem Infotainment Canggih MZD Connect dari Mazda

Sistem MZD Connect bisa dibilang merupakan salah satu sistem infotainment mobil intuitif yang ada di brand mobil Jepang saat ini. Tersedia ekslusif hanya untuk keluarga Mazda, sistem MZD Connect menawarkan sinergi antara hiburan, navigasi dan komunikasi.
Fitur infotainment dalam sistem hiburan mobil baru sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak pabrikan otomotif berlomba membangun infotainment yang intuitif dan cerdas, demi memberikan pengalaman interaksi yang lebih luwes dan mudah kepada pengguna saat berkendara.

Perkembangan teknologi infotainment sudah dimulai di eropa, dimulai dari BMW dengan iDrive di tahun 2001. Beberapa brand global dunia pun langsung ikut memproduksi teknologi sistem hiburan mobil ini, mulai dari Ford Sync, Mercedes-Benz COMAND, Audi MMI, Fiat UConnect, Porsche Communication Management (PCM) dan masih banyak lagi.

gambar menunjukan fitur MZD Connect Interface

Tampilan interface utama MZD Connect

Brand otomotif Jepang pun tidak mau kalah menciptakan sistem infotainment mobil canggih nan intuitif. Mazda adalah salah satu contohnya. Memperkenalkan sistem infotainment MZD Connect yang hadir bersamaan dengan mobil-mobil Mazda berteknologi Skyactiv, MZD Connect menjadi cara Mazda untuk menyajikan interaksi hiburan, navigasi, dan komunikasi dalam suatu ekosistem yang intuitif dan mudah dikendalikan.

Setiap MZD Connect yang tersedia di mobil Mazda memiliki interface yang sangat mudah dioperasikan, dimana cara mengoperasikannya melalui dua cara. Cara pertama adalah menggunakan kenop kontroler, sedangkan cara kedua adalah menekan layar sentuh high definition yang bisa dioperasikan hanya saat mobil dalam kondisi berhenti penuh.

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang harga mobil Mazda lainnya

gambar menunjukan MZD Connect Controller

Pengaturan MZD Connect melalui kontroller dengan sistem kenop putar

Bicara soal kontroler, MZD Connect menggunakan satu kenop putar berukuran besar yang bisa digerakkan maju-mundur, kiri-kanan, serta putar. Kontroler ini dikelilingi tombol shortcut home, audio, navigasi, back serta favorit. Di sebelahnya lagi, terdapat tombol putar berukuran kecil yang berfungsi untuk pengaturan volume serta power on/off.

Menu yang tersaji di interface MZD Connect terbagi dalam 5 menu utama, yakni Application, Entertainment, Communication, Navigation, dan Settings. Menggunakan mobil All New Mazda CX-5 Elite 2017, Cintamobil.com akan mengupas secara mendetail fitur-fitur MZD Connect yang bisa Anda manfaatkan secara baik.

1. MZD Connect: Application

Application i-Stop pada MZD Connect

Tampilan fitur Fuel Economy Monitor pada menu Application MZD Connect

MZD Connect yang tersedia di Indonesia menampilkan tiga fitur utama, yakni Fuel Economy Monitor, Maintenance, dan Warning Guide. Untuk dua fitur terakhir fokus menyampaikan informasi seputar kapan waktunya Anda melakukan service berkala ataupun adanya notifikasi kondisi yang tidak aman di dalam mobil. Nah, fitur Fuel Economy Monitor justru lebih menarik karena selain bisa menampilkan kinerja sistem i-Stop, bisa juga menampilkan status konsumsi BBM dan ada detil berupa pohon yang bisa berangsur tumbuh ketika gaya berkendara Anda semakin efisien.

>>> Ini Dia Info Spesifikasi Roadster Mazda MX-5 2017 yang ada di Indonesia

2. MZD Connect: Entertainment

Fitur di Menu Entertainment MZD Connect

Daftar source multimedia yang bisa diterima di fitur Entertainment MZD Connect

Menu ini Cintamobil.com yakini pasti banyak digunakan oleh pengguna MZD Connect. Selain karena memiliki fitur seperti FM, AM, aha, Stitcher,  USB, dan Bluetooth sebagai ‘source’ untuk file multimedia, sistem MZD Connect juga bisa digunakan untuk menikmati file multimedia dari CD maupun DVD.

MZD Connect Interface saat memainkan musik Spotify

Tampilan MZD Connect kala memainkan musik dari Spotify di smartphone dengan koneksi USB Port

Jika Anda pengguna Spotify maupun Joox, saat mengkoneksikan smartphone melalui USB port maka display yang akan ditampilkan sangat lengkap dari mulai judul, penyanyi, hingga album dan album artwork. Sedangkan saat menggunakan mode Bluetooth informasi yang disampaikan akan lengkap, minus adanya album artwork saja.

3. MZD Connect: Communication

menu Communication MZD Connect

Tampilan fitur yang tersedia di menu Communication MZD Connect

Menu Communication pada MZD Connect hanya bisa aktif jika smartphone Anda terhubung dengan sistem melalui koneksi Bluetooth.  Setelah tersambung, sistem MZD Connect secara otomatis akan mensinkronisasikan phone book beserta pesan singkat. Untuk Anda yang suka komunikasi telepon kala berkendara, tak perlu repot lagi memegang handphone. Cukup mencari nomor yang tersimpan di phonebook, Anda pun bisa melakukan komunikasi telepon karena sudah tersambung melalui speaker mobil.

>>> Baca juga: Mobil Baru Masih Pakai BBM Premium, Ini Resikonya!

4. MZD Connect: Navigation

Inteface menu Navigation MZD Connect

Interface di menu Navigation MZD Connect sudah mendukung tampilan peta 2D dan 3D

Sistem infotainment MZD Connect sudah memiliki fitur navigasi yang mengantarkan Anda ke tempat tujuan sesuai perintah Anda. Tak sulit mencari Point Of Interest (POI) menggunakan perangkat ini. Selain itu, untuk mempermudah pencarian terdapat keyboard virtual pada layar interface yang bisa digunakan untuk menginput destinasi tujuan, selama hal ini dilakukan dalam kondisi mobil diam.

5. MZD Connect: Settings

Settings MZD Connect

Ragam pengaturan bisa diatur oleh pengguna Mazda tersedia di menu Settings MZD Connect

>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

Menu Settings menjadi sarana bagi Anda untuk mengatur beragam konfigurasi mobil, mulai dari Sound, Active Driving Display (AD-Disp), Display, Vehicle, Device, Clock, System, dan Safety.

Nah untuk fitur safety yang ada di menu Settings pada dasarnya menjadi tempat bagi pengguna mobil Mazda untuk mengatur aktivasi maupun pengaturan dari i-ACTIVSENSE. Contohnya di All New Mazda CX-5 Elite sudah memiliki pilihan pengaturan Smart City Brake Support, Blind Spot Monitoring System, Lane-keep Assist System, Speed Limit Warning, Driving Attention Alert, dan pengaturan lainnya.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

 
back to top