Jendela Intip Baterai, Cara Cepat dan Mudah Pantau Kondisi Baterai  

06/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jendela intip baterai memudahkan pemilik mobil untuk memantau kondisi kesehatan baterai secara cepat dan mudah tanpa direpotkan oleh prosesur standar

Baterai atau biasa disebut aki menyandang status komponen vital pada kendaraan bermotor mobil karena menjadi sumber daya listrik utama bagi perangkat elektrikal ketika mesin dalam kondisi mati. Setelah mesin hidup, pasokan daya listrik disediakan oleh alternator.

Nah, agar baterai dapat bekerja dengan optimal, salah satu faktor penting adalah memastikan sang aki selalu berada dalam kondisi sehat dan siap pakai. 

>>> Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Asia Segera Dibangun di Karawang

Prosedur Standar

Sebelumnya, cara standar untuk mengecek kondisi kesehatan baterai adalah membuka kap mesin, lalu memeriksa tegangan baterai memakai voltmeter dan mengecek kondisi setiap sel baterai dengan membuka tutupnya serta menambahkan cairan elektrolit jika volumenya kurang.

gambar aki

Prosedur standar pengecekan pada baterai basah

Belakangan, prosedur pengecekan baterai seperti itu dianggap merepotkan oleh pemilik mobil. Lalu adakah cara yang lebih mudah dan praktis? Berikut ini beberapa cara yang disajikan oleh tim Cintamobil.com.

Jendela Intip

Mendengar keluhan konsumen, pabrikan pembuat baterai lalu menambahkan bulatan dengan kaca bening yang terpasang pada bagian atas kotak baterai mobil. Nyatanya bulatan  tersebut punya fungsi menjadi semacam jendela intip baterai yang penting untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai kendaraan bermotor.

gambar aki

Jendela intip memudahkan pemantauan kondisi kesehatan baterai

“Bulatan itu menjadi  indikator  untuk menampilkan  warna yang menunjukkan kondisi kesehatan baterai," jelas Mohamad Safrudin, pemilik bengkel Garage 23 yang bermarkas di Cikarang, Jawa Barat. Jadi jendela intip baterai bukan sekadar aksesoris pemanis baterai ya!  

Indikator Kondisi

Awalnya, jendela intip baterai lebih sering ditemukan pada baterai kering karena struktur kotak yang tertutup rapat sehingga kondisi bagian dalam tidak bisa dilihat secara langsung. Lain dengan baterai basah yang bisa dibuka penutup setiap selnya dan terdapat indikator ketinggian cairan elektrolit sebagai penanda kondisi kesehatan. Namun kemudian jendela intip baterai juga berlaku pada baterai basah terutama baterai jenis hybrid.

gambar aki

Tiga kondisi kesehatan baterai yang bisa dipantau lewat indikator

Jika jendela intip menunjukkan warna biru berarti baterai dalam kondisi sehat. Kalau yang muncul warna putih, berarti baterai sudah mulai lemah (kurang setrum). Tersedia pilihan untuk men-charge baterai namun usia pakainya tidak akan lama karena kemampuan menyimpan daya listrik sudah tidak sebaik kondisi awal.  Andai warna merah yag terlihat, lebih baik ganti baru. O iya, untuk baterai basah, jangan terlalu berpatokan pada warna jendela intip. Sebab warna jendela intip mengacu pada kondisi salah satu sel baterai, bukan semuanya.  

>>> Battery Charger, Gunakan Sesuai Kebutuhan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top