Jangan Asal, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Membeli Ban Baru

Share this post:
Jangan Asal, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Membeli Ban Baru
Ada banyak jenis ban dijual di pasaran, meski demikian Anda tidak boleh asal pilih dan asal membeli ban baru sebab kondisi ban berkaitan langsung dengan performa kendaraan, kenyamanan berkendara dan juga aspek keselamatan.

Ada masanya ban mobil harus diganti yang baru karena beberapa alasan seperti pecah, meletus, gundul atau memang pemilik mobil kurang selera dengan ban bawaan pabrik dan ingin mengganti dengan ban baru merek lain. Apapun alasannya penggantian ban baru tidak boleh dilakukan secara asal. Saat membeli ban baru pun tidak boleh asal beli dan asal pilih karena ban yang bakal dipasang di mobil berkaitan erat dengan aspek kenyamanan dan aspek keselamatan. Salah dalam memilih ban bisa saja menimbulkan dampak buruk yang tidak dikehendaki.

Tips Membeli Ban Baru

Berikut 4 hal yang harus Anda perhatikan saat membeli ban baru untuk mobil kesayangan Anda, baik merek yang sama dengan ban bawaan mobil Anda maupun ban dengan merek yang berbeda:

1. Ukuran ban

Gambar stiker ukuran ban di mobil

Informasi ukuran ban bisa ditemukan pada stiker yang tertempel pada mobil

Beda jenis dan kategori mobil beda pula ukuran ban yang dipakai. Sebelum memutuskan membeli ban baru, perhatikan dulu tipe dan ukuran ban aslinya. Cari plakat informasi ban di dalam mobil di bagian pintu atau laci atau tutup tangki BBM. Jika kesulitan cari informasinya di internet untuk ban yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Bila masih kesulitan, kunjungi dealer terdekat dan tanyakan tipe dan ukuran ban yang pas.

>>> Penggunaan AlloyGator Bisa Lindungi Bibir Velg Mobil Anda

2. Lebar dan pola tapak ban

Gambar macam-macam pola tapak ban

Pola tapak ban berbeda antara ban satu dengan yang lain

Lebar dan pola tapak ban mempengaruhi performa dan kenyamanan berkendara. Perhatikan berapa lebar ban mobil Anda yang asli. Jika ingin melakukan penggantian sebaiknya dengan ukuran yang sama atau lebih lebar sebab daya cengkeram ban semakin baik, bukan ban tipis (tapak tipis). Pola atau kembangan ban juga perlu diperhatikan. Pola ban untuk daerah dengan intensitas hujan tinggi berbeda dengan daerah bercurah hujan rendah. Pola V lebih baik untuk daerah yang sering hujan sebab memiliki keunggulan dalam menghalau air di jalanan basah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

3. Ketebalan ban

Gambar ukuran ban mobil

Ketebalan ban mobil harus diperhatikan saat membeli ban baru

Pabrikan mobil sudah memperhitungkan berbagai aspek dalam menentukan ketebalan ban pada mobil-mobilnya, daan itu juga yang standar dan recommended. Saat Anda mau membeli ban baru untuk menggantinya, perhatikan ketebalan ban jangan sampai lebih kecil atau lebih tipis.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

4. Sesuai kebutuhan

Ban mobil off-road untuk kebutuhan off-road

Sesuaikan tipe dan jenis ban dengan kebutuhan

Tak kalah penting untuk diperhatikan saat membeli ban baru yaitu menyesuaikan kebutuhan. Mobil yang hanya dipakai untuk keperluan sehari-hari dengan beban standar berbeda dengan mobil untuk angkutan berat. Begitu pula mobil yang digunakan untuk jalanan biasa berbeda dengan mobil yang digunakan untuk jalanan off road seperti di daerah pedalaman dengan kondisi medan jalan yang cukup berat belum beraspal. Pemilihan ban baru sebaiknya mempertimbangkan hal-hal tersebut atau kebutuhan yang lain. Lebih detail yang lebih jelas, Anda konsultasikan dulu dengan si montir atau ahli ban sebelum memutuskan membeli ban baru.

Di beberapa even modifikasi, Anda mungkin melihat mobil dengan ban yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga terlihat ekstrim atau bahkan tidak elok. Itu bukan untuk ditiru sebab mobil yang dimodifikasi biasanya bukan untuk dipakai di jalan raya dan hanya untuk kepentingan event.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sama-sama Mengingatkan Pengemudi Untuk Istirahat, Fitur Ini Punya Banyak Nama

12/02/2019

Pengemudian

Salah satu fitur unggulan mobil-mobil modern adalah pengingat pengemudi untuk melakukan istirahat. Tahu tidak kalau fitur ini ternyata memiliki banyak nama tergantung merek dan pabrikan masing-masing.

Lihat juga

Beda Dengan Prediksi Banyak Orang, Harga Mobil Bekas Wuling Confero S Aman

25/02/2019

Pasar mobil

Satu hal yang membuat ragu banyak orang untuk membeli mobil Wuling adalah nilai jual kembali. Mereka khawatir kalau saat dijual kembali harga mobil bekas Wuling terjun bebas seperti tak berharga. Ternyata tidak demikian, dari pantauan di beberapa situs jual beli mobil bekas, harga mobil bekas Wuling Confero S masih aman dan tidak anjlok - anjlok amat.

Lihat juga

Berkah Buat HPM, Penjualan All New Honda Brio Januari 2019 Paling Tinggi Dibanding Model Honda Lain

25/02/2019

Pasar mobil

Model baru All New Honda Brio benar-benar berkah bagi PT Honda Prospect Motor (HPM). Sejak diluncurkan di pameran GIIAS 2018 dan menjalani pengiriman perdana 13 Oktober 2018, All New Honda Brio terus memberikan kontribusi besar terhadap penjualan HPM. Terbaru HPM merilis data penjualan untuk bulan Januari 2019, penjualan All New Honda Brio mengalami peningkatan dibanding penjualan tahun lalu.

Lihat juga

Apakah Mobil Transmisi Manual Lebih Hemat Bahan Bakar Dibandingkan Matic?

02/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika Anda bertanya manakah yang lebih hemat bahan bakar, mobil transmisi manual atau mobil matic, mungkin sebagian besar pengemudi akan memiliki transmisi manual. Tapi, apakah pernyataan tersebut benar?

Lihat juga

Setelah Kunjungi Jakarta dan Bandung, Nissan Livina 2019 Tiba Di Surabaya

01/03/2019

Mobil baru

28 Februari 2019 menjadi momen penting bagi PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk memperkenalkan Serena serta Livina 2019 di kota Pahlawan yakni Surabaya.

Lihat juga
 
back to top