Tips Merawat Ban di Tengah Cuaca yang Tak Menentu

15/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Berikut di bawah ini beberapa cara tips merawat ban di tengah cuaca ekstrem dan tak menentu yang bisa membawa dampak buruk pada ban mobil kesayangan Anda.

Bulan Juni-Agustus merupakan puncak musim kemarau di Indonesia. Namun, musim kemarau bulan ini cukup unik karena berpotensi basah, sebab ada ketidakstabilan antara cuaca panas dengan hujan, serta suhu yang naik turun.

Kondisi ini yang kerap disebut cuaca ekstrem dan terjadi selama sepekan terakhir. Bagi pemilik kendaraan, situasi ini dapat meningkatkan risiko kerusakan kendaraan, khususnya bagian ban yang mengalami kontak langsung pada jalanan. Untuk mengantisipasi hal ini, Hankook Tire memberikan sejumlah tips yang dapat dilakukan pengendara untuk merawat ban di tengah cuaca tidak menetu.

>>> Langkah Sederhana Merawat Mobil di Garasi saat PPKM Darurat

Gambar menunjuikan Berkendara

Cara mengemudi yang bagi berpengaruh pada kondisi ban

1. Ketahui Cara Mengemudi yang Baik

Pertahankan cara mengemudi yang baik dengan tidak mengemudi terlalu cepat, tidak melakukan kemudi tikungan (cornering) berlebihan, dan mengurangi frekuensi rem mendadak. Jika sering melakukan hal itu maka Anda harus lebih ekstra lagi merawat ban kesayangan.

2. Cek Tekanan Angin

Cara merawat ban selanjutnya dengan melakukan pengecekan tekanan angin ban secara berkala minimal 10 hari sekali dengan tekanan ideal berkisar dari 30-35 psi pada setiap ban.  Penting untuk mengisi angin ban setiap bulannya agar ban dapat dipakai lebih lama, dan mengganti ban kendaraan dengan ban cadangan jika sudah terlalu tua atau mulai aus.

3. Atur Muatan Kendaraan

Kelola batasan muatan kendaraan, karena ban memiliki batasan muatannya masing-masing.  Karena, semakin tinggi beban, ban akan menghambat putaran fisik lebih keras ketika bergerak dan menciptakan kondisi overload pada kendaraan yang mengakibatkan panas berlebihan yang dapat merusak bentuk dan durabilitas ban. Maka dari itu sebagai pengendara yang baik ketahui mutatan kendaraan Anda sebagai cara bagian dari merawat ban kesayangan.

>>> Cara dan Biaya Perpanjang SIM C Online, Bisa Dikirim ke Rumah!

Gambar menunjukan Ban mobil

Pilih ban yang cocok dengan kondisi cuaca keberadaan Anda

4. Pilih Ban yang Cocok untuk Kendaraan

Pilih ban yang cocok dengan kondisi cuaca keberadaan Anda dan medan yang akan ditempuh sebagai bagian dari cara merawat ban. Misal, gunakanlah ban musim panas (summer) yang menjanjikan level cengkraman yang handal di jalanan baik basah maupun kering selama musim panas. Selain itu ada ban semua musim (all-season) yang memiliki kapabilitas seimbang baik secara durabilitas dan performa dalam menghadapi musim panas maupun musim hujan.

“Guna mencegah dampak buruk dari cuaca dan suhu yang tidak stabil mendekati musim kemarau ini, kami gencar merekomendasikan penggunaan ban musim panas (summer) dan segala musim (all-season). Kedua ban ini cocok untuk menghadapi cuaca panas dan hujan dalam jarak tempuh yang jauh. Salah satu produk ban summer dan all-season Hankook adalah Ventus Prime3 dan Ventus V2 concept2,” ujar Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PCR Radial Tire PT. Hankook Tire Sales Indonesia 

Meskipun ban musim panas dan ban segala musim memiliki kegunaan yang sama dalam menghadapi cuaca panas dan hujan, perlu diketahui bahwa ada perbedaan struktur ban dan juga performa yang spesifik dari keduanya. Ban musim panas didesain untuk memberikan stabilitas dalam berkendara. Dibuat dari senyawa kompon campuran karet, bentuk ban tidak mudah berubah saat digunakan di jalanan bertemperatur tinggi. Keunggulan tersebut cocok bagi kendaraan berperforma tinggi (high-performance).

Sementara itu, ban segala musim didesain untuk menghasilkan traksi optimal dengan menyeimbangkan kapasitas seperti cengkraman ban, pengereman, dan tikungan demi memberikan kenyamanan berkendara khususnya saat musim hujan. Ban ini biasanya punya alur yang lebih dalam dan desain tapak yang simetris, sehingga pengendara punya banyak opsi memaksimalkan keausan berbagai sisi ban saat rotasi.

>>> Hankook Tire Resmi Jadi Ban Original Honda Vezel 2021 Hybrid

 

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top