Jangan Asal Beli, Ini Tips Pilih Talang Air Terbaik Untuk Mobil

26/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Sebagai salah satu aksesoris mobil, talang mobil tentu sangat membantu kita saat berkendara musim hujan. Salah satunya menangkal air hujan masuk saat membuka kaca, mengambil tiket atau membayar tol, maupun untuk mengurangi suhu dingin di dalam kabin. Namun jangan asal beli aksesori ini, ada beberahal hal yang harus diperhatikan untuk pilih talang air terbaik.

1. Kualitas Bahan

Talang air mobil elastis tebal

Salah satu ciri talang air terbaik untuk mobil adalah tebal tapi elastis

Kualitas bahan menjadi pertimbangan pertama karena dengan menggunakan bahan yang baik tentu talang airnya juga akan bagus. Talang air terbaik biasanya sedikit tebal agar tidak mudah pecah atau menjadi sedikit pipih bila terkena terpaan angin yang kencang saat mengemudikan mobil. Carilah yang sedikit tebal tetapi agak elastis. Bila terasa kaku, dikhawatirkan mudah retak dan akhirnya pecah.

>>> Ingin ban awet? Perhatikan tiga hal ini

2. Warna

Talang air berwarna gelap pada Xpander

Talang air mobil ada yang berwarna gelap maupun bening transparan

Warna sebenarnya menjadi selera tiap individu. Ada yang suka warna silver, bening transparan ataupun hitam pekat (solid black). Faktor cuaca ternyata dapat mempengaruhi warna asli dari talang air tersebut. Bila tadinya berwarna hitam pekat, lama kelamaan pudar menjadi transparan kecoklatan atau kebiruan malah ada yang menjadi tidak beraturan lagi warnanya (buram). Kalau pudarnya rata bagian depan dan belakang mungkin tidak begitu masalah, namun kalau pudarnya bagian depan saja akan menjadikan warnanya belang. Carilah info dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Carilah talang air terbaik yang tahan disegala cuaca agar warnanya tidak memudar.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

3. Komponen Pelengkap

Memasang talang air mobil

Pastikan komponen pelengkap seperti double tap punya kualitas bagus agar tidak mudah lepas

Untuk memasang talang air ke mobil tentu memerlukan lem perekat (double tape, biasanya sudah ada pada talang airnya). Pertimbangkan double tape (perekat dua sisi) yang digunakannya. Carilah yang menggunakan bahan double tape yang benar-benar lengket agar nantinya tahan terhadap cuaca dan tekanan angin pada saat mobil jalan kencang. Biasanya bagian depan lebih banyak menahan beban angin sehingga kalau double tapenya tidak bagus akan membuat talang airnya terlepas.

>>> Tips perawatan mobil ada disini

4. Bentuk Fisik

Konsumen memasang talang air pada mobilnya

Pilih bentuk fisik talang air yang sesuai dengan jendela mobil Anda

Sebenarnya ini opsional. Tentunya kita sudah paham bentuk-bentuk talang air. Ternyata dari model-model tersebut ukurannya masih tebagi lagi,ada yang semi jumbo, jumbo dan ultra slim. Pilihlah ukuranya sesuai bentuk mobil Anda. Untuk jenis mobil sedan pasanglah yang ukuran sesuai dengan mobilnya, kalau di pasang model jumbo (lebar) terlihat kurang pas. Sedangkan untuk mobil SUV akan lebih cocok menggunakan ukuran jumbo. Demikian informasi tentang tips pilih talang air terbaik pada mobil tercinta. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

>>> Silahkan baca tips & trik lainnya disini

 
back to top