Ini Solusi Hilangkan Embun di Kaca Mobil

23/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ini Solusi Hilangkan Embun di Kaca Mobil
Hadirnya embun pada kaca mobil dapat mengganggu pandangan. Sebabnya Anda harus hilangkan embun pada kaca mobil agar berkendara menjadi semakin aman dan nyaman.

Walau terlihat tidak begitu penting, embun pada kaca mobil bisa membahayakan keselamatan Anda ketika berkendara. Selain bisa mengurangi jarak pandang ketika berkendara, embun bisa menimbulkan kerak air pada permukaan kaca mobil.

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Mau tau lebih jauh? Simak tips di bawah ini.

>>> Berapa Sih Idealnya Ukuran Garasi Mobil di Rumah?

Gambar menunjukan Kaca mobil berembun

Anda bisa gunakan sampo rambut untuk atasi embun di kaca mobil

Pertama Anda bisa menyalakan AC. Seperti yang sudah kita ketahui suhu AC yang terlalu dingin bisa menyebabkan kaca berembun. Tetapi yang harus Anda ketahui juga solusinya bukanlah mematikan AC. Tetapi sebaliknya, disarankan untuk menyalakan AC untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Terlebih saat hujan dan udara dingin. Anda bisa mengatur suhu AC dan disesuaikan dengan kondisi di luar.

Kedua aktifkan defogger. Anda bisa menemukan defogger di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal. Adanya defogger ini sangat membantu ketika Anda ingin menghilangkan embun di kaca belakang. Sehingga pandangan mengemudi Anda semakin baik. Untuk mengaktifkan defogger, cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard kendaraan Anda.

>>> Promo mobil baru dengan harga menarik ada disini

Gambar menunjukan Defogger

Manfaatkan juga defogger untuk hilangkan embun di kaca mobil belakang

Ketiga oleskan kaca dengan sampo rambut. Cara ini bisa Anda gunakan sebelum berkendara. Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca mobil menjadi terjaga. 

>>> Sedang cari mobil? Temukan pilihan mobil terbaik di sini

Keempat gunakan tembakau. Selain sampo ternyata tembakau bisa menghilangkan embun pada kaca mobil ketika hujan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan nikotin pada tembakau diyakini bisa menyerap uap air dan mencegah terjadinya embun pada kaca mobil. Namun, berhati-hatilah dalam mengoleskannya agar kaca mobil tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh yang tidak sengaja ikut tercampur. Anda bisa mengoleskannya secara berlahan dan halus.

Terakhir Anda bisa gunakan cairan anti kabut. Anda bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di toko perlengkapan mobil. Setelahnya, cukup menyemprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam, diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah selama beberapa kali.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Modifikasi Toyota Calya yang Murah dan Tak Merusak Garansi

22/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini kami berikan tips dan trik bagaimana modifikasi Toyota Calya dengan dana minim dan tak merusak garansi. Cukup sedikit sentuhan, mobil Anda akan tampil beda dengan Calya lainnya.

Lihat juga

Tips Mengetahui Tanda Transmisi Otomatis Rusak

21/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa tanda transmisi otomatis rusak yang perlu Anda perhatikan pada mobil matik. Dengan memahami gejala-gejalan yang muncul ini, risiko kerusakan lebih parah bisa dihindari.

Lihat juga

Aman Dikala Genting, Berikut Tips Hadapi Banjir Dari Mercedes-Benz

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Sebagian besar daerah di Indonesia mengalami banjir pada awal tahun 2020, dan menghadirkan kerugian materiil yang tidak sedikit. Agar tetap aman di saat-saat genting seperti ini, Mercedes-Benz memberikan tips hadapi banjir yang bisa Anda terapkan.

Lihat juga

Tips Memilih Mobil Bekas Toyota Rush 2018 dengan Harga Terbaik

05/01/2020

Jual beli

3 menit

Generasi terbaru Rush telah diperkenalkan setahun lalu. Membeli mobil bekas Toyota Rush 2018 pun bisa dipertimbangkan. Berikut tips dari Cintamobil.com.

Lihat juga

Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Meski ukurannya kecil, namun baut roda aftermarket memiliki fungsi yang vital dalam menahan beban velg sekaligus mengikatnya velg pada teromol mobil.

Lihat juga