Ini Kelebihan Nitrogen untuk Ban Dibandingkan Angin Biasa

14/11/2019
Selain pengisian angin biasa, di SPBU dan bengkel juga terdapat pengisian nitrogen untuk ban. Lalu mana yang lebih baik dari keduanya?

Ban merupakan salah satu komponen yang sangat vital bagi sebuah mobil. Supaya mobil dapat berjalan dengan baik tentunya ban harus diisi dengan angin. Pengisiannya sendiri terbagi menjadi dua, bisa menggunakan nitrogen untuk ban atau angin biasa.

>>> Ini Tips Mencegah Tikus Bersarang di Kap Mobil

Gambar menunjukan ban sedang diisi angin nitrogen

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan mengisi ban dengan nitrogen

Nitrogen (N²) merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa, kandungan gasnya masih memiliki kandungan air. Sehingga saat ban diisi dengan angin biasa menjadi lebih berat karena proses pemuaian di dalam ban. Selain itu keunggulan apa lagi mengisi ban dengan nitrogen? Dilansir dari Auto2000 berikut kelebihan mengisi ban dengan nitrogen.

Pertama ban menjadi lebih awet dan tahan lama dan jarang menambah angin karena tekanan angin cenderung stabil dibandingkan angin biasa. Hal itu terjadi karena partikel molekul nitrogen lebih besar dibandingkan molekul angin biasa, sehingga angin sulit keluar dari pori-pori ban.

Kedua lebih hemat BBM karena laju kendaraan lebih ringan. Hal ini bisa terjadi karena butiran nitrogen lebih tinggi dari angin biasa, sehingga membuat nitrogen untuk ban tidak cepat berkurang. Ban menjadi ringan membuat kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar sekitar 3,3 persen.

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada di sini

Gambar menunjukan ban dalam kondisi kempes

Mengisi ban dengan nitrogen membuat ban lebih tahan lama tidak mudah kempes

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

Ketiga tekanan ban lebih stabil dan daya cengkram ke aspal  lebih kuat. Sama dengan penjelasan sebelumnya, hal ini terjadi karena tekanan angin pada ban yang sangat optimal, maka ban akan menempel lebih baik di permukaan jalan.

Keempat keselamatan lebih terjamin, tidak perlu khawatir pecah ban di jalan. Nilai tambah lainnya karena suhu nitrogen lebih baik membuat ban lebih stabil tidak naik turun sehingga membuat ban terhindar dari resiko pecah akibat suhu yang terlalu tinggi. Bahkan untuk mobil yang tidak digunakan jangka waktu yang cukup lama, nitrogen bisa bertahan selama tiga minggu dibandingkan angin biasa.

Terakhir jadi lebih awet karena menggunakan nitrogen untuk ban. Penggunaan angin biasa dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat uzur dan keras karena proses oksidasi. Dengan usia angin nitrogen yang lebih baik, penggunaan ini lebih cocok untuk menemani perjalanan jauh.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Rahmat Fajar Nugraha

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain