Ini Tips Mencegah Tikus Bersarang di Kap Mobil

08/11/2019
Mempunyai mobil sesuai dengan apa yang kita inginkan merupakan sebuah kebanggaan. Apa lagi bagi kita yang baru pertama kali mempunyai sebuah mobil. Tetapi hal membahagiakan itu bisa dirusak karena tikus bersarang di kap mobil.

Tikus-tikus suka bersarang di dalam kap mesin mobil bukan tanpa alasan. Tikus menyukai tempat gelap yang kurang pencahayaan. Penyebab lain mengapa tikus suka bersarang di kap mesin mobil ialah karena banyak kabel di dalamnya. Tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil bisa membuat kabal kelistrikan terbuka karena gigitan tikus.

>>> Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar

Gambar menunjukan tangan sedang membersihkan mesin mobil

Membersihkan kap mesin mobil merupakan salah satu cara menyegah tikus bersarang di kap mesin mobil

Selain itu semua, kondis kap mesin yang kotor juga semakin membuat tikus senang bersarang di dalamnya. Lalu bagaimana cara mencegah tikus-tikus bersarang di dalam kap mesin mobil? Berikut simak tips mengusir tikus bersarang di kap mobil seperti yang dilansir dari kanal Auto2000.

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

Pertama pelihara jangkrik, tikus sangat tidak menyukai suara yang dikeluarkan oleh jangkrik, dengan memlihara jangkrik merupakan solusi alami untuk Anda mengusir tikus dari kap mesin mobil. Anda bisa latakan kandang jangkrik dekat dengan mobil di lokasi manapun tempat mobil terparkir. Yang perlu Anda ingat, sebelum membeli jangkrik, pastikan juga jangkrik yang dibeli berbunyi dan jauhkan dari jangkauan semut.

Kedua pasang lampu LED, pilihan ini bisa menjadi opsi untuk Anda jika tidak mendapatkan jangkrik, mengapa lampu LED menjadi opsi untuk mencegah tikus bersarang di kap mobil? Hal itu karena tikus tidak menyukai lingkungan dengan kondisi bercahaya, Anda bisa memasang lampu LED berdaya rendah di dalam kap mobil ketika malam hari.

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

Gambar menunjukan serangga Jangkrik dan lampu LED

Anda bisa manfaatkan suara jangkrik dan cahaya lampu LED untuk mencegah tikus bersarang di kap mesin mobil

Tips selanjutnya gunakan kapur barus, tikus-tikus tidak menyukai bau-bau yang sangat menyengat. Anda bisa meletakan kapur barus dengan cara digantung atau disebar di dalam kap mesin agar mecegah tikus masuk ke dalam. Selain kapur barus, buah mengkudu juga bisa menjadi opsi lainnya karena memiliki bau menyengat.

Keempat cairan anti tikus, saat ini ada beberapa produk cairan anti tikus yang bisa disemprotkan ke dalam kap mobil. Cairan anti tikus mengeluarkan bau yang tak disukai oleh tikus. Namun Anda harus berhati-hati karena produk ini merupakan cairan kimia, Anda harus menggunakan masker saat penyemprotan dan berhati-hati mengenai mata Anda.

Terakhir panaskan dan jaga bersihkan kap mesin mobil, meski Anda jarang beraktifitas menggunakan mobil, Anda harus pastikan selalu panaskan mesin mobil setiap hari untuk mencegah tikus bersarang di kap mobil. Hal itu bertujuan agar kap mesin mobil kamu tidak lembab dan tak disukai tikus. Selain itu, pastikan kondisi kap mobil Anda tetap bersih. Jika dirasa sudah kotor dan berbau, segera bersihkan kap mobil agar tidak mengundang tikus masuk ke dalam.

>>> Artikel tips dan trik dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

Rahmat Fajar Nugraha

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain