Ini Kebiasaan Buruk Berkendara yang Sering Tak Disadari Pengemudi

06/08/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ini Kebiasaan Buruk Berkendara yang Sering Tak Disadari Pengemudi
Bukan hanya perawatan rutin agar mobil tampil menarik, pemilik juga harus menghilangkan kebiasaan buruk, seperti merebahkan kursi namun tidak dibalikkan lagi.

Ingin mobil selalu menarik? Perawatan jawabannya. Namun itu saja tidak cukup. Selain melakukan perawatan rutin dan menjaga kebersihan, tak kalah penting adalah menghilangkan berbagai kebiasaan buruk. Ada banyak sekali hal tersebut. Beberapa diantaranya bahkan terlihat sepele namun cukup berdampak, misalnya kebiasaan merebahkan kursi namun tak dikembalikan lagi ke posisi semula.

Membiarkan kursi rebah

Kelebihan mobil-mobil penumpang zaman sekarang salah satunya terletak pada fitur yang dimiliki. Hingga kursi tempat duduk dan menyandarkan punggung pun diperhatikan. Beragam fitur dipasang seat sliding; untuk mengatur maju mundur kursi, reclining; untuk mengatur sudut kerebahan sandaran, active headrest; agar sandaran kepala tidak kaku, hingga captain seat; alias tempat duduk dengan sandaran tangan.

Foto menunjukkan penumpang merebahkan diri di kursi mobil

Beragam fitur untuk meningkatkan kenyamanan berkendara

Fitur-fitur tersebut bertujuan agar posisi duduk penumpang semakin nyaman. Dari sisi penampilan beragam fitur juga menjadi nilai plus bagi penampilan interior. Mobil jadi makin mewah, modern, dan menarik. Hanya saja agar terlihat tetap menarik posisinya harus proporsional dan serasi.

Seperti fitur reclining, penumpang bebas merebahkan kursi sampai tingkat kenyamanan yang diinginkan. Namun harus ingat untuk mengembalikan lagi ke posisinya saat akan meninggalkan kendaraan. Tujuannya agar tetap menarik karena serasi dengan kursi yang sebelah.

Fakta yang sering terjadi, penumpang punya kebiasaan buruk meninggalkan mobil begitu saja dengan posisi kursi masih rebah. Bahkan jika ada selimut terkadang juga dibiarkan menumpuk tanpa dilipat. Kemudian bantal kursi juga tidak ditempatkan secara rapi.

>>> 5 Etika Merebahkan Kursi Mobil

Membiarkan kursi belakang terlipat

Kebiasaan buruk lain terkait dengan kursi mobil dan mengganggu penampilan interior, yaitu membiarkan kursi belakang terus terlipat. Opsi dari pabrik kursi belakang bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi. Artinya opsi ini bermanfaat dikala benar-benar membutuhkan tambahan ruang karena barang bawaan banyak dan tidak muat di bagasi.

Yang sering kurang diperhatikan, begitu barang bawaan diturunkan kursi belakang tidak dikembalikan lagi ke posisi semua. Tetap terlipat bahkan sampai mobil mau dipakai lagi membawa penumpang, barulah kursi belakang ditegakkan lagi.

Kelihatannya sepele, tapi kebiasaan ini mengurangi penampilan interior. Seharusnya, begitu barang bawaan diturunkan posisi kursi dikembalikan lagi. Termasuk ditata lagi peletakan bantal kursi serta selimut (bila ada). Lalu jika ada kotoran yang tertinggal bekas barang bawaan sebaiknya segera dibersihkan.

Foto menunjukkan kursi belakang mobil terlipat

Jangan dibiarkan kursi terus terlipat

Membiarkan sandaran kepala menonjol

Ada dua jenis headrest atau sandaran kepala, solid dan adjustable. Yang solid sandaran kepala menyatu dengan kursi tanpa pilihan pengaturan. Yang adjustable bisa diatur tinggi rendahnya. Caranya cukup mudah, tinggal ditarik ke atas sampai posisi paling nyaman yang diinginkan. Lalu untuk mengembalikan tinggal tekan tombol di lobang ujung kursi sambil ditekan ke bawah.

Kebiasaan buruk sering dilakukan penumpang, yaitu membiarkan sandaran kepala tetap menonjol. Hal ini bisa mengurangi penampilan interior menjadi kurang menarik, terutama karena posisi sandaran tidak serasi sejajar dengan kursi yang lain.

>>> Volkswagen dan Brose Gabung Bikin Perusahaan Kursi Mobil

Foto menunjukkan headrest mobil dengan fitur Active Headrest

Headrest melindungi kepala dari risiko benturan

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Awas, Bisa Fatal Meletakkan Car Seats di Kursi Depan

03/08/2020

Pengemudian

3 menit

Orang Tua wajib tahu meletakkan car seats di kursi depan sangat tidak direkomendasikan mengingat potensi bahaya yang timbul sangat fatal dan bisa mematikan.

Lihat juga

Mengenal 4 Jenis Car Seat, Kursi Mobil Khusus Untuk Anak

25/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Beragam jenis Car Seat dijual di pasaran terkadang membuat bingung untuk memilih. Jadi, ada baiknya kenali dulu beragam jenis kursi mobil khusus anak tersebut.

Lihat juga

Ini Rahasianya Kursi Mobil Peugeot Bisa Bikin Nyaman di Jalan

19/06/2020

Jual beli

3 menit

Menyebut kursi di mobil, langsung terbayang penopang sebagian tubuh dan posisi siaga dalam kabin. Poin kenyamanan pengemudi dan penumpang menjadi hal utama.

Lihat juga

Volkswagen dan Brose Gabung Bikin Perusahaan Kursi Mobil

16/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Kesepakatan dicapai antara Volkswagen dan Brose untuk mendirikan perusahaan patungan yang akan memproduksi kursi, struktur kursi, hingga komponen kursi.

Lihat juga

5 Hal Penting tentang Suzuki XL6, Suzuki Ertiga Enam Kursi dengan Captain Seat

29/07/2019

Mobil baru

4 menit

Suzuki India diprediksi akan meluncurkan model Ertiga enam kursi dalam Suzuki XL6. Model yang akan diperkenalkan bulan depan akan menjadi varian yang lebih mewah dari Suzuki Ertiga dan besar kemungkinan juga akan ditawarkan di Indonesia.

Lihat juga
 
back to top