Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

28/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil
Interior mobil bersih merupakan dambaan semua orang. Jika kabin mobil kotor, tentunya membuat kenyamanannya akan berkurang dan tidak menyenangkan dikendarai.

Sebagai pemilik mobil kita meyakini bahwa faktor kenyamanan sebuah mobil merupakan hal yang penting. Meski begitu, bahwa faktor kenyamanan dalam sebuah mobil tidak melulu ditentukan oleh fitur kenyamanan yang mutakhir dan mewah. 

>>> Ini Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil Anda

Gambar menunjukan Kabin mobil bau

Interior mobil Anda bau membuat tidak nyaman penghuni kabin

Meski mobill Anda adalah model premium, jika interior mobil kotor dan berantakan maka bisa dipastikan bahwa kenyamanannya pun secara psikologis berkurang. Lalu bagaimana caranya agar kabin mobil selalu nyaman saat kita berada di dalamnya? Anda bisa membersihkannya, berikut tips membersihkan kabin mobil.

1. Tentukan waktu 

Pertama yang bisa Anda lakukan tentukan waktu pembersihan interior mobil. Anda bisa melakukannya di hari libur dan di pagi hari, antara pukul 07.00 sampai pukul 09.00 di halaman rumah Anda. Mengapa harus di pagi hari? Alasannya sederhana selain tidak panas, lokasi pun terang.

2. Siapkan alat-alat

Kedua siapkan alat-alat yang akan sekiranya akan diperlukan misalnya; lap bersih, sikat kecil, sikat gigi, kuas kecil, pembersih interior baik untuk dasbor dan bahan kulit, vacuum cleaner, kemoceng, shampoo hingga ember kecil.

Ketiga rapikan barang-barang, keluarkan barang dari kolong jok, dasbor, konsol tengah, door pocket, laci-laci, atau storage penyimpanan lain.

>>> Review Toyota Fortuner G VNT 2014: Big SUV Bekas Terkenal Awet dan Tangguh di Jalan

Gambar menunjukan peralatan pembersih mobil

Siapkan peralatan sebelum membersihkan interior mobil

4. Bersihkan dasbor dan trim pintu

Keempat bersihkan dasbor dan trim pintu setelah dasbor dan ruang penyimpanan bebas dari barang, lakukan pembersihan kabin mobil Anda terlebih dahulu dengan kemoceng dan kuas kecil di seluruh permukaan, celah, sisi dasbor, serta door pocket. Lalu ambil kuas kecil. Saat kuas masih kering, gunakan untuk menyapu sirip-sirip lubang keluarnya udara AC. Biasanya, debu halus dan pekat berdiam di antara celah sirip ini. Selain itu sisi-sisi dekat head unit dan panel indikator jangan sampai luput untuk dibersihkan.

5. Buatlah ramuan pembersih

Caranya cukup gunakan shampo pembersih dan air hangat lalu tuangkan racikan tersebut ke botol semprot dan gunakan sebagai cairan pembersih.

6. Bersihkan jok mobil

Jika mobil Anda menggunakan jok berbahan febric gunakan vacuum cleaner terlebih dahulu untuk menyedot debu. Setelah itu, gunakan racikan pembersih yang telah Anda buat tadi, semprot dengan cairan hasil racikan untuk menghilangkan noda yang melekat.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada di sini

Gambar menunjukan vacuum cleaner

Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan Interior mobil dari debu 

7. Bersihkan plafon mobil

Biasanya, plafon adalah bagian yang luput dari perhatian. Padahal, plafon juga turut berperan pada terciptanya bau aneh pada interior. Cara membersihkannya sama dengan jok, vacuum dulu, jika ada noda yang sulit dihilangkan gunakan sikat gigi untuk menghilangkannya dan keringkan kembali dengan vacuum cleaner.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

8. Bersihkan Karpet

Jika karpet Anda berbahan karet cukup disiram dengan air. Oleskan dengan sabun, lalu disikat dan keringkan. Jika berbahan fabric cukup di-vacuum saja dan gosok seperti Anda menggosok jok. Setelah itu keringkan. Selanjutnya, sedot debu dengan menggunakan vacuum cleaner pada permukaan karpet.

9. Bersihkan kaca bagian dalam

Biasanya noda minyak yang berasal dari tangan, debu dan jamur biasanya melekat kaca bagian dalam. Semprot kaca dengan air, jika noda tidak bisa dihilangkan, baru gunakan cairan pembersih untuk menghilangkannya.

10. Semprot Kabin mobil

Terakhir semprot kabin mobil Anda dengan pewangi. Ada yang suka kabin harum dengan aroma pewangi ada juga yang suka kabin dengan aroma natural. Tentunya itu merupakan selera. Yang terpenting kabin mobil Anda sudah bersih dan jauh dari aroma tidak mengenakan. Jika 10 tips ini sudah Anda lakukan, selamat menikmati interior kabin yang lebih segar.

>>> Tips dan trik menarik lainnya cek disini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top