Cari Tau Tips & Harga Ban Bekas Mobil Sebelum Membelinya

21/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Beberapa pemilik mobil lebih memilih ban bekas untuk mengganti ban mobilnya. Alasannya, harganya lebih murah dibandingkan dengan baru. Berapa harga ban bekas mobil dan bagaimana tips membelinya?

Harga ban bekas mobil yang lebih ekonomis bisa jadi pertimbangan Anda saat harus melakukan penggantian komponen ban mobil yang sudah mulai botak. Pasalnya untuk kondisi saat ini dimana perekonomian sedang melemah, membeli ban baru dianggap cukup mahal. Apalagi ban bekas sangat mudah ditemukan, baik online ataupun offline

Harga ban mobil bekas memang lebih ekonomis, tapi Anda tidak bisa sembarangan membeli ban bekas untuk mengganti ban mobil Anda karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Berikut tips beli ban mobil bekas yang harus Anda pertimbangkan. 

Tips Membeli Ban Bekas

orang sedang memegang ban mobil

Ketahui usia ban mobil 

1. Ketahui Usia Ban

Boleh jadi ban bekas tersebut terlihat bagus, tapi jangan sampai ban tersebut tergolong ban tua. Sebagai informasi, pemakaian maksimal ban mobil adalah 5 tahun sejak tanggal produksi. Anda bisa mengetahui usia ban lewat kode produksi pada dinding ban, acuannya pada 4 digit terakhir. Dua angka pertama artinya minggu keberapa mobil diproduksi, dan 2 sisinya adalah tahun produksi.

2. Cek Kondisi Dinding Ban

Cek dinding samping ban, apakah masih bagus atau sudah retak. Ban bekas mobil yang tidak layak pakai memiliki retak-retak kecil pada bagian sisinya. Cubit beberapa bagian pada dinding samping ban untuk melihat kemungkinan adanya retak-retak kecil. 

3. Cek Bekas Tambalan

Lihat juga apakah ban tersebut punya bekas tambalan. Jika ada lubang, bisa jadi ban itu sudah mendapat banyak perbaikan dan tidak layak Anda beli. Cek juga bagian belt yang tersusun oleh kawat. Jika ada yang putus, sudah dipastikan jangan dibeli. 

4. Lihat Arah Ban 

Bila Anda memutuskan untuk beli 1 ban bekas mobil saja, periksa arah ban tersebut. Pastikan arah ban sesuai dengan ban lainnya. Perlu Anda tahu bahwa sebaik apapun tapak ban, jika arah atau direction-nya tidak sesuai, maka tidak akan memberikan grip yang baik untuk mobil dan ban itu sendiri tidak bisa memutar dengan cara yang sama. Bila Anda sudah cukup yakin untuk beli ban mobil bekas sebagai pengganti ban Anda yang sudah rusak. Maka referensi daftar harga ban bekas mobil berikut bisa Anda jadikan acuan. 

>>> 10 Merk Ban Mobil Paling Bagus di Indonesia

Perbandingan Harga Ban Bekas Mobil dan Baru Bridgestone

ban mobil

Harga ban mobil berbeda tergantung tipe dan teknologinya

Lalu berapa harga ban mbekas mobil ring 14 dan ring 15? Harga sebuah ban biasanya ditentukan dari ukuran dan tipenya. Karena masing-masing tipe ban dari suatu brand memiliki kualitas material dan teknologi yang berbeda. Semakin bagus teknologinya, maka akan semakin berkualitas dan mahal. Begitu juga dengan ban mobil merk Bridgestone yang memiliki tipe mobil berbeda. 

Salah satu tipe ban Bridgestone adalah Ecopia. Tipe ban Bridgestone Ecopia ini memiliki teknologi Saving & Eco Friendly. Saving dari sisi bahan bakar, sementara Eco Friendly karena berteknologi menurunkan emisi CO2 yang membuat ban ini ramah untuk lingkungan. Ban ini memiliki desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis. Sehingga bisa meningkatkan kinerja tekanan ban dengan jalanan, juga pengereman dalam kondisi jalanan yang basah. Berikut ini harga ban mobil ring 14 dan ring 15 dari bridgestone. 

Tipe 

Harga Baru

Harga Bekas

EP150 175/65 R14

656.000

Mulai 130.000

EP150 185/70 R14

 717.000

Mulai 200.000

EP150 185/65 R14

733.000

Mulai 300.000

EP150 195/70 R14

762.000

Mulai 250.000

EP150 185/65 R15

802.000

Mulai 125.000

EP150 185/60 R15

868.000

Mulai 160.000

EP150 195/65 R15

831.000

Mulai 290.000

>>> Daftar Mobil Baru Termurah di Indonesia Tahun 2021

Tips Merawat Mobil Ban

orang sedang memegang ban mobil
Lakukan perawatan ban mobil agar awet

Mau beli ban bekas atau baru, jika tidak pintar dirawat tentu saja akan cepat rusak. Perawatan ban mobil juga tidak sulit, kok! Berikut ini tipsnya.

  1. Anda perlu rutin mengecek tekanan ban. Pastikan Anda mengisi tekanan ban yangs esuai karena setiap mobil memiliki standard yang berbeda. Sebaiknya cek tekanan ban saat kondisi tidak digunakan minimal setengah jam. 
  2. Rotasi ban secara berkala setiap 10.000 km. Cara ini bisa membuat distribusi bobot kendaraan lebih merata agar tak condong ke satu sisi. Merotasi ban juga membuat ban tidak mudah pecah.
  3. Lakukan perawatan ban dengan rajin membersihkan ban. Jika ada sesuatu yang menempel ban, bisa menimbulkan bahaya karena memberikan tekanan tersendiri. 

Itu tadi tips beli ban bekas mobil, serta perbandingan harga ban bekas mobil dan ban mobil baru. Meski bersifat ekonomis, beli ban bekas mobil memiliki kekurangan usia pakai ban yang sudah menurun sehingga waktu penggantian ban jadi lebih cepat. Melihat hal ini, beli ban mobil baru dengan harga yang murah bisa jadi opsi selanjutnya.

>>> Simak berbagai tips & trik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Bisakah saya mengganti ban sendiri?
Mengganti ban mobil sendiri bisa berbahaya. Sebaiknya gunakan profesional layanan ban yang berkualitas.
Kapan perlu periksa tekanan udara ban?
Anda perlu periksa tekanan udara ban setiap bulan, melakukan perjalanan jauh, dan saat membawa beban ekstra.
Bagaimana cara memperpanjang usia ban?
Jangan mengebut, hindari menikut cepat pada belokan, dan jangan berkendara di tepi jalan atau lubang.

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top