Ganti Pelek Lebih Besar, Jangan Lupa Buat Ganti Rem Mobil

11/07/2019
Ganti rem mobil dengan sistem rem yang memiliki kinerja lebih baik, memang sepatutnya dilakukan ketika Anda telah melakukan modifikasi pelek dengan memakai pelek ukuran lebih besar dari pelek standar.

Memiliki mobil dengan pelek yang sudah dimodifikasi dengan menggantinya ke ukuran lebih besar akan membuat penampilan mobil lebih keren. Mobil Anda juga akan terlihat berbeda dibandingkan mobil setipe yang beredar di jalan raya.

>>> 5 Tanda Adanya Masalah pada Rem

Namun perlu diingat, ketika melakukan modifikasi pelek dengan menggantinya ke ukuran lebih besar, sebaiknya diiringi pula dengan ganti rem mobil Anda. Hal ini agar tetap menjaga kinerja keseluruhan dari sistem mekanik kendaraan Anda.

1. Beban Kerja Rem Bertambah

rem mobil sport

Saat pakai pelek diameter lebih lebar, maka beban kerja rem bertambah

Saat melakukan penggantian pelek dengan ukuran yang lebih besar, baik dari segi diameter maupun lebarnya, maka lebih baik Anda melakukan juga peningkatan sistem pengereman mobil Anda. Hal itu karena semakin besar dimensi pelek mobil, maka akan berpengaruh pada bodyroll yang juga bertambah.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Ketika menggunakan pelek standar yang 15 inci dibanding saat pakai pelek ukuran 17 inci, maka beban yang ahrus ditanggung rem mobil akan lebih besar saat pakai pelek 17 inci. Apalagi jika selain bertambahnya diameter, lebar dan berat pelek juga jauh bertambah dibanding pelek standar.

Pada kondisi inilah rem standar saja tidak cukup untuk bisa bekerja optimal menahan kinerja pelek. Akan lebih bagus jika dilakukan pula peningkatan kinerja pelek. Dan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik saat ganti rem mobil Anda, sebaiknya konsultasikan dengan bengkel yang terpercaya.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

2. Jangan Asal Ganti

rem mobil Brembo

Jangan asal ganti rem dnegan rem performa tinggi

Ketika akan melakukan upgrade rem mobil Anda, sebaiknya diperhatikan beberapa hal. Seperti diameter cakram, serta besarnya piston dan kaliper. Penggantian ini harus mempertimbangkan pula kinerja dari mesin kendaraan Anda termasuk besarnya ruang fender dan sistem suspensi mobil yang akan menopang roda.

Jangan asal ganti rem mobil dengan rem untuk mobil berperforma tinggi jika kendaraan Anda hanya digunakan untuk aktifitas harian. Karena itulah sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya. Agar penampilan mobil tetap keren tapi kenyamanan dan keamanan selalu dipertahankan.

>>> Tips dan trik menaik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain