Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Sangat Irit, Kenapa Kurang Diminati?

09/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Konsumsi bbm Suzuki Ertiga Diesel yang dikenal irit ternyata tidak membuat mobil ini bertahan lama di pasar Indonesia. Apa penyebab mobil ini tak dijual lagi?

Walaupun hanya dipasarkan dalam waktu singkat, tapi nama Suzuki Ertiga Diesel masih tetap harum sebagai salah satu MPV super irit dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Apalagi ditambah dengan varian Hybrid yang diimpor langsung dari India. Menjadikan mobil ini salah satu alternatif mobil keluarga yang ramah lingkungan dan ramah di kantong.

Kemunculan Suzuki Ertiga bermesin diesel

Mobil ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2016 hingga awal 2018. Dengan masa jual tersebut, mobil ini memang jarang ditemukan di pasar mobil bekas Tanah Air. Walaupun Ertiga dikenal memiliki keunggulan sebagai mobil keluarga yang lega serta menawarkan konsumsi bbm yang irit.

peluncuran Suzuki Ertiga Diesel 2016 berwarna putih
Peluncuran pertama Suzuki Ertiga bermesin diesel di Indonesia

Sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang mengungkapkan bahwa mereka sedang mempersiapkan varian bermesin diesel yang nantinya akan dipasarkan bersamaan dengan versi bensin. Penelitian dan pengembangan telah dilakukan hingga akhirnya model bermesin diesel resmi dipasarkan pada tahun 2016.

Setahun setelahnya, PT SIS mengimpor versi hybrid langsung dari India. Penjualannya cukup memuaskan dan menjadi salah satu andalan Suzuki di segmen Low MPV di Tanah Air. Konsumsi bahan bakar yang ditingkatkan dibandingkan mesin diesel standar memang menjadi poin penting dalam pemasaran mobil ini.

>>> Teknologi Hybrid Ertiga Bikin Irit BBM, Mobil Bekasnya Seharga LCGC

Konsumsi BBM Ertiga Diesel

Mobil ini mengandalkan mesin berkode D13A dengan kubikasi mesin 1.248 cc yang terbilang kecil, cukup jarang ditemukan pada mobil diesel kala itu. Tenaga yang dialirkan ke roda depan mencapai 89 hp pada 4.000 rpm dan 200 Nm torsi puncak dari putaran bawah 1.750 rpm. Tenaga yang cukup pas untuk sebuah mobil perkotaan.

Suzuki juga sudah menggunakan teknologi Diesel Direct Injection System (DDIS), menawarkan kompresi yang cukup besar, 17,6 : 1. Versi Diesel Hybrid mendapatkan sistem mild-hybrid dari Integrated Starter Generator (ISG) dan aki 70 Ah untuk menghasilkan konsumsi yang sangat efisien.

mobil baru Suzuki Ertiga Diesel Hybrid berwarna hitam
Ertiga Diesel Hybrid diklaim memiliki konsumsi 22,6 km/liter

Kepada media, Suzuki mengungkapkan bahwa konsumsi bbm Ertiga Diesel mencapai 22,6 km/liter, catatan yang bahkan lebih baik dibandingkan mobil LCGC (Low Cost Green Car) kala itu, semisal Honda Brio maupun Daihatsu Ayla.

Untuk mendapatkan pembakaran yang maksimal, Donny Saputra selaku Marketing Director PT SIS pada saat itu menyebutkan bahwa bbm yang disarankan untuk mobil ini adalah Pertamina Dex atau bbm diesel dengan cetane number (CN) 51.

Tak berumur panjang

Suzuki mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan waktu lama untuk bisa membawa Ertiga diesel yang sebelumnya sudah dipasarkan di Indonesia. Tapi sayangnya Ertiga diesel Hybrid tidak berumur panjang. Walaupun sebenarnya mobil ini memiliki penjualan yang tidak terlalu rendah. Tapi Suzuki terpaksa menghentikan impor Ertiga diesel karena alasan lain.

Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel adalah mesin yang sangat sensitif, mulai dari perawatan mobil hingga pemilihan bahan bakar yang digunakan. Pengguna yang berada di kota-kota besar masih bisa menemukan bahan bakar solar yang berkualitas. Namun bbm solar yang bagus sulit ditemukan di daerah-daerah.

Pengemudi juga harus antre panjang untuk mengisi solar dengan kualitas yang bagus di daerah terpencil. Inilah yang membuat MPV diesel yang mampu menenggak solar dengan kualitas yang tidak terlalu bagus sangat disukai di luar kota besar, misalnya Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Kijang klasik.

mobil antre isi bensin di pertamina
Bahan bakar solar berkualitas tinggi jarang ditemukan di daerah terpencil

>>> Berapa Biaya Servis All New Suzuki Ertiga untuk 10.000 Km Pertama?

Untuk meningkatkan konsumsi bbm Ertiga, Suzuki bahkan telah memperkenalkan teknologi auto stop dan auto start yang baru saja populer pada mobil baru saat ini. Fitur ini berguna untuk meningkatkan efisiensi, dimana mesin akan mati secara otomatis ketika mobil berhenti berjalan selama beberapa detik.

Tapi mengingat ini adalah teknologi baru, sehingga butuh waktu bagi masyarakat untuk terbiasa dengan fitur ini. Pihak Suzuki dalam beberapa kesempatan pun menyebutkan bahwa fitur ini seringkali kurang diminati oleh pengemudi kala itu.

Terakhir, keluhan Ertiga diesel terletak pada pilihan transmisi; hanya ada 5-percepatan manual. Bagi Anda yang membutuhkan kepraktisan berkendara, tentunya transmisi otomatis bisa menghadirkan pengendaraan yang lebih mudah di jalanan perkotaan yang pernuh dengan kondisi stop and go.

Harga Ertiga Diesel

Karena populasinya yang tak terlalu ramai, maka harga Ertiga diesel bekas bisa dibilang masih tetap stabil. Dua pilihan varian yang tersedia dengan nilai yang tidak terlalu jauh berbeda. Versi diesel dan varian hybrid bisa Anda dapatkan dengan banderol mulai dari Rp 125 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Perbedaan harga memang tergantung kondisi mobil serta kelengkapan kendaraan.

mobil bekas Suzuki Ertiga 2017 berwarna hitam
Anda bisa mendapatkan Ertiga keluaran tahun 2017 mulai dari Rp 125 jutaan

Ertiga bermesin diesel standar keluaran tahun 2016 masih tersedia di pasaran, dengan varian Diesel Hybrid bisa ditemukan pada tahun 2017. Akhirnya varian bermesin diesel tak lagi dipasarkan di Indonesia pada tahun 2018. Namun Anda masih bisa menemukan Suzuki Ertiga 2018 menggunakan mesin diesel, walaupun memang populasinya tak semasif tahun sebelumnya.

Saat ini, PT SIS memasarkan tiga tipe Ertiga, yaitu GA, GL, dan GX, serta satu varian Suzuki Ertiga Sport dengan tampilan yang lebih sport. Semua model Ertiga saat ini menggunakan mesin bensin 1.5 liter bertenaga 105 PS dan torsi puncak 138 Nm. Harga Suzuki Ertiga terbaru dibanderol mulai dari Rp 201 jutaan untuk varian terendah.

Pertanyaan Sering Diajukan

Kapan Suzuki Ertiga Diesel dipasarkan di Indonesia?
Suzuki Ertiga Diesel dijual di Indonesia dalam rentang tahun 2016 sampai awal 2018.
Berapa harga Ertiga diesel bekas?
Mobil bekas Suzuki Ertiga diesel bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 125 jutaan hingga Rp 150 jutaan.
Apa saja kekurangan Suzuki Ertiga Diesel?
Dilansir dari berbagai review, kelemahan Ertiga Diesel mulai dari tenaga yang tak bisa dibilang kuat, apalagi pada jalanan menanjak, serta termasuk mobil yang 'pilih-pilih' solar, yaitu harus menggunakan solar berkualitas tinggi.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top