Review Suzuki Ertiga Diesel 2019, Hanya Bersenjatakan Mesin Potensial?

25/05/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Suzuki Ertiga Diesel pernah mengaspal di jalanan Indonesia sekitar tahun 2016 hingga 2017. Sayangnya, hype akan mobil LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) bermesin diesel ini seakan tak ada gaungnya. Hingga PT Suzuki Indomobil Sales menghentikan penjualannya setelah habis masa stoknya. Kontras dengan India, di sana baru saja mendapat mesin diesel baru. Inilah ulasan kami mengenai Suzuki Ertiga Diesel 2019.

PENGANTAR Suzuki Ertiga 2019

Gambar menunjukkan bagian Mesin dan sistem kerja DDiS Suzuki Ertiga Diesel 2016

Mesin DDiS 200 yang diusung Suzuki Ertiga Diesel 1.300 cc mengusng teknologi mild hybrid

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 - Populasi Suzuki Ertiga dengan mesin diesel di tanah air memang tidak banyak, bahkan bisa dibilang penjualannya tidak sesukses Suzuki Ertiga dengan mesin bensin. Hal ini terjadi bukan karena harga yang di-set oleh PT Suzuki Indomobil Sales untuk mobil ini terpatok tinggi. Namun disinyalir karena mesin DDiS yang mampu menghasilkan torsi 200 Nm dan berteknologi mild hybrid ini butuh solar dengan cetane rendah. Masalahnya BBM solar dengan cetane rendah di Indonesia harganya mahal. Selain itu Suzuki Ertiga Diesel tidak dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis, membuatnya agak kurang dilirik konsumen di Indonesia.

Gambar menunjukkan mobil Maruti Suzuki Ertiga Diesel berwarna biru muda dilihat dari sisi belakang

Suzuki Ertiga dengan mesin mild hybrid menjadi primadona di India, namun kenyataan ini kontras dengan Indonesia

Juga jangan lupa, Suzuki Ertiga Diesel ini kurang laku di Indonesia juga disebabkan oleh minim promosi. Hanya yang tahu-tahu aja alias YTTA yang paham mobil ini punya teknologi modern dan layak dimiliki. Ok. set back ke Suzuki Ertiga Diesel 2019. Di India sendiri mobil All New Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini menjadi primadona konsumen MPV di sana. Selain konsumsi BBM irit, hentakan dari torsi mobil diesel bermesin kompak juga menyenangkan. Jujur, kami dari tim Cintamobil.com sangat berharap PT Suzuki Indomobil Sales memasukkan Suzuki Ertiga Diesel yang baru saja mendapatkan 'suntikan' jantung mekanis baru, yaitu DDiS 225.

Gambar menunjukkan sebuah Mobil New Suzuki Ertiga Diesel 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan

All New Suzuki Ertiga di India tersedia dalam 3 varian mesin, 2 diesel dan 1 bensin

EKSTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 berwarna merah tua dilihat dari sisi depan

Tampilan depan mobil ini tak ubahnya dengan Suzuki Ertiga bermesin bensin

Melihat tampilan depan mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini tak ubahnya seperti Suzuki Ertiga dengan mesin bensin. Baik itu desain grill, bumper depan, headlamp, hingga rumah foglampnya. Satu yang kami suka sekaligus benci dari mobil ini adalah penggunaan headlamp projectornya yang berdesain modern meski sayangnya ia belum menganut LED headlamp seperti rivalnya berlogo triple elips.

Gambar menunjukkan desian bagian Headlamp mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019

Headlamp depan mobil ini modern, dan seakan terinspirasi dari BMW F30 dan juga Toyota Kijang Innova Reborn

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel 225 DDiS 2019 berwarna merah dilihat dari sisi samping sedang berjalan di jalan Indonesia

Begitupun dengan tampilan samping Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini, tak ubahnya dengan Ertiga dengan mesin busi (bensin)

Tampilan samping dari mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini juga tak ubahnya dengan Suzuki Ertiga yang mesinnya ada businya alias bensin. Entah kenapa kami merasa Suzuki India agak malas memberikan detail khusus ke Suzuki Ertiga dengan mesin anyar ini. Bedanya, selain di sepatbor depan tidak ada logo VVT karena berganti menjadi logo DDiS, juga untuk Suzuki Ertiga disana masih menggunakan pelek Suzuki Ertiga lawas alias sebelum facelift.

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Tampilan Belakang

Gambar sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 berwarna merah tua dilihat dari sisi belakang

Bisa dibilang hanya logo SHVS HYBRID yang jadi pembeda antara Suzuki Ertiga bensin dengan Suzuki Ertiga tanpa busi (diesel)

Sebelum membahas sisi belakangnya, kami hendak bilang terlebih dahulu. Seluruh foto yang kami gunakan ini adalah kiriman rekan satu grup kami di Asia Tenggara yaitu media Indianautosblog.com, mereka sudah mengetes lengkap mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini, hanya saja untuk yang varian bermesin diesel anyar yakni DDiS 225, mereka sedang menunggu unit tesnya, jadi foto yang digunakan adalah Suzuki Ertiga bermesin DDiS 200. Namun mereka cukup yakin, tak ada beda  detail bodi antara dua varian tersebut. Dan foto ini adalah Suzuki Ertiga Diesel bermesin DDiS 200 yang juga masih dijual di India.

Gambar menunjukkan Stoplamp Suzuki Ertiga Diesel 2019

Ini dia logo SHVS Hybrid yang jadi pembeda varian bermesin diesel dengan mesin bensin di India sana

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Suzuki Ertiga Diesel 2019

Layout dasbor Suzuki Ertiga Diesel 2019 juga tak ubahnya dengan varian bensin

Salah satu keunggulan dari Suzuki Ertiga dari generasi pertama adalah layout dasbornya yang tidak berkesan mobil dijual dengan harga murah. Kualitas buatannya solid dan bentuknya juga relatif lebih baik dari rival-rival lainnya. Dan pada Suzuki Ertiga Diesel 2019 dengan mesin baru ini juga bukanlah suatu pengecualian. Anda akan takjub dengan kualitas buatan serta desain dari layout dasbor mobil ini.

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : AC Dual Blower Desentralisasi

Gambar menunjukkan Tampak AC Dual Blower Desentralisasi Suzuki Ertiga Diesel 2019

AC dual blower desentralisasi bukanlah temuan baru, namun ini sangat berguna dan jarang ada di mobil kelas ini

AC dengan fasilitas blower ganda alias dual blower memang jamak ditemukan pada mobil dikelas ini. Namun, sistem desentralisasi pada mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini membuatnya istimewa. Jarang ada ditemui pada mobil dikelas ini, meski ini bukan temuan baru namun fitur ini sangat berguna. Jadi dengan sistem desentralisasi blower belakang beserta evaporator AC-nya dapat bekerja mandiri mendinginkan kabin belakang tanpa harus blower AC di depan dinyalakan. Fitur seperti ini dapat Anda temui di Toyota Kijang lawas, atau Toyota Kijang LGX.

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Air Vent Cup Holder

Gambar menunjukkan Air Vent Cup Holder Di Suzuki Ertiga Diesel 2019

Cup holder dilengkapi dengan kisi AC agar minuman yang Anda letakkan bisa sembari didinginkan selama perjalanan

Jika Anda melakukan perjalanan lumayan jauh dan membawa botol ataupun minuman dalam kemasan kaleng, Anda dapat meletakkan minuman tersebut di cup holder bagian tengah yang posisinya terletak di depan tuas transmisi. Lantas, Anda tinggal menggeser ke kanan tuas pengatur kisi-kisi pendingin, dan udara dingin akan mendinginkan minuman Anda. 

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Ertiga 2019

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan beberapa Fitur keselamatan yang tersedia di mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019

Suzuki Ertiga Diesel 2019 dilengkapi dengan teknologi dan fitur pendukung peranti keselamatan

Mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi serta fitur pendukung peranti keselamatan. Sebut saja rem dengan sistem ABS dan EBD sudah tersedia pada mobil ini. Lalu ada ESP yang akan menjaga mobil saat menikung kencang tidak tergelincir, lantas didukung lagi dengan penggunaan sasis dengan teknologi Heratact platform yang memungkinkan rangka monokok mobil lebih kokoh dan menyerap benturan lebih baik ketika terjadi kecelakaan. Last but not least juga ada fitur hill hold technology yang akan 'menjaga' mobil Anda tidak meluncur mundur ketika melewati tanjakan dalam kondisi macet.

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Tombol Pengatur Di Setir

Gambar menunjukkan tombol pengatur audio di setir mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019

Susunan tombol pengatur di setir Suzuki Ertiga Diesel kerapihannya patut diacungi jempol

Tombol pengaturan audio maupun bluetooth telephone pada mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini patut diacungi jempol perihal tata letak dan kerapihannya. Egronomiknya juga diperhatikan, karena ketika Anda menggenggam setir dengan posisi benar yakni tangan kiri di arah jam 9 dan tangan kanan pada arah jam 3 ketika jempol Anda hendak menekan tombol tidak terasa kejauhan dan cenderung natural.

Review Suzuki Ertiga Diesel 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan fitur Multi information display pada mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019

Multi information display yang terdapat di Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini cukup menarik dilihat

Layar multi information display yang ada di Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini cukup menarik untuk dilihat. Ia bisa menginformasikan tenaga dan torsi yang digunakan ketika sedang berkendara. Selain itu seperti layaknya on board computer pada mobil, ia juga mampu menampilkan konsumsi BBM baik itu rata-rata, real time serta jarak tempuh sisa yang dapat ditempuh berdasarkan jumlah volume BBM pada tangki oleh perhitungan komputer.

>>> Diskon terbesar saat membeli mobil Suzuki Ertiga. Klik untuk simak informasi terlengkap 

OPERASI Suzuki Ertiga 2019

Gambar menunjukkan 2 Pilihan mesin pada Suzuki Ertiga 2019 di India

Suzuki Ertiga tersedia dalam 3 pilihan mesin, yaitu bensin (kiri), mesin diesel 1.300 cc SHVS, dan mesin terbaru DDiS 225 (kanan)

Seperti yang kami sudah sampaikan di awal, Suzuki Ertiga untuk pasar mobil India tersedia tiga pilihan mesin, yaitu K15 bensin, D13A DDiS 200 diesel dengan teknologi SHVS HYBRID, serta yang terbaru E15A DDiS 225 tanpa busi alias diesel. Pokok bahasa kali ini akan lebih fokus ke mesin teranyar Suzuki Ertiga Diesel 2019 ini, yaitu yang berkode E15A DDiS 225. Mesin ini hadir tanpa menggunakan teknologi SHVS HYBRID seperti pada mesin diesel 1.300 cc yang telah dipasarkan sebelumnya. Alasannya, agar harga jualnya di negara bollywood tersebut lebih kompetitif. Mesin ini masuk ke ranah BS-IV.

Gambar menunjukkan Mesin DDiS 225 pada mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019

Mesin DDiS 225 ini punya kode E15A, selain di Ertiga, mesin ini juga dipasang di balik bonnet Suzuki Ciaz

Mesin diesel berkode E15A dengan teknologi DDiS 225 ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan, yang seluruh tenaga dan torsinya disalurkan ke dua roda depan. Mungkin Anda bertanya, mengapa mesin diesel berkapasitas kecil dengan transmisi otomatis belum akan ada atau bahkan tidak pernah ada. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena belum ada vendor transmisi otomatis macam ZF, Aisin Warner, bahkan sekelas vendor transmisi balap macam Xtrac, Sadev, hingga Ricardo yang mampu serta mau menciptakan material transmisi otomatis dengan bahan ekstra kuat namun dijual dengan harga yang kompetitif alias murah.

Gambar menunjukkan tuas transmisi pada mobil Suzuki Ertiga Diesel 1.3 Smart Hybrid 2019

Suzuki Ertiga Diesel hanya tersedia dalam format transmisi manual, untuk mesin diesel SHVS 1.300 cc pakai 5 percepatan, dan DDiS 225 6 speed

Coba Anda tengok mobil lainnya dengan mesin diesel berkapasitas mesin kecil dibawah 1.600 cc yang pernah dijual di Indonesia macam Renault Duster, Hyundai i20 Diesel, bahkan sampai Suzuki Ertiga Diesel yang pernah sebentar dijual di Indonesia tidak ada yang dilengkapi dengan transmisi otomatis. Well, kami harap Suzuki India mampu membuat mobil dengan transmisi otomatis dengan mesin turbodiesel kapasitas kecil pertama di dunia. Serta, tidak lupa kami tetap berharap PT Suzuki Indomobil Sales membuka keran penjualan Suzuki Ertiga dengan mesin diesel canggih seperti ini di Indonesia.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan in Action

Rasio gigi yang lebih rapat, akan membuat Suzuki Ertiga Diesel 2019 bermesin DDiS 225 lebih menyenangkan diajak berakselerasi

>>> Upgrade Audio Suzuki Ertiga GL 2019, Mulai Dari Rp 1,5 Jutaan!

spesifikasi Suzuki Ertiga 2019

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel 2019.

Mesin Suzuki Ertiga Diesel 2019

Seri mesin

E15A, DDiS 225

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

93,9 Hp (70 Kw) @ 4,000 rpm

Torsi Maksimum

225 Nm @ 1,500 - 2,500 rpm

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Bore X Stroke

77,0 mm X 80,4 mm

Tipe Transmisi

Manual 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Suzuki Ertiga Diesel 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.395 mm X 1.735 mm X 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

Radius Putar

5,2 Meter

Kapasitas Bagasi

209 Liter (3 Kursi Digunakan Semua)

Kapasitas Tangki

45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ertiga Diesel 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Coil Spring & Multi-Link with Coil Spring

Sistem Kemudi

Electronic Power Assited

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Leading Trilling Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS + EBD

Teknologi Safety Sasis

Heartect

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

Alloy Wheel, 15 inch

Jenis Ban

Bridgestone Ecopia, 185/65 R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ertiga 2019

Setelah membahas semua tentang Ertiga Diesel dengan mesin baru ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga Diesel 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Performa Mesin

Hanya Tersedia Transmisi Manual

Torsi Besar

Minim Pembeda Dengan Varian Lainnya

Konsumsi BBM Irit

Tidak Dijual Di Indonesia

Fitur Keselamatan Lengkap

Mesin Butuh BBM Diesel Kualitas Baik

daftar harga Suzuki Ertiga 2019

Semakin seringnya terdengar berita Suzuki New Ertiga membuat banyak kalangan penasaran inilah daftar harga Suzuki New Ertiga 2019.

Harga Suzuki New Ertiga Baru

Suzuki New Ertiga GA

Rp 196.000.000

Suzuki New Ertiga GL MT

Rp 215.500.000

Suzuki New Ertiga GL AT

Rp 226.000.000

Suzuki New Ertiga GX MT

Rp 229.500.000

Suzuki New Ertiga GX AT

Rp 240.000.000

Suzuki New Ertiga Sport A/T

Rp. 251.500.000

Suzuki New Ertiga Sport M/T

Rp. 241.000.000

NB : Harga Suzuki Ertiga versi Indonesia

>>> Mari klik sini untuk update terus promo saat membeli mobil Suzuki Ertiga khusus untuk bulan puasa ini

Video Suzuki Ertiga 2019

KESIMPULAN Suzuki Ertiga 2019

Gambar sebuah mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 berwarna merah dilihat dari sisi samping

So, apakah mobil ini cocok untuk Anda?

Bagi Anda yang suka bumi tetap bersih, namun ingin mobil yang enak diajak berakselerasi serta terasa buas pada putaran bawah, kami sangat merekomendasikan Anda membeli mobil Suzuki Ertiga Diesel 2019 dengan mesin DDiS 2019 ini. Sayang, kita semua belum tahu kapan atau akankah mobil ini dijual ke Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil