Empat Hal Ini Jadi Penyebab Radiator Bocor, Apa Saja?

31/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Empat Hal Ini Jadi Penyebab Radiator Bocor, Apa Saja?
Salah satu pemicu overheat adalah sistem pendinginan mesin bermasalah, yang ditandai dengan radiator bocor. Apa saja hal yang jadi penyebab radiator bocor?

Tak bisa dipungkiri, radiator adalah elemen penting dalam sistem pendinginan mobil yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Memiliki peran menyuplai udara segar untuk mesin, masalah radiator dapat membuat mesin overheat dan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Salah satu masalah umum pada radiator adalah kebocoran, ada beberapa hal yang jadi penyebab radiator bocor dan pada akhirnya membuat kinerja mesin terganggu, apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Umur Radiator

Gambar menunjukkan Kondisi radiator yang mengalami kebocoran

Jika dirawat dengan baik, umur pakai radiator bisa sampai 10 tahun

Tiap komponen pasti memiliki usia pemakaian masing-masing, termasuk radiator. Jika dirawat dengan baik, umur pakai radiator bisa sampai 10 tahun. Namun, tidak sedikit juga radiator yang bermasalah meski baru dipakai 5 tahun. Jika radiator sudah mulai mengalami keretakan atau kebocoran, segera menggantinya.

>>> Kipas radiator rusak? Cek lima bagian ini

2. Saluran radiator mampet

Gambar menujukkan seorang sedang Mengisi air radiator dengan air mineral

Kandungan tanah pada air biasa bisa menyebabkan selang radiator tersendat

Jika Anda menggunakan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator, lama-kelamaan akan muncul kotoran yang bisa menghalangi jalur distribusi air radiator. Ketika sudah terlambat, panas dari mesin tidak dapat disalurkan ke elemen pelepas panas radiator.

>>> Pilihan mobil dengan kondisi terbaik ada di sini

3. Terkena benda asing

Supaya radiator bisa mendapat udara segar, komponen ini diletakkan di bagian depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka. Namun, hal tersebut juga menghadirkan risiko radiator bocor karena terkena kerikil, atau hewan yang terbang. Saat radiator terkena dengan benda-benda tersebut, besar kemungkinan kisi-kisi atau dinding radiator rusak adan akhirnya bocor.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa ditemukan di sini

4. Komponen karet  & plastik getas

Gambar menunjukkan Kondisi selang radiator yang bocor

Panas mesin bisa membuat selang dan reservoir radiator getas dan bocor

Fungsi dan letak radiator yang berdekatan dengan panas mesin mesin membuat komponen pendukung radiator yang berbahan karet & plastik bisa getas, seperti selang radiator yang terbuat dari karet, atau tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Kedua komponen tersebut tidak tahan dengan panas, dan bisa retak yang akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.

Agar radiator tetap prima dan kinerjanya selalu maksimal, cek kondisi radiator tiap 30.000 – 40.000 km. Berikut empat hal penyebab radiator bocor, untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak Tips & trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Alasannya Radiator Coolant Memiliki Banyak Warna

07/11/2019

Perawatan dan service

3 menit

Cairan pada radiator coolant selalu memiliki warna yang menarik. Lantas apakah tujuan penggunaan warna pada radiator coolant?

Lihat juga

Tips Memasang Selang Radiator Aftermarket, Jangan Hanya Terpikat Dari Tampilan Saja

03/11/2019

Perawatan dan service

4 menit

Selang radiator memiliki fungsi vital dalam proses pendinginan mesin. Opsi memasang selang radiator aftermarket bisa jadi pilihan untuk material dan tampilan yang lebih optimal, meski harus lebih teliti soal kualitasnya

Lihat juga

Ini Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Radiator Mobil

25/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Merawat radiator mobil memang sebaiknya dilakukan di bengkel pada periode waktu tertentu. Namun sehari-hari sebelum beraktifitas, Anda juga perlu memperhatikan komponen-komponen pada bagian radiator.

Lihat juga

Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Tutup Radiator

21/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Modifikasi mobil agar terlihat keren dan berbeda bukan berarti Anda bebas mengganti seluruh komponen di mobil. Hal sepele seperti mengganti tutup radiator ternyata ada risiko berbahaya yang berakibat fatal. Apa dampak dari sembarang ganti tutup radiator?

Lihat juga

Ingin Radiator Tetap Awet? Simak Langkah-langkahnya Berikut Ini

08/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Radiator menjadi salah satu komponen vital pada mesin yang perlu pengecekan terhadap kondisinya, karena jika sampai bermasalah, Anda akan membayar sangat mahal untuk kerusakan yang akan timbul

Lihat juga