Kipas Radiator Mobil Rusak? Cek 5 Bagian Ini

10/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kipas Radiator Mobil Rusak? Cek 5 Bagian Ini
Kipas radiator mobil rusak tentunya akan berpengaruh pada suhu mesin yang menjadi terlampau panas. Yuk simak bagian-bagian apa saja yang harus dicek jika komponen ini tidak mampu berputar semestinya.

Kipas radiator berfungsi untuk membuang hawa panas dari radiator sehingga suhu mesin tetap terjaga. Jika kipas radiator mobil rusak, maka akan membuat mesin overheat. Hal ini karena elemen pada radiator terlampau panas.

>>> Memasang Selang Radiator Aftermarket, Jangan Hanya Terpikat Dari Tampilan Saja

Pada mobil-mobil yang beredar saat ini, biasanya terbagi dalam dua jenis kipas radiaor. Yakni kipas elektrik dan kipas visco. Nah kalau suatu saat kipas radiator mobil rusak, maka sebaiknya cek bagian-bagian ini:

1. Kipas Jebol

kipas radiator mobil

Kipas bisa rusak karena jebol

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Untuk kipas jenis visco, bisa saja tidak berfungsi karena silicon oli untuk mengoperasikan kipas kering atau habis. Penyebabnya karena ada kebocoran pada karet silicone di kipas tersebut. Sementara untuk kipas elektrik bisa saja jebol akibat ada konsleting pada jalur listrik ke motor elektrik kipas.

2. Kabel atau Sekring Putus

Kipas radiator tentunya bisa dioperasikan dengan bantuan daya listrik dari aki. Saat kabel yang menghubungkan kipas dengan sumber listrik ada yang putus, maka kipas tidak akan berfungsi. Untuk kipas radiator elektrik, bisa juga sekring putus karena mendeteksi gejala konsleting dibagian motor listrik.

3. Fan Belt Putus

sistem mesin mobil dan kipas radiator

Kalau fan belt putus, kipas tidak bisa bekerja

Agar kipas berputar, khususnya pada kipas tipe visco, maka digerakkan dengan bantuan puli dari fan belt. Jadi manakala fan belt putus akibat usia pakai, maka kipas radiator tidak berputar. Akibatnya, radiator tak mampu mepeas panas dengan baik.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

4. Module Rusak

Kipas radiator mobil rusak juga bisa diakibatkan oleh module kipas tersebut. Selain sekring dan sumber listrik, tentunya pergerakan kipas dikendalikan oleh module yang terhubung dengan ECU mobil. Module inilah yang mengatur kapan kipas harus berputar dan kapan boleh diam.

5. Thermostat Rusak

Setiap komponen mesin memiliki saling keterkaitan, termasuk juga kipas radiator. Kipas akan berputar ketika mendeteksi suhu radiator sudah mencapai titik tertentu. Informasi tentang suhu inilah yang disampaikan oleh thermostat. Jika komponen ini tak mampu membaca suhu secara tepat, maka berdampak pada kipas radiator mobil rusak.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top