Cukup Simpel, Bagaimana Cara Mengganti Filter Udara Sendiri?

10/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cukup Simpel, Bagaimana Cara Mengganti Filter Udara Sendiri?
Sebagai pecinta mobil, sekadar merawat mobil agar tetap bersih dan prima juga tidak cukup. Tak jarang yang coba melakukan penggantian suku cadang sendiri, salah satunya filter udara yang tidak terlalu rumit. Bagaimana langkah-langkahnya?

Dengan fungsi menyaring udara kotor agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi atau pembakaran, filter udara mobil punya peran krusial. Apabila filter udara kotor, performa mobil dan konsumsi bahan bakar akan sangat terpengaruh.

Pada dasarnya, filter udara membutuhkan pasokan oksigen yang besar untuk menyempurnakan proses pembakaran. Apabila filter udara tidak bersih alias kotor, ruang untuk menyaring kotoran yang masuk pun lebih sempit, besarnya oksigen yang bisa masuk ke komponen pembakaran pun menjadi lebih kecil.

>>> Sebelum ganti setir mobil, apa saja yang harus diperhatikan?

Bila filter udara sudah terlalu kotor, debu atau kotoran dari luar bisa masuk dan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar, alhasil tenaga mesin jadi kurang responsif. Kalau sudah begini, pengemudi jadi rajin menginjak pedal gas lebih dalam untuk berakselerasi. Mesin juga harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar pasti lebih boros dibanding keadaan normal.

Tidak hanya itu, jika filter udara terganggu, knalpot mobil Anda akan berpeluang menembak. Bahkan, mesin juga bisa jebol. Untuk itu, selalu rawat filter udara mobil Anda agar tidak mengganggu komponen lainnya, seperti injektor, air intake, piston, dan lain-lain.

Filter udara disarankan untuk dibersihkan tiap 10.000 kilometer dan wajib diganti tiap 40.000 kilometer. Namun, ada juga beberapa mobil yang membutuhkan penggantian filter udara lebih cepat dari jarak tersebut karena faktor eksternal atau lingkungan.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Sebenarnya cara mengganti filter udara mobil ini sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Bagi yang awam atau belum pernah mengganti filter udara sendiri, ada baiknya terlebih dahulu membaca buku panduan mobil atau berkonsultasi ke bengkel resmi mengenai letak filter udara pada mobil Anda. Yang pasti, saat mengganti komponen mesin apapun pastikan mobil dalam keadaan mati.

Mengganti filter udara sendiri

Filter udara terletak di bagian paling atas mesin mobil

2. Boks filter udara pada umumnya berada di bagian paling terlihat di bagian mesin. Ukurannya pun cukup besar, dengan bentuk kotak atau persegi. Anda pun tidak perlu merogoh atau meraba-raba karena filter udara ini berada di atas.

>>> Simak tips perawatan mobil paling lengkap di sini

3. Untuk melepaskan pengikat dari penutup filter udara, Anda hanya butuh sebuah obeng. Ada juga beberapa tipe mobil yang penutup filter udaranya menggunakan metode penguncian model klem, Anda tinggal buka saja. Ini sangat mudah!

Filter udara mobil kotor dan bersih

Setelah terlepas dari boks filter, lihat kondisi filter udara dengan seksama

4. Jika sudah terbuka, Anda bisa mengangkat filter udara dengan tangan. Periksalah kondisi filter udara dengan seksama.

5. Oleh pabrikan atau produsen suku cadang, biasanya filter udara ini diberi warna cerah. Ternyata ini sebagai panduan bagi pemilik mobil. Jika mendapati warna filter udara berubah menghitam dan banyak partikel seperti debu dan oli yang menempel, ini tanda Anda wajib menggantinya. Sementara jika masih kelabu dan sedikit cerah, bisa saja dibersihkan.

Filter udara dibersihkan

Jika masih bisa dibersihkan, Anda bisa menggunakan kompresor atau penyemprot udara bertekanan tinggi

6. Untuk membersihkan filter udara, Anda membutuhkan kompresor atau penyemprot udara bertekanan tinggi. Jangan menggunakan sikat karena dapat merusak pori-pori filter udara.

7. Setelah filter udara yang lama diangkat, Anda tinggal memasangkan filter udara yang baru. Sebaiknya menggunakan filter udara orisinil karena sudah terbukti presisi dan usia pakainya pun lebih panjang. Setelah yakin filter udara telah tepat berada di tempatnya, tutup kembali penutup filter udara dengan rapat dan kencangkan kembali pengikatnya seperti sedia kala.

Mudah bukan caranya? Tidak hanya merawat mobil agar tetap bersih dan prima, Anda juga mesti tahu bagaimana cara mengganti beberapa suku cadangnya, salah satunya filter udara. Do it yourself, yuk!

>>> Tips & trik otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Cara Merawat Filter Solar pada Mobil Diesel

09/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Cara merawat filter solar perlu diperhatikan bagi pengguna mobil diesel. Hal ini untuk menjaga kotoran jangan sampai masuk ke ruang mesin dan merusak komponen.

Lihat juga

Memilih Filter Oli yang Tepat Buat Mobil Anda

03/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Memilih filter oli perlu untuk memperhatikan beberapa hal. Ini agar filter bekerja sempurna untuk mendukung kinerja mesin mobil Anda. Sebaiknya gunakan filter oli yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda.

Lihat juga

Filter Udara Kotor, Apa Akibatnya Buat Mesin Mobil?

20/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Filter udaran kotor akan membuat kinerja mesin terganggu akibat proses pembakaran yang tidak sempurna. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan mobil jadi lebih boros bahan bakar.

Lihat juga

Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Membersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu di rumah untuk perawatan komponen ini. Agar AC mobil Anda kembali sejuk.

Lihat juga

Pentingnya Filter Oli Pada Mobil

Setiap kali kita mengganti oli, kita akan diberikan kertas sebagai tanda untuk kembali mengganti oli ketika sudah mencapai jarak tempuh yang ditentukan. Jika diperhatikan, tidak hanya jarak tempuh terakhir untuk mengganti oli baru, namun jarak tempuh terakhir untuk mengganti filter oli pada mobil juga disertakan disitu.

Lihat juga