Tips Modifikasi Setir Racing, Hati-hati Bikin Repot

09/08/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tips Modifikasi Setir Racing, Hati-hati Bikin Repot
Modifikasi setir racing juga butuh perhatian, jangan asal ganti setir standar dengan setir racing yang sesuai selera Anda. Salah-salah, bukanya gaya tapi malah repot di jalan.

Modifikasi mobil memang bisa dilakukan sesuai selera dan kemampuan si empunya mobil. Dan dalam melakukan modifikasi, bisa dengan modifikasi eksterior, modifikasi interior, atau keduanya.

>>> Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Tutup Radiator

Satu dari beberapa langkah modifikasi bagian interior yang sering dilakukan pemilik mobil adalah dengan mengganti setir. Setir standar mobil diganti dengan setir racing. Tujuannya agar tema sport pada modifikasi yang dilakukan semakin kental.

Namun Anda perlu waspada ketika akan modifikasi setir racing untuk menggantikan setir standar mobil. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Ukuran

ragam setir racing mobil

Jangan pasang setir racing yang terlalu kecil

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Setir racing yang banyak dijual di toko-toko aksesori mobil memiliki beberapa ukuran. Ukuran ini dihitung dari diameter setir tersebut. Ada yang 11 inci, 12 inci, 12,5 inci, 13 inci, 13,5 inci, atau 14 inci. Ukuran ini sedikit lebih kecil dari diameter setir standar mobil yang biasanya direntang 15-16 inci.

Saat memilih setir racing, usahakan jangan yang terlalu kecil, karena akan membuat berat kemudi dan perputaran kemudi jauh lebih banyak. Ini tentu akan merepotkan ketika mobil digunakan untuk harian.

2. Bahan

setir berbahan suede

Pilih setir yang tidak licin di tangan

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Dalam modifikasi setir racing, sebaiknya pilih bahan yang menyerap keringat dengan baik dan tidak licin ketika mengenai telapak tangan. Sama seperti ukuran, bahan yang digunakan untuk setir racing juga beragam. Mulai dari karet, kayu, kulit sintetis, kulit asli, hingga suede.

Sebaiknya pilih setir yang menggunakan bahan kulit atau suede, karena kedua bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik. Jika ada uang lebih, pilih setir yang menggunakan bahan kulit asli, karena tentunya memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding kulit sintetis.

3. Model

setir racing

Jangan gunakan setir seperti mobil F1 untuk mobil harian

>>> Tips perawatan mobil ada disini

Dalam memilih model setir racing memang bisa sesuai selera Anda. Dipasaran, setir model ini biasanya tersedia dalam model palang 2, 3 atau bahkan 4. Namun hal yang perlu Anda ingat adalah, pilih setir yang punya desain melingkar sempurna jika mobil masih Anda pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Jangan modifikasi setir racing dengan memilih model setir yang mirip setir mobil Formula Satu (F1). Karena setir model ini akan merepotkan jika Anda harus melakukan u-turn atau ketika akan parkir.

>>> Tips & trik lainnya klik disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Modifikasi City Car Buat Harian yang Murah Tapi Bisa Tampil Kece

08/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi city car untuk harian tidak perlu terlalu ribet dan mengeluarkan banyak dana. Cukup lakukan pada tiga bagian berikut ini, maka akan membuat mobil Anda tampil kece di jalan raya.

Lihat juga

Modifikasi Toyota Agya Daihatsu Ayla, Cukup Rp5 Jutaan Tampil Elegan

18/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi Toyota Agya Daihatsu Ayla yang akan kita bahas kali ini adalah tentang penggantian pelek dan kaki-kaki, supaya mobil bisa tampil lebih elegan dan berbeda dengan mobil lain yang sejenis, namun masih bsia dipakai harian.

Lihat juga

5 Modifikasi Mobil Bekas untuk Angkat Performa

Ada sejumlah modifikasi mobil bekas yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan performa pengendaraan. Menariknya, modifikasi yang dilakukan tak melulu harus menyentuh sektor mesin. Penasaran apa saja?

Lihat juga

Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

10/06/2019

Editor rate:

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah anak gen '90an alias orang yang lahir antara medio 1990 hingga 1994, pada masa remaja utamanya semasa SMA pasti di pertengahan 2006-an, mobil Honda Civic dengan kode bodi FD ini bisa jadi adalah salah satu dream car Anda. Kini, harganya sudah 'terjangkau' dan modelnya tetap bertahan lama. Layakkah mobil Honda Civic 2006 ini di beli saat ini?

Lihat juga

Suzuki Swift 2021: Harga mobil Suzuki Swift & Promo Januari

01/01/2021

Suzuki

Pada tahun 2005, ketika Indonesia sedang dilanda trend mobil Hatchback lewat hadirnya Toyota Yaris dan Honda Jazz, terlihat pihak Suzuki tidak ingin kalah saing dengan menghadirkan Suzuki Swift. Tampilannya juga terkesan unik daripada kompetitor lainnya, dengan mengusung bodi bongsor dan lebih bulat di bagian depannya. Tentu bodi-bodi seperti ini, lebih memberikan cita rasa mobil khas Eropa. Penasaran dengan harga Suzuki Swift terbaru?

Lihat juga
 
back to top