Cintamobil TV: Kebiasaan Salah Saat Memiliki Mobil! Jangan Seperti Mereka! 

14/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ada beberapa kebiasaan salah dalam perawatan mobil atau mengemudi mobil. Apakah Anda masih kerap melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini?

Kebiasan-kebiasaan salah apa yang kerap Anda lakukan atau Anda lihat terkait dengan perawatan mobil? Memiliki kendaraan tentunya tak lepas dari perawatan rutin yang dilakukan demi kenyamanan berkendara. Mulai dari mesin, hingga komponen pendukung lainnya.

Cara merawat kendaraan juga perlu pengetahuan agar tak salah melakukan tindakan. Karena kebanyakan orang tak sadar saat melakukan kesalahan merawat mobil. Kali ini tim Cintamobil TV mengajak Anda kebiasaan-kebiasaan yang salah mulai dari perawatan hingga pengemudian. Simak di sini!

1. Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

memanaskan mobil

Kebiasaan salah memanaskan mobil 

Masih melakukan kebiasaan memanaskan mesin mobil di pagi hari atau sebelum digunakan? Padahal kebiasaan salah itu harusnya Anda tinggalkan. Karena kendaraan sudah canggih di era modern ini sehingga teknologinya terbaru berbeda dengan kendaraan lawas.

Memanaskan mobil bermanfaat untuk mobil yang masih menggunakan karburator atau mobil yang belum memiliki Electronic Control Unit (ECU). Berbeda dengan mobil sekarang yang sudah dilengkapi ECU sehingga membantu mesin bekerja optimal dalam kondisi apa pun.

>>> Begini Jadinya Kalau Belajar Mengemudi Tidak pada Tempatnya

2. Membuka Kap Mobil

Suka membuka kap mobil setelah digunakan karena takut panas? Sebenarnya kebiasaan membuka kap mobil tanpa ada tujuan justru bisa nggak aman, lho. Salah satunya adalah resiko mesin mobil kemasukan hewan. Apalagi hewan seperti kucing akan mencari tempat yang hangat di musim hujan.

3. Mengangkat Wiper Saat Panas

mengangkat wiper

Ganti karet wiper enam bulan sekali

Anda pastinya kerap melihat pemilik mobil yang mengangkat wiper saat di parkiran di tengah siang hari bolong. Alasan mereka agar karet wiper keras dan tidak cepat elastis. Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan karena cukup merepotkan.

Terpapar panas pada kaca depan memang bisa membuat karet wiper kurang elastis. Namun, selalu mengangkat wiper saat parkir selain merepotkan juga berisiko merusak per yang harganya relatif mahal. Baiknya, lakukan penggantian karet wiper minimal enam bulan sekali karena diangkat atau tidak saat parkir tak mempengaruhi anjuran masa pergantian pada wiper.

Penasaran kebiasaan salah yang kerap dialami pengemudi atau pemilik kendaraan? Simak selengkapnya di video ini!

Nah, itu dia kebiasaan-kebiasaan salah pada mobil. Apakah Anda masi melakukan hal tersebut? Tonton video menarik lainnya seputar perawatan kendaraan hanya di channel YouTube Cintamobil TV. 

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top